Tutorial

  • Android
  • Blogger
  • Pendidikan
  • Printer
  • Komputer
  • MedSos
  • Musik nontradisional sering disebut dengan musik modern. Musuk nontradisonal tidak lahir dari budaya suatu masyarakat tertentu. Musik tersebut dibangun berdasarkan satu aturan komposisi yang jelas, seperti sistem notasi, tangga nada, tekstur, dan instrumen yang dikenal masyarakat secara luas dan mudah dipelajari dan bersifat terbuka. Artinya komposisi dan gaya musik sangat dipengaruhi oleh berbagai pengalaman musikal para musisi dari setiap masa. Contoh dari musik nontradisional atau modern seperti; campusari, dangdut, jazz, rock dan masih banyak lainnya.

    Adapun fungsi dari musik nontradisonal adalah sebagai berikut: 

    1. Sebagai sarana individu untuk mengekspresikan atau mengungkapkan gejolak jiwa, perasaan, gagasan yang terpendam dalam diri seseorang dan dapat memberikan kepuasan batin manusia baik si  pencipta maupun pendengarnya. 
    2. Sebagai sarana media hiburan yang dapat menciptakan kesegaran suasana menimbulkan rasa gembira, menghilangkan rasa jenuh, dan tekanan batin. 
    3. Sebagai wujdu pelestarian kepribadian luhur bangsa, meskipun mendapat pengaruh budaya, tetapi nilai-nilai luhur kepribadian bangsa tetap dipertahankan, yaitu menyangkut nilai tradisi. 
    4. Menanamkan rasa nasionalisme dan tetap bangga serta tidak menghilangkan budaya bangsa yang asli. 
    5. Sebagai sarana pendidikan melalui syair lagu yang banyak berisi petuha, kritikan, ajaran moral, dan etika, ungkapan rasa indah/lembut serta ajaran/pesan moral pada masyarakat. 
    6. Sebagai penambah kekayaan budaya nasional karena dapat menarik banyak penggemar baik msayarakat indonesia dan luar negeri. 

    Musik Nontradisional ada bermacam-macam yaitu: 

    1. Musik Campursari merupakan corak baru musik indonesia yaitu musik campuran dari musik modern dengan keroncong, dangdut, dan gamelan jawa. 
    2. Musik Keroncong sebagai musik nantradisional Nusantara menjadi seni budaya nasional. Musik keroncong dalam penyajiannya dikebal sebagai orkes keroncong. 
    3. Musik Dangdut sebagai musik nontradisional sering disebut musik rakyat, karena tumbuh dan berkembang serta digemari masyarakat. 
    4. Musik Jazz merupakan jenis musik yagn dikembangkan pertama kali oleh orang-orang Afrika dan Amerika. 
    5. Musik Rhythm and Blues (R&B) terdiri atas bebagai jenis musik populer yang saling terkait. 
    6. Musik Pop sering disebut dengan band yang menggunakan peralatan elektronik atau modern seperti gitar, drum, melodi, piano dan bass gitar. 
    7. Musik Rock yaitu jenis aliran musik yang dipengaruhi dari pola boogie-woogie sebagai kesinampungan blues dan berakar dari musik country. 
    8. Musik Country yang merupakan salah satu genre besar pada musik populer terutama di Amerika Serikat. 
    9. Musik Reggae yaitu suatu aliran musik yang awalnya dikembangkan di Jamika pada era 60-an. 

    Artikel Terkait:
    Bagi Anda yang ingin mendapatkan notifikasi update setiap harinya silahkan bergabung WhatsApp Group Gabung Sekarang
    Comment Sekarang