Tutorial

  • Android
  • Blogger
  • Pendidikan
  • Printer
  • Komputer
  • MedSos
  • In-wepo berbagi tugas mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan Jenjang Sekolah Menengah Pertama yaitu tugas mencari peralatan Begawi Cakak Pepadun Lampung dengan pengertian dan fungsi masing-masing peralatan beserta gambarnya.

    Begawi Cakak Pepadun ialah kegiatan/acara untuk mendapatkan gelar adat. Dalam hal prosesi upacara adat perkawinan berlaku pula upacara gawi. Begawi tersebut bisa dilakukan di tempat mempelai pria maupun wanita. Untuk mempersiapkan upacara begawi, para penyimbang kedua belah pihak di tempat masing-masing mengadakan pertemuan atau bermusyawarah guna mengatur persiapan-persiapan yang akan dilaksanakan.

    Persiapan yang harus dilakukan oleh pihak keluarga pria yakni menyiapkan semua alat-alat perlengkapan adat untuk ngakuk majau (mengambil mempelai wanita) dan begawi turun duwei atau cakak pepadun. Acara akad nikah dilakukan di tempat mempelai pria, tapi ada kalanya atas permintaan pihak gadis, para penyimbang mempersiapkan untuk menerima mempelai pria dan rombongannya serta melepas anak gadis yang akan di ambil pihak bujang (gawi ngebekas majau) dan mempersiapkan barang-barang bawaan/sesan.

    Peralatan adat yang perlu dipersiapkan dalam upacara begawi cakak pepadun, antara lain: Pakaian Adat Lengkap, Sessat, Lunjuk/Patcah Aji, Rato, Kuto Maro, Jepano, Pepadun, Panggo, Burung Garuda, Kulintang/Talo, Kepala Kerbau, Payung Agung, Lawang Kuri, Titian/Tangga, Bendera, Kandang Rarang dan Kayu Ara.

    Bagi kalian adik-adik yang mendapatkan tugas ini dapat mendownload file Ms. Word hasil dokumentasi tugas mencari Peralatan Begawi Cakak Pepadun Lampung Lengkap dengan gambar melalui Link Download di akhir Preview Tugas.

    Download Disini

    Demikianlah Pengertian dan Contoh Peralatan Begawi Cakak Pepadun Lampung, semoga bermanfaat bagi kalian dan jangan lupa bantu soport Lintas Tugas Sekolah dengan cara share link postingan ke teman-teman kalian.

    Artikel Terkait:
    Bagi Anda yang ingin mendapatkan notifikasi update setiap harinya silahkan bergabung WhatsApp Group Gabung Sekarang
    Comment Sekarang