Tutorial

  • Android
  • Blogger
  • Pendidikan
  • Printer
  • Komputer
  • MedSos
  • Teks eksposisi adalah sebuah tulisan yang di dalamnya berisikan suatu informasi atau fakta dengan bentuk pengembangan sebuah paragraf. Di dalam teks eksposisi sendiri bertujuan untuk menjelaskan sebuah keadaan tertentu sehingga pembaca bisa memperoleh pengetahuan dari apa yang dijelaskan oleh penulis.

    Penjelasan tersebut bentuk tulisannya memang terkesan lebih padat, singkat dan jelas agar pembaca benar-benar bisa memahami dengan sangat mudah apa yang dimaksud oleh penulis. Pernahkah Anda membaca jenis teks satu ini? Tentu saja pernah membaca jenis teks ini, baik itu secara disengaja ataupun tidak senjaga. Karena teks jenis ini biasa ditemui di dalam kehidupan sehari-hari.

    Umumnya, jenis teks eksposisi ini dipakai dalam menulis suatu berita, entah itu berita yang dimuat di koran, media online, media sosial, majalah dan lain sebagainya. Anda bisa mencoba untuk membandingkan antara jenis berita yang sering Anda baca dengan definisi yang ada di atas. Maka Anda akan mengetahui bahwa itulah yang dikenal dengan teks eksposisi.

    Contoh Teks Eksposisi Tentang Hukum

    Diskriminalisasi Terhadap Perempuan

    Tesis

    Perempuan adalah makhluk yang amat rentan untuk dijadikan sasaran dari objek kejahatan. Berdasarkan pada sebuah data, Indonesia masuk ke dalam kategori Negara yang paling tidak aman untuk para perempuan. Bahkan, tiap harinya sellau ada laporan kejahatan di Indonesia yang dialami oleh perempuan. Bahkan, ada beberapa kasus yang bisa dibilang langka.

    Misalnya saja pelaku kejahatan yang merupakan keluarga dari korban sendiri. Kasus-kasus semacam ini mengundang berbagai kritik dan masukan dari berbagai pakar sosial mengenai adanya kesalahan dalam struktur masyarakat di Indonesia.

    Isi

    Meskipun Negara kita dengan tegas menerapkan undang-undang mengenai pelaku tindakan kriminal, namun penerapan atas hukum tersebut dianggap masih belum membuat jera para pelaku kejahatannya. Sebagian dari pakar sosial memberikan suatu kesimpulan bahwa itu menunjukkan adanya stereotype yang ada di tengah masyarakat.

    Sehingga menyebabkan tindakan criminal kepada wanita semakin meningkat. Hal itu tidaklah mengherankan karena Indonesia secara konstruksi sosial menganut patriarkhi yang mendorong kedudukan laki-laki lebih tinggi dan lebih kuat dibandingkan dengan kedudukan perempuan itu sendiri.

    Pemerintah sendiri sesungguhnya telah menerapkan beberapa usaha untuk mencegah terjadinya berbagai tindak kriminal seperti dengan kegiatan sosialisasi pemberdayaan perempuan, menyediakan gerbong kereta khusus bagi perempuan, mengutamakan berbagai kebutuhan perempuan di tempat umum dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun, sekalipun demikian tidak sedikit oknum yang melanggar aturan-aturan tersebut.

    Kesimpulan

    Karena sistampatriarkhi telah dibangun secara turun temurun dan berlangsung dalam waktu yang sangat lama di Indonesia, maka mau tidak mau perempuan dituntut untuk mengikuti semua aturan yang rentan terhadap diskriminasi gender tersebut.

    Di samping itu, sistem itu juga mendorong perempuan agar takut dan patuh kepada para kaum pria. Dengan demikian, jika kebetulan ada perempuan yang melakukan perlawanan, maka masyarakat akan menganggap hal itu tidak wajar dan menyalahi kodrat. Karena perempuan sejak dahulu dibentuk untuk menjadi sosok dan watak yang lemah lembut dan taat.

    Artikel Terkait:
    Bagi Anda yang ingin mendapatkan notifikasi update setiap harinya silahkan bergabung WhatsApp Group Gabung Sekarang
    Comment Sekarang