-->

Tutorial

  • Android
  • Blogger
  • Pendidikan
  • Printer
  • Komputer
  • MedSos
  • Teks eksposisi adalah sebuah tulisan yang di dalamnya berisikan suatu informasi atau fakta dengan bentuk pengembangan sebuah paragraf. Di dalam teks eksposisi sendiri bertujuan untuk menjelaskan sebuah keadaan tertentu sehingga pembaca bisa memperoleh pengetahuan dari apa yang dijelaskan oleh penulis.

    Penjelasan tersebut bentuk tulisannya memang terkesan lebih padat, singkat dan jelas agar pembaca benar-benar bisa memahami dengan sangat mudah apa yang dimaksud oleh penulis. Pernahkah Anda membaca jenis teks satu ini? Tentu saja pernah membaca jenis teks ini, baik itu secara disengaja ataupun tidak senjaga. Karena teks jenis ini biasa ditemui di dalam kehidupan sehari-hari.

    Umumnya, jenis teks eksposisi ini dipakai dalam menulis suatu berita, entah itu berita yang dimuat di koran, media online, media sosial, majalah dan lain sebagainya. Anda bisa mencoba untuk membandingkan antara jenis berita yang sering Anda baca dengan definisi yang ada di atas. Maka Anda akan mengetahui bahwa itulah yang dikenal dengan teks eksposisi.

    Ciri-Ciri Teks Eksposisi
    Teks eksposisi sesungguhnya berbeda dengan jenis teks yang lain. Untuk bisa membedakan antara jenis teks ini dengan teks yang lain dengan mudah, Anda bisa melihat ciri-cirinya. Dan berikut ini adalah beberapa ciri-ciri dari teks eksposisi yang penting untuk diketahui:


    1. Menggunakan bahasa yang sifatnya baku. Teks eksposisi ini secara umum memang menghindari jenis bahasa non formal atau bahasa santai, terlebih bahasa alay. Sehingga, ia lebih condong menggunakan bahasa yang baku.
    2. Pembahasan yang ditulis adalah suatu fakta, bukan karangan dari penulis ataupun opini. Sehingga hampir tidak dijumpai hal-hal yang sifatnya fiktif dalam teks eksposisi ini.
    3. Gaya penulisannya memiliki sifat persuasi informatif.
    4. Data serta informasi yang terdapat di dalamnya dipaparkan dengan sangat jelas atau gamblang.
    5. Tulisan yang disajikan dalam jenis teks ini memiliki sifat netral dan objektif. Yang dimaksud adalah di dalam tulisan tersebut tidak ada kecenderungan untuk memihak siapapun. Sehingga dalam hal ini, penulis tidak bisa semena-mena menuliskan apa yang mereka kehendaki. Karena yang harus ditulis dalam jenis teks eksposisi ini adalah fakta yang berdasarkan pada bukti nyata.
    6. Tulisan yang ada di dalamnya berdasar pada data dan juga fakta yang benar-benar valid.

    Itu adalah beberapa ciri-ciri dari teks eksposisi yang perlu Anda pahami dengan baik. Beberapa poin di atas juga menjadi sisi-sisi yang membedakan antara teks eksposisi dengan yang lainnya. Apabila nantinya Anda kebetulan menemukan jenis teks yang demikian, maka itulah yang disebut dengan teks eksposisi.

    Jenis-Jenis Teks Eksposisi
    Selain memiliki ciri-ciri yang khusus, teks eksposisi ternyata juga memiliki beberapa jenis yang antara satu dengan lainnya memiliki perbedaan tersendiri. Berikut ini adalah jenis-jenis teks eksposisi yang perlu diketahui.

    Teks Eksposisi Definisi
    Jenis teks eksposisi yang pertama adalah teks eksposisi definisi yang merupakan sebuah teks eksposisi yang di dalamnya sekedar memuat definisi mengenai tema atau topik tertentu secara mendalam. Anda tentu sudah pernah menjumpai jenis teks ini. Hal itu lantaran sangat banyak jenis teks yang di dalamnya sebatas menjelaskan pengertian dari suatu hal.

    Teks Eksposisi Pengerjaan
    Selanjutnya adalah teks eksposisi pengerjaan yang di dalamnya mencakup langkah-langkah atau cara untuk melakukan sebuah pekerjaan secara berurutan dan juga sistematis. Adapun tata cara atau langkah tersebut dimulai dari tahapan atau langkah awal hingga tahap akhir.

    Teks Eksposisi Gambaran
    Teks eksposisi gambaran merupakan sejenis teks yang berisi berita atau topik tertentu yang menampilkan gambaran secara singkat namun sangat jelas dan mudah dimengerti. Gambaran di dalam jenis teks ini harus mampu mewakili apa yang dimaksud atau yang hendak disampaikan.

    Teks Eksposisi Laporan
    Jenis teks eksposisi yang lain adalah teks eksposisi laporan yang merupakan salah satu jenis teks yang di dalamnya berisikan sebuah topik tertentu yang dibandingkan dengan topik lainnya. Akan tetapi, kedua topik yang dibandingkan tersebut masih memiliki hubungan atau keterkaitan satu sama lain.

    Teks Eksposisi Pertentangan
    Teks eksposisi pertentangan merupakan sebuah teks yang berisi topik tertentu yang dibuat bertentangan dengan topik lainnya. Akan tetapi, keduanya masih memiliki hubungan atau keterkaitan.

