Tutorial

  • Android
  • Blogger
  • Pendidikan
  • Printer
  • Komputer
  • MedSos
  • Teks eksposisi adalah sebuah tulisan yang di dalamnya berisikan suatu informasi atau fakta dengan bentuk pengembangan sebuah paragraf. Di dalam teks eksposisi sendiri bertujuan untuk menjelaskan sebuah keadaan tertentu sehingga pembaca bisa memperoleh pengetahuan dari apa yang dijelaskan oleh penulis.

    Penjelasan tersebut bentuk tulisannya memang terkesan lebih padat, singkat dan jelas agar pembaca benar-benar bisa memahami dengan sangat mudah apa yang dimaksud oleh penulis. Pernahkah Anda membaca jenis teks satu ini? Tentu saja pernah membaca jenis teks ini, baik itu secara disengaja ataupun tidak senjaga. Karena teks jenis ini biasa ditemui di dalam kehidupan sehari-hari.

    Umumnya, jenis teks eksposisi ini dipakai dalam menulis suatu berita, entah itu berita yang dimuat di koran, media online, media sosial, majalah dan lain sebagainya. Anda bisa mencoba untuk membandingkan antara jenis berita yang sering Anda baca dengan definisi yang ada di atas. Maka Anda akan mengetahui bahwa itulah yang dikenal dengan teks eksposisi.

    Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan

    Olahraga untuk Kesehatan Tubuh

    Tesis

    Olah raga mempunyai manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan tubuh manusia. Dengan sering melakukan olah raga, maka tubuh akan lebih segar dan juga bugar kembali. Berbeda dengan seseorang yang tidak pernah melakukan olah raga. Namun, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan seseorang ketika berolah raga.

    Misalnya saja memperhatikan apakah jantungnya bisa diajak berolah raga atau tidak. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa seseorang yang memiliki riwayat penyakit jantung, maka ia akan rentan jika melakukan aktifitas olah raga, khususnya jenis olah raga yang berat.

    Maka dari itu, sebenarnya penting bagi setiap individu untuk memperhatikan hal ini secara lebih agar kegiatan olah raga yang awalnya ingin menyehatkan tubuh justru membahayakan tubuhnya.

    Argumentasi

    Olah raga adalah kegiatan yang cukup menyenangkan untuk dilakukan. Ada banyak jenis dan macam olah raga yang bisa dijadikan sebagai pilihan. Misalnya saja lari, renang, push up, shit up dan masih banyak lagi jenis olah raga yang lainnya.

    Di samping sebagai aktifitas yang menyenangkan, ternyata olah raga juga memberikan manfaat yang sangat kaya untuk kesehatan tubuh. Dengan melakukan olah raga, maka tubuh akan menjadi segar dan bugar kembali. Selain itu, dengan berolah raga suasana hati seseorang juga akan menjadi lebihs senang karena dengan olah raga beban pikiran seseorang akan menjadi lepas.

    Selain itu, olah raga ternyata juga ampuh untuk membantu meningkatkan metabolisme tubuh. meningkatnya metabolisme tubuh bisa menghindarkan seseorang dari yang namanya penyakit kognitif seperti penurunan sistem kerja otak dan pikun. Olah raga juga amat dianjurkan untuk Anda yang kebetulan memiliki penyakit tekanan darah tinggi.

    Tekanan darah tinggi bisa menyebabkan terjadinya penyempitan pembuluh darah sehingga itu menyebabkan aliran darah seseorang menjadi tidak lancar. Jika penderita tekanan darah tingi ini melakukan aktifitas olah raga secara teratur. Maka itu akan dapat membantu melancarkan aliran darah di dalam tubuh seseorang. Alhasil ia menjadi lebih sehat dan bugar.

    Kesehatan jantung pun juga akan semakin terjaga jika seseorang gemar melakukan olah raga. Namun, ada hal yang harus digarisbawahi dalam hal ini. Yaitu Anda harus memperhatikan terlebih dahulu apakah jantung Anda kuat untuk melakukan aktifitas olah raga ataukah tidak.

