Tutorial

  • Android
  • Blogger
  • Pendidikan
  • Printer
  • Komputer
  • MedSos
  • Manusia tidak pernah luput dari kesalahan termasuk penyakit lupa yang sering menimbulkan banyak masalah. Dalam Studi kasus ini Lupa mengamankan Hanphone yang berada di dalam saku celana, dimana hanphone ikut dalam rendaman cucian, alhasil Hanphone pun mati total tidak dapat dinyalakan. 

    Salah satu tips pertolongan pertama ketika Handpone terendam atau masuk Air adalah dengan cara berikut ini:

    Pertama: Hindari kepanikan dan salah tindakan mencoba menyalakan hanphone yang sudah terlanjur terendam air hanya dengan membersihkan air yang membasahi bagian luar case handphone. Hindari juga mengkoneksikan hanphone dengan pengecas daya, hal ini sangat berbahaya dan bisa fatal akibatnya. Dalam kondisi komponen handphone yang basah rawan terjadi konslet atau short yang berakibat terbakarnya bagian dari komponen-komponen mesin hanphone. 

    Kedua: Segera lepas Baterai Hanphone, apabila Hanphone memakai batrai tanam maka segera bongkar case dan lepaskan konektor batrai agar tidak ada aliran daya pada pcb. 

    Ketiga: Bongkar keseluruhan Case Handphone, bersihkan bagian-bagian yang mengandung kedap air dengan kain atau tisue kering. 

    Perhatikan gambar di atas, Handphone yang terendam air sudah dipastikan pada bagian atau jalur arus akan timbul kerak, hal ini terjadi karena adanya sort kecil akiabt adanya air yang membahasi jalur api, arus atau listrik. Bersihkan kerak tersebut dengan kain atau tisue apabila susah bisa dikerik dengan bantuan pinset atau semisalnya. 

    Setelah Hanphone dibongkar dan komponen mesin serta case dibersihkan dengan kain atau tisue kering jangan terburu-buru untuk mencoba menyalakannya. Karena meskipun tampaknya kering tidak menutup kemungkinan adanya area-area yang lebab atau area-area yang sulit dijangkau masih kedap air. 

    Bagi kalian yang memiliki Blower bisa memanfaatkannya untuk membantu mengeringkan kadar air pada PCB Mesin Handphone, bisa juga menggunakan Hair Drayer. Gunukan suhu yang sedang-sedang jaya jangan terburu-buru karena panik menggunakan suhu yang cukup tinggi karena bisa saja bukannya kering komponen handphone justru meleleh atau terbakar. 

    Bagi kalian yang tidak memiliki alat pengering seperti tersebut di atas, solusinya bisa dengan menjemur Handphone di bawah terik matahari selama beberapa menit atau Jam. 

    Setelah dirasa kondisi sudah aman, komponen-komponen handphone dipastikan kering maka cobalah untuk menyalakannya. Apabila belum bisa menyala maka jangan memaksakan kehendak coba jemur kembali atau keringkan ulang. Periksa PCB apakah masih ada kerak-kerak akibat short, jika masih ada bersihkan sebersih mungkin. 

    Sekedar pengalaman untuk tipe handphone jadul yang memiliki filture lampu senter kalian dapat memanfaatkan lampu senter tersebut sebagia indikator apakah masih terjadi short atau tidak dengan memperhatikan nyalama led senter. Apabila led senter menyala ketika batrai terkoneksi mesin pcb itu berarti masih terjadi short alias ada area yang masih basah atau ada komponen seperti resistor yang short atau konslet. Apabila led senter tidak menyala berarti kondisi ini mungkin aman, tidak terjadi short dan hp biasanya bisa menyala ketika dinyalakan dengan menekan tombol power. 


    Demikianlah Tutoral Cara atau Tips Pertolongan Pertama Handphone yang terendam atau masuk air. Semoga bermanfaat dan menjadi solusi bagi kalian yang mengalami kasus lupa seperti ini.

    Artikel Terkait:
    Bagi Anda yang ingin mendapatkan notifikasi update setiap harinya silahkan bergabung WhatsApp Group Gabung Sekarang
    Comment Sekarang