    Itu tadi adalah beberapa jenis teks eksposisi yang perlu dipahami. Dengan mengetahui beberapa jenis dari teks eksposisi, maka Anda tentu akan memahami bahwa jenis teks ini bukanlah suatu teks tunggal, namun terbagi menjadi beberapa bagian sebagaimana yang telah dijelaskan di atas.

    Struktur Teks Eksposisi
    Jika kebetulan Anda ingin membuat sebuah teks eksposisi, maka ada beberapa struktur yang perlu dipahami. Struktur yang dimaksud menjadi bagian yang amat penting di dalam teks eksposisi. Berikut adalah beberapa struktur teks eksposisi yang dimaksud.

    Tesis Atau Pernyataan Pendapat
    Tesis di sini menjadi bagian paling awal di dalam sebuah teks eksposisi. Adapun yang dimuat di dalam tesis ini adalah prediksi atau dugaan yang berasal dari penulis. Namun, dugaan yang dimaksud bukanlah suatu dugaan yang tanpa landasan. Prediksi atau dugaan di sini bisa diperkuat dengan beberapa data yang nyata atau valid.

    Sehingga, yang dimunculkan tidak sekedar argumentasi tanpa adanya landasan, namun benar-benar berdasarkan pada fakta yang ada. Secara umum, tesis terletak pada awal kalimat eksposisi. Namun, tidak menutup kemungkinan tesis diletakkan pada bagian akhir dari teks eksposisi.

    Argumentasi
    Struktur selanjutnya di dalam teks eksposisi adalah argumentasi. Argumentasi di sini berisi suatu kalimat pendukung dari tesis yang telah ditulis. Di samping itu, argumentasi juga bisa berisikan sanggahan atas tesis yang diberikan di awal teks eksposisi. Argumentasi yang baik secara umum akan berisi kedua hal tersebut, mungkin data yang menjadi pendukung atau sanggahan dari tesis yang ditulis oleh sang penulis.

    Penegasan Ulang
    Selanjutnya adalah penegasan ulang dimana di dalamnya akan berisi kalimat yang bisa memperkuat pandangan atas suatu fakta yang sudah dikemukakan pada bagian tesis dan juga argumentasi. Penegasan ulang ini menjadi simpulan dari topik yang diangkat di dalam tesus atau argumentasi.

    Demikianlah beberapa struktur yang harus diketahui ketika mempelajari yang namanya teks eksposisi. Jika Anda kebetulan akan membuat sebuah teks eksposisi, sebaiknya pastikan terlebih dahulu bahwa teks yang akan Anda buat sudah mencakup beberapa struktur di atas yang meliputi tesis, argumentasi dan juga penegasan ulang. Dengan adanya ketiga unsur tersebut, maka teks eksposisi yang Anda buat, layak disebut sebagai teks eksposisi.

    Contoh Teks Eksposisi
    Sesudah mengetahui beberapa hal mengenai teks eksposisi mulai dari pengertian, ciri, jenis dan strukturnya, maka ada yang tidak kalah penting untuk diulas, yaitu contoh dari teks eksposisi itu sendiri. Tujuan dari ditampilkannya beberapa contoh adalah untuk memudahkan Anda yang masih mengalami kebingungan tentang teks eksposisi.


    Maka dari itu, berikut ini akan diulas mengenai beberapa contoh dari teks eksposisi yang baik dan benar yang bisa dijadikan sebagai pembelajaran Anda.

    √1 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Tesis

    Jika Pemerintah tidak dengan cepat bertindak dalam sepuluh tahun mendatang, hutan Sumatra akan musnah. Hilangnya hutan di Sumatra juga akan diikuti oleh musnahnya hutan di Kalimantan. Pengelolaan hutan tidak hanya menunjukkan adanya tanda-tanda perbaikan dibandingkan tahun sebelumnya.

    Sebaliknya, kecenderungannya justru akan semakin memburuk. Kebakaran hutan akan terus terjadi dan penebangan liar juga semakin meningkat. Diperburuk lagi dengan adanya rencana pembukaan lahan hutan lindung bagi pertambangan. Keadaan tersebut sudah jelas akan menambah suram nasib hutan.

    Argumentasi

    Kondisi hutan Indonesia sungguh sudah sangat memprihatinkan. Dalam kurun waktu kurang lebih lima puluh tahun, hutan alam Indonesia akan mengalami penurunan luas sebesar 64 juta hektare. Pembukaan hutan alam di dataran rendah Sulawesi juga telah memusnahkan keanekaragaman hayati.

    Berjuta-juta spesies baik flora dan fauna telah musnah dengan percuma. Pembukaan lahan dengan cara membakar hutan justru akan menambah masalah kerusakan hutan. Munculnya El Nino memperburuk kondisi hutan.

    Di Pulau Sumatera berdasarkan titik kebakaran yang terjadi di hutan rawa gambut sebanyak 49%, alang-alang sebanyak 13%, hutan dataran rendah sebanyak 10%, permukiman/pertanian masyarakat sebanyak 10%, perkebunan sebanyak 8%, dan sisanya rawa (non gambut). Kebakaran hutan memberikan kerugian yang tidak sedikit. Tahun 1997 diperkirakan kerugiannya mencapai sebesar $3-$4,4 miliar atau yaitu sekitar Rp 2-4 triliun.

    Penegasan Ulang

    Rupanya kedua masalah tersebut belum cukup. Pemerintah juga menambah masalah lagi dengan rencana pembukaan kawasan hutan lindung yang digunakan untuk areal pertambangan. Kebijakan tersebut jelas akan semakin menyempurnakan derita hutan Indonesia.