    Karena seseorang yang kebetulan mempunyai penyakit jantung kemungkinan ia tidak akan bisa kuat untuk melakukan aktifitas lari, renang dan beberapa aktifitas berat yang lain. Bahkan, kerap terjadi kasus dimana seseorang yang tengah berolah raga kemudian tiba-tiba pingsan dan harus dirawat di rumah sakit.

    Hal itu kemungkinan orang tersebut sebelumnya sudah memiliki riwayat penyakit jantung. Jika tubuhnya tidak kuat melakukan aktifitas berat atau jenis aktifitas yang menguras tenaga, maka ia akan terkena serangan jantung mendadak sehingga menyebabkan seseorang pingsan, bahkan bisa berujung kepada kematian.

    Namun jika tubuh dalam keadaan normal, tentu saja berolah raga bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh khususnya. Bahkan, aktifitas olah raga ini perlu dilakukan setidaknya sekali dalam seminggu supaya tubuh seseorang menjadi lebih seimbang.

    Dengan demikian, seseorang bisa terhindar dari berbagai jenis penyakit karena olah raga sendiri memang mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Dan dengan kekebalan tubuh yang tinggi, maka seseorang akan terhindar dari berbagai penyakit. Namun, sebelum melakukan olah raga, sebaiknya pastikan terlebih dahulu kondisi tubuh apakah ia mampu atau tidak supaya benar-benar aman dan tidak membahayakan.

    Jika tubuh ternyata tidak cukup kuat untuk melakukan kegiatan olah raga, maka jika seseorang tetap memaksa untuk berolah raga, maka tentu saja yang didapat bukan kesehatan, melainkan bertambahnya penyakit yang terdapat di dalam tubuh seseorang.

    Penegasan Ulang

    Olah raga memang memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan tubuh. Mulai dari menjadikan mood seseorang semakin meningkat, menghindarkan seseorang dari beragam penyakit yang menyerang, hingga membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh manusia.

    Tidak hanya itu, olah raga ternyata juga membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh seseorang dan masih banyak lagi yang lain. Sekalipun memiliki cukup banyak manfaat untuk tubuh seseorang, namun tidak jarang dijumpai seseorang yang berolah raga akan tetapi berakhir di ranjang rumah sakit karena ia tidak bisa memahami kondisi tubuhnya sendiri.

    Seseorang yang memiliki penyakit jantung, ia tentu saja tidak akan kuat melakukan hal-hal yang bisa memacu kerja dari jantungnya. Sehingga, orang dengan penyakit ini sebaiknya menghindari berbagai aktifitas berat yang bisa membuat jantung mereka semakin parah.

    Oleh karenanya, sebelum melakukan olah raga, sebaiknya pastikan kondisi tubuh normal dan sehat sehingga mampu melakukan berbagai olah raga yang menguras tenaga. Demikianlah ulasan mengenai teks eksposisi dan berbagai contohnya yang bisa dijadkan sebagai bahan pembelajaran Anda.

    Ulasan di atas sudah tergolong lengkap dimulai dari pengertiannya, jenis teksnya, struktur hingga berbagai contoh yang tentu saja bisa meningkatkan pemahaman Anda mengenai jenis teks eksposisi satu ini.

    Nah, jika kebetulan Anda ingin membuat sejenis teks eksposisi di atas, sebenarnya itu bukanlah hal sulit melainkan sangat mudah. Hanya saja mungkin karena Anda belum pernah membuatnya sehingga terasa sulit. Namun saat membuat teks eksposisi, sebaiknya ikuti struktur dan aturannya sehingga benar-benar menjadi paragraph yang baik. Semoga bermanfaat.

    Artikel Terkait:
    Bagi Anda yang ingin mendapatkan notifikasi update setiap harinya silahkan bergabung WhatsApp Group Gabung Sekarang
    Comment Sekarang