Tutorial

  • Android
  • Blogger
  • Pendidikan
  • Printer
  • Komputer
  • MedSos
  • Teks eksposisi adalah sebuah tulisan yang di dalamnya berisikan suatu informasi atau fakta dengan bentuk pengembangan sebuah paragraf. Di dalam teks eksposisi sendiri bertujuan untuk menjelaskan sebuah keadaan tertentu sehingga pembaca bisa memperoleh pengetahuan dari apa yang dijelaskan oleh penulis.

    Penjelasan tersebut bentuk tulisannya memang terkesan lebih padat, singkat dan jelas agar pembaca benar-benar bisa memahami dengan sangat mudah apa yang dimaksud oleh penulis. Pernahkah Anda membaca jenis teks satu ini? Tentu saja pernah membaca jenis teks ini, baik itu secara disengaja ataupun tidak senjaga. Karena teks jenis ini biasa ditemui di dalam kehidupan sehari-hari.

    Umumnya, jenis teks eksposisi ini dipakai dalam menulis suatu berita, entah itu berita yang dimuat di koran, media online, media sosial, majalah dan lain sebagainya. Anda bisa mencoba untuk membandingkan antara jenis berita yang sering Anda baca dengan definisi yang ada di atas. Maka Anda akan mengetahui bahwa itulah yang dikenal dengan teks eksposisi.

    Contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan

    Pemanasan Global dan Hilangnya Hutan Lindung

    Tesis

    Pemanasan global adalah suatu kondisi dimana suhu di bumi ini kian hari kian panas. Adanya pemanasan global tersebut menyebabkan berbagai dampak negatif seperti lapisan ozon yang semakin tipis sehingga sinar ultraviolet bisa masuk ke bumi secara langsung tanpa ada penghalang. Selain itu, pemanasan global juga menyebabkan naiknya permukaan air laut karena es di kutub yang mencair.

    Adanya pemanasan global sendiri terjadi karena banyak gas karbondioksida yang terdapat di atmosfer bumi dan itu menjadikan lapisan ozonnya semakin menipis. Kadar gas karbondioksia yang ada di bumi tersebut tidak sebanding jumlahnya dengan keseluruhan pohon yang ada di bumi. Padahal, adanya pohon-pohon tersebut bisa menyerap karbondioksida.

    Tidak hanya itu, hutan-hutan telah banyak yang dibuka untuk lahan pertanian, industri, perkebunan atau dialihfungsi sebagai hutan produksi.

    Argumentasi

    Dalam beberapa tahun terakhir, kenaikan suhu di dunia ini memang terbilang parah. Pemanasan global ini terjadi lantaran banyaknya jumlah gas karbondioksida yang terdapat pada atmosfer bumi. Gas karbondioksida tersebut asalnya adalah dari asap pabrik atau bisa juga kendaraan bermotor. Jika melihat di sekeliling, tentu saja banyak pabrik yang beroperasi sehingga kadar dari karbondioksida semakin naik.

    Ini sebatas yang ada di Negara Indonesia, belum yang ada di Negara industri. Negara industri tentu saja mempunyai pabrik yang jumlahnya banyak. Bayangkan saja, seberapa banyak jasa karbondioksida yang asalnya dari aktifitas tersebut. Negara industri tersebut sudah selayaknya mengatasi karbondioksida yang keluar akibat aktifitas pabriknya.

    Yang lebih parah lagi, hutan di dunia ini yang semestinya bisa mengurangi gas karbondioksida tersebut tidak bisa menjalankan fungsi mereka dengan baik. Hal itu disebabkan karena banyaknya pohon yang ditebang. Di samping banyaknya penebangan pohon di hutan.

    Ada beberapa kasus juga di Indonesia sendiri seperti pangalihan fungsi dari hutan yang awalnya sebagai hutan lindung menjadi hutan konservasi. Adanya kegiatan-kegiatan tersebut tentu saja semakin menjadikan kondisi bumi buruk.

    Penegasan Ulang

    Pemanasan global yang tengah terjadi di bumi beberapa tahun terakhir memang semakin parah karena semakin hari semakin banyak pabrik nyang beroperasi sehingga menyebabkan asap dari kendaraan bermotor. Keadaan tersebut semakin parah lagi lantaran adanya hutan yang semestinya mengurangi pemanasan global dengan mengurangi emisi gas justru malah banyak ditebang.

    Di samping penebangan hutan, alih fungsi hutan juga dapat menjadikan hutan tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Alihfungsi hutan lindung menjadi jenis hutan konservasi pun sudah banyak dilakukan di Negara ini.

    Artikel Terkait:
    Bagi Anda yang ingin mendapatkan notifikasi update setiap harinya silahkan bergabung WhatsApp Group Gabung Sekarang
    Comment Sekarang