    √2 CONTOH TEKS EKSPOSISI
    Pernyataan Pendapat (Tesis)

    Semua warga di indonesia akan tidak makan jika tak ada kesibukan dalam bidang pertanian. Namun, ironisnya, beberapa besar petani, terutama juga beberapa buruh tani, kesusahan untuk memenuhi keperluan ekonomi.

    Hal semacam ini seharusnya tidak dapat berlangsung, namun sebenarnya beda ; malah beberapa tengkulak serta pedagang justru yang memperoleh banyak keuntungan dari semua kesibukan para petani di pertanian.

    Rangkaian Argumentasi

    Salah satu diantara penyebabnya keterpurukan ekonomi yaitu beberapa buruh tani yaitu hadirnya para tengkulak yang lebih menguasai serta mempermainkan harga dari hasil tani. Hal semacam ini adalah semacam fenomena yang telah berlangsung mulai sejak jaman dahulu serta akan masih tetap berlanjut hingga saat ini, dimana seakan-akan nasib beberapa petani berhenti di satu titik.

    Penyebabnya ke-2 dari keterpurukan ekonomi para buruh tani yaitu minimnya perhatian pemerintah terhadap kesejahteraan petani. Andaikata pemerintah lebih intens lagi dalam memerhatikan kesejahteraan para petani, mungkin saja semangat serta skala hidup para petani juga akan makin bertambah hingga hal semacam ini akan menyebabkan perkembangan.

    Beda perihal dengan pertanian di negara-negara maju yang mana menjadi seorang petani adalah hal yang sangat mengagumkan serta tidak sembarang orang bisa mengerjakannya.

    Teks Ulasan
    Meski sebenarnya, walau perkembangan masyarakat makin cepat, ruang ataupun lahan pertanian di indonesia masih begitu luas serta ditambah lebih luas lagi bila dibanding dengan ruang pertanian di negara beda.

    Akan tetapi, produksi pertanian di indonesia masih tetap kalah dengan beberapa negara dengan lokasi lebih sempit misalnya seperti Thailand, India, China, Vietnam, atau bahkan mungkin juga negara-negara maju seperti di Amerika serta Australia.

    Mengapa hal tersebut dapat berlangsung? Sudah pasti salah satu diantara penyebabnya yaitu keterpurukan hidup para petani hingga inovasi kreatif untuk meningkatkan produksi pertanian terhalang. Yang ada para petani belum juga meningkatkan seluruh bentuk kesempatan pertanian yang ada karena sedang lebih repot untuk mengatasi cara bertahan hidup.

    Penegasan Ulang

    Jika Pemerintah Indonesia memprioritaskan pertanian menjadi basis ekonomi negara, jadi telah harusnya nasib beberapa petani juga akan menjadi lebih baik. Namun, sayangnya pemerintah lebih memprioritaskan industri dan juga bidang usaha beda yang malah bukanlah menjadi akar dari kekayaan tanah air Indonesia sampai negara ini senantiasa terdapat di tempat yang terombang-ambing karena tidak berdasar pada basis ekonomi yang seharusnya, yaitu pertanian.


    √3 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Tesis

    Ilmu alam adalah ilmu yang mempelajari tentang objek empiris di alam semesta. Mempelajari berbagai gejala dan peristiwa sesuai dengan objek telaahnya dan bermanfaat untuk kehidupan manusia. Karena objek telaahnya, sehingga ilmu alam bisa disebut sebagai pengetahuan empiris. Memiliki asumsi terkait objek telaahnya.

    Menganggap objek-objek tertentu mempunyai kemiripan satu dengan lainnya, objek yang dipelajari tak pernah mengalami perubahan baik dalam perspektif tempat dan waktu. Menganggap setiap gejala bukan bagian dari gejala kejadian yang mempunyai sifat kebetulan.

    Argumentasi

    Ilmu sosial adalah ilmu yang mempelajari tentang manusia dengan segala aspek kehidupannya, yaitu tingkah laku, ciri khasnya, dan hubungan dengan yang lain. Terjadi dalam lingkup perseorangan maupun secara bersama-sama baik jumlah kecil maupun jumlah besar.

    Objek ilmu sosial dengan objek ilmu alam tidaklah sama. Material objek dalam ilmu sosial adalah berupa tingkah laku dengan tindakan yang khas manusia, bebas, dan tidak deterministik.

    Beberapa karakter penelaahan objek ilmu sosial yaitu objek penelaahan yang kompleks, kesulitan dalam pengamatan karena sifat objek yang berubah-ubah, objek penelaahan ilmu sosial tidak terulang, hubungan antara peneliti dengan objek peneliti sosial sering kali sulit untuk diprediksi. Dalam menjelaskan ilmu sosial dibutuhkan penjelasan yang lebih rinci untuk mampu menerangkan suatu gejala.

    Penegasan Ulang

    Perbedaan antara ilmu alam dan ilmu sosial berada di bagian penggunaan prosedur ilmiah. Ilmu alam mempelajari hal yang objektif, tidak hidup dan dunia fisik, sehingga tidak mengalami perubahan jangka waktu tertentu.

    Sedangkan ilmu sosial adalah proses hasil akal manusia, subjektif dan emotif, yaitu adalah tingkah laku khas manusia. Namun dari keduanya mempunyai manfaat yang sama penting untuk kelangsungan hidup manusia.



