Tutorial

  • Android
  • Blogger
  • Pendidikan
  • Printer
  • Komputer
  • MedSos
  • Teks eksposisi adalah sebuah tulisan yang di dalamnya berisikan suatu informasi atau fakta dengan bentuk pengembangan sebuah paragraf. Di dalam teks eksposisi sendiri bertujuan untuk menjelaskan sebuah keadaan tertentu sehingga pembaca bisa memperoleh pengetahuan dari apa yang dijelaskan oleh penulis.

    Penjelasan tersebut bentuk tulisannya memang terkesan lebih padat, singkat dan jelas agar pembaca benar-benar bisa memahami dengan sangat mudah apa yang dimaksud oleh penulis. Pernahkah Anda membaca jenis teks satu ini? Tentu saja pernah membaca jenis teks ini, baik itu secara disengaja ataupun tidak senjaga. Karena teks jenis ini biasa ditemui di dalam kehidupan sehari-hari.

    Umumnya, jenis teks eksposisi ini dipakai dalam menulis suatu berita, entah itu berita yang dimuat di koran, media online, media sosial, majalah dan lain sebagainya. Anda bisa mencoba untuk membandingkan antara jenis berita yang sering Anda baca dengan definisi yang ada di atas. Maka Anda akan mengetahui bahwa itulah yang dikenal dengan teks eksposisi.

    Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan

    Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat dengan Pembangunan Fasilitas Umum Di Masyarakat

    Tesis

    Pemerintah memiliki fokus untuk membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat. Di antara hal yang dilakukan oleh pemerintah tersebut adalah dengan melakukan pembangunan berbagai fasilitas umum yang dimungkinkinkan bisa meningkatkan taraf perekonomian masyarakat.

    Misalnya saja adanya program pembangunan baru-baru ini yang cukup kontroversial dan menarik perhatian, yaitu pembangunan bandara di daerah Kulon Progo Yogyakarta. Program pembangunan tersebut nampak sangat paradox, apabila bandara tersebut dibangun untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

    Tentunya pemerintah tidak membiarkan bandara dibangun di atas tanah milik warga. Namun faktanya tidak demikian, tanah milik warna terpaksa harus digusur untuk pembangunan bandara tersebut.

    Argumentasi

    Pembangunan menjadi hal yang sudah direncanakan pemerintah untuk tujuan membantu meningkatkan taraf ekonomi masyarakat. Sebenarnya ada banyak cara yang dilakukan oleh pemerintah guna meningkatkan ekonomi masyarakat tersebut.

    Di antaranya adalah dengan membuat program pembangunan dimana program tersebut diharapkan nantinya bisa melancarkan mobilitas atau distribusi. Akan tetapi, seharus pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah tersebut tidak serta merta dilakukan, melainkan dengan mempertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu.

    Karena jika tidak, hal itu bisa mengabaikan hal-hal yang sifatnya sangat mendesak dan penting. Belum lama ini, ada sebuah kasus yang sedang booming diangkat, yakni program pembangunan bandara di Kulon Progo Yogyakarta. Pemerintah memiliki program membantun bandara baru di kawasan Kulon Progo yang lokasinya ada di atas lahan masyarakat setempat.

    Program ini spontan mendapatkan reaksi penolakan dari masyarakat karena lahan itu dipakai oleh penduduk setempat untuk mempertahankan hidup mereka. Apabila disaksikan secara sekilas, sebenarnya tidak ada hal yang salah dari program pembangunan.

    Namun, bagaimana jika pembangunan itu dilakukan di atas lahan yang menjadi tempat hidup masyarakat atau sebut saja misalnya sawah milik masyarakat. Tentu saja, dengan sawah tersebut masyarakat mencari uang dan penghasilan.

    Sementara di atas lahan yang menjadi tempat menyambung hidup mereka harus dibangun bandara di atasnya sebagai program pemerintah. Hal di atas pastinya menimbulkan paradoks tersendiri. Apabila tujuan dari pembangunan bandara tersebut adalah untuk kesejahteraan dan kepentingan masyarakat.

    Mereka tentu saja tidak akan membangun bandara di atas lahan tempat masyarakat bertahan hidup selama puluhan tahun. Tentu saja hal tersebut tidak akan membantu menumbuhkan ekonomi masyarakat, namun akan mencerabut dan merenggut mata pencaharian mereka.

    Kadang pemerintah memang abai akan hal-hal tersebut. Bukankah tujuan utamanya adalah untuk mensejahterakan masyarakat? Atau memang sebenarnya bukan itu tujuannya. Demi kesehagteraan dan juga pertumbuhan ekonomi masyarakat adalah sebatas dalih untuk mensukseskan proyek di belakang yang mungkin saja tidak diketahui oleh orang.

    Bahkan, hal semacam ini tidak hanya terjadi sekali dua kali, melainkan sudah berulang kali. Ada banyak tempat di Negara ini, di samping reklamasi pantai untuk membangun jalan tol Teluk Benoa (Bali), reklamasi di kawasan Pulau Seribu, pembangunan pabrik semen di kawasan pegunungan Kendeng.

    Perusakan hutan adat di kawasan Merauke dan masih banyak lagi kasus serupa yang nyata merugikan rakyat setempat. Hal itu adalah contoh mengenai janji pemerintah mengenai pertumbuhan ekonomi yang justru memojokkan masyarakat sekitarnya.

    Penegasan Ulang

    Pemerintah melakukan berbagai program pembangunan di masyarakat yang katanya untuk kesejahteraan masyarakat, namun justru seringkali dilakukan tanpa mempertimbangkan hal-hal yang semestinya dipertimbangkan.

    Bahkan, masyarakat yang semestinya diutamakan justru kerap diabaikan. Pembangunan yang katanya bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat ternyata justru kerap meminggirkan masyarakat dari tempat tinggal mereka sendiri.

    Artikel Terkait:
    Bagi Anda yang ingin mendapatkan notifikasi update setiap harinya silahkan bergabung WhatsApp Group Gabung Sekarang
    Comment Sekarang