Tutorial

  • Android
  • Blogger
  • Pendidikan
  • Printer
  • Komputer
  • MedSos
  • In-Wepo berbagi Tugas Mata Pelajaran PKn Jenjang Sekolah Tingkah Sekolah Menengah Atas yaitu membuat Artikel Pergaulan bebas beserta contoh kisah nyata pergaulan bebas. Secara umum, pengertian dari pergaulan bebas adalah salah satu bentuk perilaku sosial yang menyimpang yang melewati batas-batas dari kewajiban, aturan, tuntutan, syarat, norma masyarakat dan perasaan malu. Pergaulan bebas juga dapat diartikan sebagai perilaku menyimpang yang melanggar norma agama maupun norma kesusilaan baik itu norma adat istiadat suatu daerah.

    Pergaulan bebas merupakan sebuah perilaku negatif akibat dari salah pergaulan dalam memilih teman. Beberapa penyebab remaja melakukan pergaulan bebas yaitu kegagalan remaja menyerap norma-norma agama dan norma-norma pancasila, sikap mental yang tidak sehat, pelampiasan rasa kecewa terhadap keluarga yang tidak harmonis, dan lain sebagainya.

    Pergaulan memiliki pengaruh yang besar terhadap proses pembentukan kepribadian. Remaja sangat rentan terpengaruh oleh pergaulan yang ada pada lingkungannya. Remaja harus cerdas untuk menghindari pergaulan bebas, karena seumuran remaja masih mudah goyah dan sedang mencari jati diri. Rasa ingin tahu dan mencoba menjadi faktor pemicu terjadinya hal-hal yang melanggar aturan.

    Sedangkan remaja adalah masa peralihan dari kanak-kanak ke dewasa. Para ahli pendidikan sependapat bahwa remaja adalah mereka yang berusia antara 13 tahun sampai dengan 18 tahun. Seorang remaja sudah tidak lagi dapat dikatakan sebagai kanak-kanak, namun masih belum cukup matang untuk dapat dikatakan dewasa. Mereka sedang mencari pola hidup yang paling sesuai baginya dan inipun sering dilakukan melalui metode coba-coba walaupun melalui banyak kesalahan. Kesalahan yang dilakukan sering menimbulkan kekhawatiran serta perasaan yang tidak menyenangkan bagi lingkungan dan orangtuanya.

    Pengertian pacaran dalam era globalisasi informasi ini sudah sangat berbeda dengan pengertian pacaran 15 tahun yang lalu. Akibatnya, di jaman ini banyak remaja yang putus sekolah karena hamil. Oleh karena itu, dalam masa pacaran, anak hendaknya diberi pengarahan tentang idealisme dan kenyataan. Anak hendaknya ditumbuhkan kesadaran bahwa kenyataan sering tidak seperti harapan kita, sebaliknya harapan tidak selalu menjadi kenyataan. Demikian pula dengan pacaran. Keindahan dan kehangatan masa pacaran sesungguhnya tidak akan terus berlangsung selamanya.

    Berikut ini ulasan Artikel Pergaulan Bebas beserta 4 Contoh kisah nyata akibat pergaulan bebas, kalian dapat mendownload file Ms. Word pada akhir Preview.

    Download Disini

    Demikianlah Artikel Pergaulan Bebas beserta contoh kisah kehidupan nyata akibat pergaulan bebas remaja, semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung ke Lintas Tugas Sekolah.

    Artikel Terkait:
    Bagi Anda yang ingin mendapatkan notifikasi update setiap harinya silahkan bergabung WhatsApp Group Gabung Sekarang
    Comment Sekarang