    √4 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Tesis
    Pisang adalah tumbuhan yang biasa tumbuh di sekitar rumah. Pisang biasa diambil buahnya hanya untuk dimakan. Buah pisang sangat baik untuk kesehatan karena mengandung vitamin (A, B, B6, C) mineral ( kalium, fosfor, magnesium, kalsium dan besi) serta karbohidrat.

    Selain buah, seluruh bagian dari tanaman pisang dari daun, bonggol, jantung, hati, bahkan hingga kulit pisang mempunyai manfaat untuk kesehatan.

    Argumentasi
    Daun pisang dapat digunakan masyarakat sebagai alat membungkus makanan atau bahkan tempe. Hal tersebut tentu bukan tanpa alasan, selain juga bermanfaat untuk kesehatan. Daun pisang mempunyai zat polifenol yang dapat digunakan sebagai antioksidan.

    Antioksidan dapat berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Membungkus makanan menggunakan daun pisang juga akan membuat makanan tersebut terserap kandungan daun pisangnya.

    Masyarakat di pedesaan juga memanfaatkan jantung pisang yang sudah waktunya dipotong dari pohonnya untuk dimasak. Kebiasaan ini sudah turun menurun. Jantung pohon pisang mengandung flavonoid yang bisa menangkal radikal bebas dan pemicu kanker.

    Jantung pisang mengandung mineral, serat, zat besi, fosfor, vitamin B1 dan c serta protein. Hal ini juga memberikan beberapa manfaat untuk kesehatan seperti mencegah diabetes, stroke, gondok,anemia, dan dapat menurunkan kolesterol.

    Penegasan Ulang
    Pisang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan manusia. Baik dengan mengkonsumsi secara langsung, maupun dengan proses pengolahan terlebih dahulu.

    Seharusnya ketika memanen buah pisang, bagian pisang lainnya juga dimanfaatkan untuk dapat dikonsumsi. Dengan mengetahui beragam manfaat dan cara pengolahan buah ini, masyarakat bisa memanfaatkannya baik untuk pribadi atau menjadikan sebagai lahan usaha.



    √5 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Tesis :
    Sejak zaman dulu , nenek moyang kita sudah mengenal tanaman lidah buaya lengkap dengan segala manfaatnya. Manfaat tumbuhan bernama latin Aloe Vera ini tidak hanya digunakan sebagai penyubur rambut, namun juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

    Lidah buaya mempunyai ciri-ciri : daun berbentuk panjang, tebal, dan juga berwarna hijau. Daun lidah buaya mengandung serat bening sebagai daging.

    Argumentasi :
    Walaupun telah dikenal sejak dulu memiliki banyak manfaat, tetapi belum banyak orang yang mengetahui bahwa tanaman ini dapat menjadi komoditas yang menguntungkan.

    Para peneliti mengemukakan banyak manfaat dari tanaman ini. Di bawah ini akan dijelaskan lebih runtut mengenai manfaat tanaman ini.

    Bagian tertentu dari tanaman lidah buaya bisa menjadi obat yang baik untuk mempercepat proses penyembuhan. Lidah buaya sangat baik untuk mengobati bekas luka, luka bakar maupun luka karena cedera.

    Lidah buaya juga dikenal memiliki sifat anti-inflamasi. Dengan kata lain, tanaman ini memiliki kemampuan untuk memperlambat peradangan akibat adanya asam lemak. Mengoleskan gel lidah buaya bisa mencegah atau menghentikan peradangan yang diakibatkan oleh cedera, disfungsi sistem kekebalan tubuh, dan lain sebagainya.

    Meningkatkan pencernaan dan juga membantu detoksifikasi tubuh. Selain itu, lidah buaya adalah pencahar baik dan sangat membantu untuk urusan sembelit.

    Lidah buaya memiliki efek anti-bakteri dan juga anti-jamur, sifat ini membuat lidah buaya dapat dijadikan salah satu produk alami sehat, antioksidan yang kuat, serta menangkal radikal bebas dan juga melindungi tubuh.

    Gel atau jus dari tanaman lidah buaya tradisional dapat digunakan sebagai obat diabetes karena sifat yang bisa menurunkan kadar gula darah

    Penegasan Ulang :
    Sudah jelas, lidah buaya diketahui tidak hanya bermanfaat sebagai ramuan penyubur rambut, tanaman lidah buaya justru sebagai makanan alami yang sangat menyehatkan. Ternyata tanaman ini sangat lengkap menyediakannya kebutuhan tubuh kita.


    √6 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Tesis :
    Ekonomi rakyat adalah bagian “kegiatan ekonomi rakyat banyak”. Jika harus dihubungkan dengan kegiatan pertanian, maka kegiatan ekonomi rakyat adalah kegiatan ekonomi petani atau nelayan kecil atau peternak, petani gurem, petani tanpa tanah, nelayan tanpa perahu, dan lain sebagainya; dan bukan perkebunan maupun peternak besar atau pertanian, dan banyak hal lagi.

    Argumentasi :
    Perspektif lain dari nama ekonomi rakyat ini dapat dilihat juga dengan menggunakan perspektif jargon: “ekonomi untuk rakyat dari rakyat, dan oleh rakyat”, seperti bunyi demokrasi

    “Dari rakyat”, berarti kegiatan ekonomi berhubungan dengan penguasaan rakyat dan aksesibilitas atas rakyat untuk sumber daya ekonomi. Rakyat menguasai dan memiliki hak atas sumber daya untuk mendukung seluruh kegiatan produktif dan konsumtif.

