-->

Tutorial

  • Android
  • Blogger
  • Pendidikan
  • Printer
  • Komputer
  • MedSos
  • In-Wopo kembali berbagi tugas pekerjaan rumah membuat makalah mata pelajaran sejarah indonesia kelas XI Sekolah Menengah Atas. Makalah ini membahas materi tentang sejarah VOC di Indonesia pada masa penjajahan dahulu kala. Kedudukan Belanda di Nusantara berlangsung pada tahun 1596-1942 diawali dengan kedatangan armada dagang Belanda di bawah pimpinan Cornelis de Houtman pada tahun 1596 yang berlabuh di Banten. Mulanya mencari barang dagangan atau rempah rempah akan tetapi kemudian Belanda bukan sekedar ingin berdagang biasa, melainkan ingin menguasai dan menjajah Nusantara. Pada tahun 1596 awal penjajahan Belanda di Nusantara dengan mendirikan persekutuan dagang yang bernama VOC (Vereeningde Oost-indische Compagnie) atau persekutuaan dagang India timur yang dibantu oleh pemerintahan Belanda.

    Di masa itu, terjadi persaingan sengit di antara negara-negara Eropa, yaitu Portugis, Spanyol kemudian juga Inggris, Perancis dan Belanda, untuk memperebutkan hegemoni perdagangan di Asia Timur. Untuk menghadapai masalah ini, oleh Staaten Generaal di Belanda, VOC diberi wewenang memiliki tentara yang harus mereka biayai sendiri. Selain itu, VOC juga mempunyai hak, atas nama Pemerintah Belanda -yang waktu itu masih berbentuk Republik- untuk membuat perjanjian kenegaraan dan menyatakan perang terhadap suatu negara. Wewenang ini yang mengakibatkan, bahwa suatu perkumpulan dagang seperti VOC, dapat bertindak seperti layaknya satu negara.

    Untuk lebih jelasnya kalian bisa dapatkan file siap Edit berupa Ms. Word yang bisa kalian download pada akhir Preview Makalah ini. Silahkan kalian download dan kalian edit sesuaikan nama kelompok dan sekolah kalian masing-masing.

    Download Disini

    Bantu suport In-Wepo dengan share link blog atau postingan kepada teman-teman sekolah kalian, suport kalian adalah semangat Admin untuk terus berbagi dokumen tugas sekolah.

    Artikel Terkait:
    Bagi Anda yang ingin mendapatkan notifikasi update setiap harinya silahkan bergabung WhatsApp Group Gabung Sekarang
    Comment Sekarang