Tutorial

  • Android
  • Blogger
  • Pendidikan
  • Printer
  • Komputer
  • MedSos
  • Jumlah penduduk di Indonesia dari tahun ke tahun terus bertambah, setiap detik terjadi kelahiran, kematian dan perpindahan penduduk. Keadan yang demikian ini dalam ilmu geografi disebut Dinamika Kependudukan. Untuk mengetahui perkembangan dan jumlah penduduk Indonesia pemerintah melakukan program sensus penduduk dan survei penduduk di lapangan. Yang dimaksud sensus penduduk adalah perhitungan jumlah penduduk oleh pemerintah dalam jangka waktu terentu secara serentak. Sensus penduduk dilaksanakan setiap 10 tahun oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia. Kegiatan sensus penduduk meliputi kegiatan pengumpulan, pengolahan, penilaian, penganalisaan dan penyajian data-data kependudukan. Data yang disajikan meliputi data demografi, sosial, ekonomi dan lingkungan hidup. Ada dua macam sensus penduduk yang diterapkan di indonesia yaitu:

    1. Sensus de Facto yaitu perhitungan atau pencacahan terhadap setiap penduduk yang brada di suatu wilayah ketika sensus dilaksanakan. 
    2.  Sensus de Yure yaitu perhitungan atau pencacahan terhadap penduduk yang benar-benar bertempat tinggal di wilayah yang dilaksanakan sensus. 

    Sedangkan yang dimaksud Survei Penduduk adalah kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah untuk melakukan penelitian dan menyediakan data statistik kependudukan pada waktu dan tempat tertentu. Survei yang dilakukan meliputi survei ekonomi nasional, survei peningkatan kerja nasional dan survei penduduk antarsensus (SUPAS).

    Masalah Kependudukan di Indonesia

    Dinamuka kependudukan yang kompleks mengakibatkan berbagai permasalahan yang muncul dalam bidang kependudukan. Beberapa masalah kependudukan akibat dinamika kependudukan yaitu pertumbuhan penduduk yang tidak stabil, persebaran penduduk yang tidak merata, dan kualitas kesehatan dan kesejahteraan penduduk.

    Program Penanggulangan Dinamika Kependudukan Indonesia

    Bervariasinya masalah kependudukan di indonesia memerlukan penanggunalangan yang serius dari pemerintah. Beberapa permasalahan kependudukan di Indonesia yang telah ditanggulangi oleh pemenerintah antara lain dengan cara sebagai berikut:

    1. Program Transmigrasi merupakan upaya pemerintah yang dilakukan dengan tujuan pemerataan kepadatan penduduk dengan cara memindahkan penduduk dari suatu daerah yang padat penduduknya ke daerah yang jarang penduduknya. 
    2. Program Keluarga Berencana merupakan pembatasan angka kelahiran melalui penuruman kehamilan dengan diadakannya obat pencegah kehamilan dan alat-alat kontrasepsi yang dapat mengurangi resiko kehamilan. 
    3. Pemerataan Pembangunan Pusat-Pusat Industri yaitu dengan melakukan regionalisasi wilayah pembangunan pusat industri ke daerah-daerah yang jarang penduduknya. Agar pembangunan tidak terjadi kontersentrasi di suatu wilayah.

    Artikel Terkait:
    Bagi Anda yang ingin mendapatkan notifikasi update setiap harinya silahkan bergabung WhatsApp Group Gabung Sekarang
    Comment Sekarang