    “Oleh rakyat”, berarti proses produksi serta konsumsi yang dikerjakan dan dilakukan oleh rakyat. Rakyat memiliki hak untuk pengelolaan proses produktif dan juga konsumtif itu. Berhubungan dengan sumber daya (produktif dan konsumtif)

    Rakyat memiliki alternatif untuk memilih dan memutuskan sistem pemanfaatan mana yang dipilih misalnya berapa banyak jumlah yang dimanfaatkan, bagaimana proses pemanfaatannya, siapa yang memanfaatkan, bagaimana menjaga kelestarian untuk proses pemanfaatan dan seluruh hal terkaitnya dilakukan oleh rakyat.

    Penegasan Ulang :
    Dalam hal ini perlu dikemukakan bahwa ekonomi rakyat berkaitan “dengan siapa saja”, dalam arti kegiatan transaksi bisa dilakukan juga dengan “non-ekonomi-rakyat”. Juga tidak adanya pembatasan mengenai terkait besaran, sifat usaha, jenis produk, permodalan, dan lain sebagainya.

    Ekonomi rakyat tidak eksklusif namun cukup inklusif dan terbuka. Walaupun demikian, sifat fundamental diatas telah menciptakan suatu sistem ekonomi yang terdiri atas pelaku ekonomi, mekanisme transaksi, norma dan juga kesepakatan (“rule of the game”) yang khas, yang umumnya memfasilitasi ekonomi rakyat untuk terus survive dan berkembang sejalan melalui perkembangan sosial ekonomi masyarakat.


    √7 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Tesis

    Pendidikan merupakan senjata yang paling ampuh, karena dengan pendidikan mampu mengubah dunia. Sebenarnya, apa arti itu pendidikan? Pendidikan adalah sebuah sarana dimana kita bisa mempelajari banyak hal yang sangat bermanfaat.

    Argumentasi

    Pendidikan yang saat ini ada di negara kita sendiri, Indonesia, tergolong lumayan baik. Pemerintah sudah mengeluarkan dana untuk berbagai kepentingan, misalnya merenovasi dan membangun gedung sekolah, menggratiskan beberapa untuk biaya pendidikan. Apa yang harusnya sekarang disadari oleh para pelajar yaitu adanya keinginan belajar dan berprestasi.

    Dengan tekad kuat untuk membangun semangat yang ada dalam diri pelajar, maka para pelajar harus segera menyadari bahwa pemerintah telah membantu mereka secara tak langsung dengan memudahkan proses penyelenggaraan pendidikan Indonesia. Pelajar harusnya memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara karena pendidikan yang ada sudah ditopang oleh pemerintah.

    Dengan begitu, derajat bangsa Indonesia akan lebih diakui dikancah internasional dunia. Selain itu, Indonesia juga tidak akan dianggap remeh, sehingga mampu meningkatkan perekonomian dalam negeri. Namun, pendidikan yang ada sering kali dicemari oleh ulah para oknum yang tidak bertanggung jawab, hal itu mencoreng dunia pendidikan Indonesia.

    Penegasan Ulang

    Maka dari itu tugas kita sekarang adalah tetap mempertahankan pendidikan yang ada. Membantu keseimbangan dalam sistem pendidikan dan juga terus memperbaiki kekeliruan terkait pendidikan yang terjadi di sekitar kita


    √8 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Tesis

    Hujan adalah salah satu bentukan proses presipitasi. Hujan juga merupakan salah satu bentukan dari proses siklus hidrologi.

    Argumentasi

    Proses terjadinya hujan mulai dari sinar matahari yang membawa energi panas sehingga terjadi proses evaporasi. Dalam proses evaporasi, air di bumi (laut, danau, sungai serta badan air lainnya) menguap karena peningkatan suhu dari matahari. Kemudian menghasilkan uap air. Uap-uap air akan terangkat ke udara melalui proses kondensasi.

    Setelah proses kondensasi, uap air berubah menjadi embun akibat oleh suhu di sekitar uap air lebih rendah dari titik embun air. Suhu udara semakin tinggi membuat titik dari embun semakin banyak lalu membentuk menjadi awan.

    Penegasan Ulang

    Begitulah proses pembentukan hujan dari awal hingga selanjutnya awan akan kembali menurunkan airnya ke bumi. Setelah tiba musim kemarau, air kembali menguap dan kembali menjadi awan.



    √9 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Tesis :
    Pendidikan adalah hal yang paling efektf dalam memperbarui dunia. Hal tersebut dikarenakan pendidikan dapat digunakan sebagai batu loncatan untuk mengetahui segala informasi serta ilmu yang ada.

    Argumentasi :
    Banyak sekali upaya yang dilakukan oleh pihak pemerintah contohnya Indonesia dalam melakukan pembangunan gedung sekolah bahkan sampai melakukan kegiatan bebas biaya sekolah atau sekolah gratis. Di Indonesia peningkatan upaya pendidikan memang tergolong lumayan baik. Selain itu hal paling utama ialah harus ada minat siswa untuk berprestasi dan belajar. Hal tersebut akan mempermudah pemerintah agar tingkat pendidikan pada siswa semakin meningkat. Sehingga para penerus bangsa dapat memberikan yang terbaik bagi Bangsa dan Negaranya.

    Penegasan Ulang :
    Jika peserta didik semakin aktif sert diimbangi dengan fasilitas yang baik dapat melakukan kerja sama maka akan meningkatkan martabat Indonesia dikalangan negara negra di dunia. Jika hal tersebut terjadi maka akan menarik perhatian investor asing untuk menanamkan modalnya dinegara ini sehingga tingkat ekonomi masyarakat dalam negeri semakin meningkat. Peningkatan pedidikan tersebut harus diimbangi dengan kompetensi maupun kualitas guru yang bagus.


