-->

Tutorial

  • Android
  • Blogger
  • Pendidikan
  • Printer
  • Komputer
  • MedSos
  • Teks eksposisi adalah sebuah tulisan yang di dalamnya berisikan suatu informasi atau fakta dengan bentuk pengembangan sebuah paragraf. Di dalam teks eksposisi sendiri bertujuan untuk menjelaskan sebuah keadaan tertentu sehingga pembaca bisa memperoleh pengetahuan dari apa yang dijelaskan oleh penulis.

    Penjelasan tersebut bentuk tulisannya memang terkesan lebih padat, singkat dan jelas agar pembaca benar-benar bisa memahami dengan sangat mudah apa yang dimaksud oleh penulis. Pernahkah Anda membaca jenis teks satu ini? Tentu saja pernah membaca jenis teks ini, baik itu secara disengaja ataupun tidak senjaga. Karena teks jenis ini biasa ditemui di dalam kehidupan sehari-hari.

    Umumnya, jenis teks eksposisi ini dipakai dalam menulis suatu berita, entah itu berita yang dimuat di koran, media online, media sosial, majalah dan lain sebagainya. Anda bisa mencoba untuk membandingkan antara jenis berita yang sering Anda baca dengan definisi yang ada di atas. Maka Anda akan mengetahui bahwa itulah yang dikenal dengan teks eksposisi.

    Contoh Teks Eksposisi Tentang Politik

    Jangan Memilih Kepala Daerah yang Tidak Ramah Terhadap Alam

    Tesis

    Alam yang ada di dunia ini telah mengalami kerusakan. Terlebih di Indonesia. Eksploitasi atas alam banyak dilakukan bahkan sudah pada posisi yang sangat mengkhawatirkan. Di antara yang paling banyak menyebabkan kerusakan alam adalah tambang.

    Berbicara tentang tambang, aktifitas pertambangan tentunya sangat berhubungan dengan perusahaan tambang dan juga izin tambang yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah yang bersangkutan. Dengan demikian, kepala daerah memiliki wewenang yang menentukan boleh tidaknya lokasi tersebut dilakukan aktifitas pertambangan.

    Argumentasi

    Alam menjadi bagian yang seakan tidak terpisahkan di dalam kehidupan ini. Minum, makan, bernafas dan berbagai aktifitas lain berasal dari alam dan itu sangat berkaitan. Akan tetapi di Indonesia kerusakan lingkungan dan alam sangat banyak terjadi. Di antara faktor yang menyebabkan kerusakan lingkungan adalah aktifitas pertambangan.

    Pertambangan sendiri bisa dilakukan dengan adanya suatu perusahaan tambang yang sudah mendapatkan izin dari pemerintah daerah. Banyak dari kasus izin tambang yang dilakukan lantaran adanya kongkalikong antara kepala daerah dengan perusahaan tambang yang bersangkutan. kongkalikong tersebut umumnya terjadi ketika pencalonan kepala daerah.

    Tidak bisa dipungkiri bahwa pencalonan kepala daerah pastinya membutuhkan dana yang tidak sedikit. Dalam beberapa kasus, beberapa perusahaan tambangan menawarkan bantuan dana baik itu untuk kampanye dan berbagai keperluan pencalonan yang lain. Akan tetapi, itu mensyaratkan jika dia sukses menjadi kepala daerah, maka perusahaan tersebut harus mendapatkan izin melakukan aktifitas pertambangan di daerah yang bersangkutan. Fenomena semacam ini memang sudah bukan rahasia lagi.

    Oleh karena itu, sebaiknya masyarakat memilih kepala daerah yang ramah akan alam dan lingkungan. Hal tersebut bertujuan agar alam yang ada di Negara ini senantiasa lestari karena calon kepala daerah tersebut tentu tidak akan menerima suap dari sebuah perusahaan tambang.

    Penegasan UIang

    Kepala daerah sejatinya mempunyai control atas kelestarian alam dan lingkungan. Hal itu dikarenakan izin untuk eksploitasi alam seperti kegiatan pertambangan adalah dari kepala daerah itu sendiri. Sehingga, sebaiknya pilihlah kepala daerah yang benar-benar ramah terhadap alam dan jangan sampai memilih kepala daerah yang hanya memikirkan bagaimana cara mendapatkan keuntungan dari eksploitasi alam.

    Artikel Terkait:
    Bagi Anda yang ingin mendapatkan notifikasi update setiap harinya silahkan bergabung WhatsApp Group Gabung Sekarang
    Comment Sekarang