    √10 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Tesis :
    Perkembangan ekonomi Indonesia tetap menunjukkkan hasil yang efektif walaupun keadaan ekonomi di dunia sedang mengalami krisis. Peningkatan ekonomi tersebut kurang lebih 6,4 % lebih baik dibandingkan tahun lalu. Hal tersebut dibuktikan bedasarkan catatan suku tahun. Perkembangan ekonomi Indonesia tercatat 57,5% untuk wilayah pulau Jawa. Hal tersebut membuat Pulau Jawa menjadi pusat perkembangan ekonomi. Jika dikumpulkan menjadi satu maka perkembangan semester 1 pada tahun 2016 lebih baik daripada semeter 1 tahun 2015 yang hanya berkembang sebanyak 6,3%.

    Argumentasi :
    Walaupun demikian perkembangan ekonomi Indonesia mengalami ketidaknormalan. Hal tersebut dikemukakan oleh peneliti ekonomi Indonesia for global justice yang bernama Salamuddin Daeng. Salamuddin Daeng berpandangan bahwa perkembangan ekonomi yang terjadi di Indonesia tidak diimbangi dengan perkembangan kesejahteraan rakyat. Adapula faktor lain yang membuat perkembangan ekonomi Indonesia mengalami ketidaknormalan.

    Faktor tersebut dapat dibagi menjadi empat yaitu perkembangan ekonomi dapat dipengaruhi oleh daya konsumsi rakyat yang berlebihan, semakin banyaknya hutang Indonesia yang bertujuan untuk mengembangkan perekonomian rakyat, sumber daya alam Indonesia semakin dikuasai oleh pihak asing karena banyaknya penanaman modal asing di negara Indonesia, maupun adanya ekspor bahan mentah keluar negri yang semakin meningkat jumlahnya.

    Selain Salamuddin Daeng adapula peneliti ekonomi dari Universitas Gajah Mada yang bernama A. Tony Prasetiantono yang berpendapat bahwa perkembangan ekonomi Indonesia ditopang oleh area dalam negeri. Namun akibat dari krisis global yang terjadi maka membut ekspor pada suku ke tiga maupun keempat tahun ini menurun serta terjadinya penurunan angka perdagangan di Indonesia. Menurutnya hanya sedikit jumlah angka donatur ekspor terhadap PDB.

    Penegasan Ulang :
    Dengan tingkat biaya yang lebih besar dengan tingkat aspirasi pemerintah yang cepat dapat mendukung perkembangan Indonesia sesuai pendapat dari A. Tony Prasetiantono. Hal tersebut dapat membuat indikator perubahan ekonomi menjadi kurang dari 5%. Jika tingkat inflasi menurun maka jumlah tunjangan akan semakin membesar.


    √11 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi Singkat Tentang Globasisasi
    Globalisasi ialah tindakan yang mendunia seolah tidak mengenal lagi batas geografis di antar negara.
    Keterbukaan dan adaptasi dalam segala bidang kegiatan menandakan bahwa globali sasi telah meningkat pesat dari tahun ke tahun, mulai dari sosial, budaya, politik,yang berlangsung secara meluas dengan sasaran yang tepat.

    Tidak dapat dipungkiri bahwa sebagai negara tentunya membutuhkan satu sama lain, namun tidak menutup kemungkinan pula untuk terjadi persaingan antar negara tersebut. Sumber daya alam, ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), hak asasi antara manusia dapat ditunjang dengan semakin berkembang pesatnya globalisasi. Sehingga masing-masing negara akan mendapatkan keuntungan dari negara lain seperti negara indonesia yang memasok daging sapi dari australia, maupun negara malaysia yang mengimport beras dari negara kita.

    Berdasarkan penuturan Anton ariska putra, "Globalisasi dapat membawa dampak positif pada berbagai bidang". Bidang-bidang tersebut diantaranya adalah :

    Bidang ekonomi, Dapat meningkatkan kualitas SDM karena akan membuka lapangan pekerjaan yang layak.

    Dalam bidang politik. Politik dengan asas demokrasi dimana setiap orang behak untuk memilih dan bersuar dapat ditegakkan.

    Dalam bidang sosial dan budaya. Semakin meningkatnya penggunaan teknologi oleh masyarakat dan juga masuknya budaya asing ke Indonesia.

    Dengan adanya globalisasi dapat menjadikan negara lebih maju yang nantinya akan meberikan dampak positif di berbagai sektor. Namun hal yang harus diingata dari globalisasi adalah kita harus memproteksi dri daari pengaruh negatif yang masuk.


    √12 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi Singkat Tentang Bunga Sepatu
    Bunga sepatu merupakan bunga indah yang berwarna merah keputih-putihan, tidak berbau, dan memiliki daya tarik yang kuat karena kecantikannya. Seperti bunga lainnya, bunga sepatu memiliki cairan nektar, oleh sebab itu banyak kupu-kupu akan menghinggapi bunga sepatu. Kupu-kupu memiliki hubungan yang erat dengan bunga sepatu, Kupu-kupu menghisap nektar untuk memenuhi makanannya, sedangkan dengan kupu-kupu menghisap nektar akan memberikan keuntungan pada bunga karena kupu-kupu membantu proses penyerbukan bunga. Proses yang saling menguntungkan ini disebut sibiosis mutualisme dimana setiap pihak saling diuntungkan.

    Dengan begitu kupu-kupu dapat bertahan hidup dengan menghisap nektar bunga dan bunga sendiri dapat berkembang biak dengan cara penyerbukan yang dibantu oleh kupu-kupu. Maka dari itu kita harus melestarikan hewan dan tumbuhan disekitar kita.


    √13 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi Singkat Tentang Pendidikan Remaja
    Sebelum beranjak ke masa dewasa tentunya anak-anak harus melewati masa remaja terlebih dahulu. Sedangkan usia remaja adalah usia dimana kita berumur kisaran 11 tahun sampai dengan 20 tahun. Pada masa inilah remaja akan mencari jati diri mereka. Pada masa ini remaja bisa dikatakan berada dala fase rawan karena pengaruh baik maupun buruk dapat masuk dengan mudah. oleh karena itu fase inilah yang nantinya akan menentukan sifat remaja setelah dewasa.

    Tidak hanya berkembang dari segi fisik namun remaja juga akan mengalami perkembangan psikis yang mengakibatkan mereka dapat bergejolak emosinya. Karena itulah remaja harus mampu mengendalikan diri di lingkungan baik di rumah maupun di sekolah, serta di lingkungan masyarakat. Pada masa ini peran orang tua sangat diperlukan agar remaja nantinya tidak terjerumus ke hal-hal negatif.

    Sudah terbukti bahwa dengan pendidikan karakter disekolah dapat membantu para remaja untuk menuju hal yang positif. Pendidikan karakter mengajarkan para remaja untuk hidup dengan berpegang teguh pada agama dan norma-norma yang berlaku.

    Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendidikan karakter sangat penting bagi remaja untuk membantu mereka menuju hal yang positif. Dengan remaja yang positif tentunya akan memicu perubahan yang positif pula pada negara karena remaja adalah pewaris negara ini. Jika memiliki remaja yang berkualitas maka negara juga akan berkualitas juga.


    √14 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi Singkat Tentang Proses
    Memelihara Kebersihan Lingkungan Rumah

    Tesis :
    Untuk menciptakan kenyamanan pada lingkungan sekitar serta memberi contoh untuk lingkungan sekolah maka anda harus memelihara kebersihan lingkungan rumah terlebih dahulu. Setiap desa telah menerapkan sistem kebersihan lingkungan rumah. Untuk menarik minat warga maka pihak kelurahan desa sering mengadakan perlombaan kebersihan lingkungan antar desa. Terdapat beberapa cara memelihara kebersihan lingkungan rumah yaitu dengan membuat tempat sampah disekitar rumah, membersihkan area sekitar rumah, membuang sampah pada tempatnya dan masih banyak lagi.

    Argumentasi :
    Setiap hari diadakan pemeliharaan lingkungan rumah oleh setiap warga. Namun untuk pemeliharaan sekitar lingkungan selalu diadakan kegiatan bersih bersih bersama setiap seminggu sekali. Pemeliharaan tersebut meliputi menyapu halaman rumah, membersihkan selokan sekitar rumah dan lain lain. Selain hal tersebut setiap minggu para warga diajak untuk melakukan kegiatan pemeliharan lingkungan oleh kepala desa. Dengan adanya kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan maka dapat berdampak baik terhadap lingkungan yang bersih, semakin baiknya hubungan antar warga, serta meningkatkan kerja sama agar tetap terjalin.

    Penegasan Ulang :
    Kebersihan lingkungan rumah dapat menjadi contoh untuk pemeliharaan kebersihan sekolah mupun kebersihan lingkungan sekitar. Kebersihan lingkungan rumah akan menyehatkan serta menjaga kebersihan seluruh keluarga yang terdapat dalam rumah tesebut. Memelihara kebersihan ialah segala usaha manusia untuk menjaga kesehatan tubuh secara berkelanjutan karena kebersihan berbeda dengan kemewahan.

    Penggunaan blog /webblog
    Blog atau webblog merupakan laman yang terdapat di dunia maya yang menggunakan platform blog gratis, umumnya pengguna blog tau webblog akan memilih blogspot dan wordpress sebagai platformnya. Untuk dapat membuat blog, terlebih dahulu anda harus memiliki email aktif, gmail adalah salah satu layanan email milik google yang dapat kita gunakan.

    Setelah selesai membuat akun gmail, maka kita harus membuat akun google plus sebagai syarat mendaftar blogspot. setelah syarat tersebut terpenuhi anda dapat membuat blog dengan mengklik create blog. Didalam blog anda dapat membuat artikel sama seperti artikel ini. mengklasifikasikanny menjadi beberapa label dan mulai submit ke google.

    Disamping membuat artikel anda juga dapat memodifikasi template mengubahnya sesuai dengan keinginan anda. Ini termasuk dalam kategori kreatifitas. Jika anda melakukan browsing anda dapat mencari dan menemukan artikel tentang contoh teks eksposisi dan lain sebagainya.


    √15 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi Singkat Tentang Perbandingan
    Jika dibandingkan, orang yang gemar bersepeda adalah mereka yang umumnya tinggal di daerah pedesaan, orang desa biasanya memang sangat menghargai kelestarian alam dan lingkungan. Sebaliknya orang perkotaan biasanya lebih memilih menggunakan mobil untuk menunjang aktifitasnya. meskipun hanya berjarak beberapa meter dari rumah mereka akan menggunakan kendaraan bermotor untuk sampai tujuan. Pada dasarnya kita akan lebih sehat jika berjalan kaki, disamping menyehatkan badan, dengan berjalan kaki kita dapat mencegah pencemaran udara dan lingkungan.


    √16 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi Singkat Klasifikasi
    Bahasa inggris merupakan bahasa internasional yang banyak dipakai di berbagai negara. dalam bahasa inggris terdapat 4 skill utama yang mendasari seseorang dikatakan mampu berbahasa inggris dengan baik atau tidak. skill tersebut adalah: Writing, Speaking, Listening, Reading.

    Berdsarkan penuturan ahli bahasa (Dr.Rudy Setiyanto) Klasifikasi pentingnya keempat skill tersebut adalah seimbang. umumnya skill writing akan berhubungan dengan skill reading karena sebelum menulis kita akan melewati fase membaca terlebih dahulu. Dan skill speaking akan berhubungan dengan skill listening karena sebelum membaca kita harus mengenal mendengarkan.

    Dalam penggunaan bahasa inggris baik disekolah maupun lingkungan pekerjaan keempat skill tersebut sama pentingnya. Maka dari itu kita selalu dituntut untuk mempelajari skill skill bahasa inggris ini sewaktu kita masih di bangku sekolah.

    Pada dasarnya contoh teks eksposisi singkat beserta strukturnya dapat dengan mudah kita temukan di internet mengingat pertumbuhan teknologi sekarang in. Selain itu kita juga dapat menemukan kumpulan contoh teks eksposisi ini tanpa sadar ketika tengah membaca majalah maupun koran. Sekian tentang artikel 6 Contoh Teks Eksposisi Beserta Strukturnya yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Perlu diingat bahwa penggunaan teks eksposisi harus disesuaikan dengan konteks pembicaraan dan topiknya. Terimakasih.


    √1 7CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi tentang Kesehatan

    Berikut ini adalah contoh teks eksposisi tentang kesehatan, yaitu Tidur Secara Teratur Dapat Memelihara Kesehatan Tubuh dan Otak.

    Tubuh dan otak manusia merupakan organ utama yang sangat rentan terkena virus. Ketahanan organ lain manusia bergantung pada kondisi fisik tubuh dan fikiran. Ketika tubuh manusia sudah tidak mampu mentolerir virus dari luar maka, organ vital lainnya yang berada didalam tubuh juga akan terserang virus. Itulah mengapa kesehatan tubuh sangat penting dilakukan. Begitu juga ketika fikiran manusia terganggu atau kelelahan maka organ yang lain juga akan terganggu.

    Salah satu cara menjaga kesehatan tubuh dan memelihara fungsi otak yang paling lazim dan praktis adalah membiarkan kedua organ utama tubuh kita beristirahat sesuai dengan anjuran kesehatan. Tubuh manusia jika diibaratkan dengan benda, sama halnya dengan barang elektronik lainnya yang apabila terus-terusan digunakan akan menyebabkan kerusakan. Seseorang yang berfikir terlalu sering juga akan menjadi beban fikiran yang berimplikasi terhadap kesehatan.

    Tidur merupakan salah satu bentuk kegiatan yang dapat mengistirahatkan tubuh dan otak manusia. Manusia dianjurkan tidur minimal 6 jam perharinya untuk tetap menjaga fungsi organ tubuh dan otak. Terbukti ketika seseorang mengalami kekurangan tidur maka tubuhnya akan terasa sakit dan kepala yang terasa aagak berat. Hal tersebut dirasakan karena tubuh dan otak tidak menerima istirahat yang cukup.

    Ketika kita tertidur, organ dan otak akan memperbaiki dirinya sendiri dan mengembalikan stamina dan energi yang terkuras selama kita terbangun. Orang yang memiliki kebiasan tidur larut malam bahkan begadang semalaman rentan terkena penyakit berbahaya. Penelitian membuktikan bahwa orang yang memiliki kebiasan tersebut rentan terkena diabetes meskipun kadar gula yang mereka mengkonsumsi tiap harinya rendah.Ketika tidur pada malam hari, tubuh manusia memproduksi insulin yang berfungsi sebagai penyeimbang kadar gula dalam darah.

    Meskipun tidur dianggap hal yang sepele namun kegiatan tersebut sangatlah penting untuk menjaga kesehatan harian manusia terutama orang-orang yang bekerja baik fisik dan otak pada siang harinya.


    √18 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi PerbandinganAntara Desa dan Kota.

    Desa merupakan wilayah pemukiman yang bisa dikatakan kurang populer sebagai tempat tinggal masyarakat. Desa dipandang sebagai tempat yang sangat keterbelakangan. Hampir tidak ada fasilitas dan teknologi memadai yang yang dapat diakses masyarakat untuk memudahkan kegiatan. Keterbelakangan teknologi tersebut menjadikan masyarakat yang hidup di pedesaan terkesan kuno dan primitive.

    Berbeda dengan daerah perkotaan. Semua fasilitas dan teknologi tersedia dan mudah diakses. Kegiatan manusia serba instant karena didukung oleh teknologi yang memadai. Itu sebabnya banyak orang desa bermigrasi ke kota untuk menemukan kehidupan yang lebih baik. Selain itu perputaran uang dan ekonomi juga terjadi sebagian besar di perkotaan. Kendati demikian banyak pulamasyarakat kota yang jenuh dengan kota metropolitan.


    √19 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi Singkat tentang Pendidikan

    Selama ini ada yang salah dengan sistem pendidikan kita. Waktu belajar dan mata pelajaran yang diatur sedemikian rupa sangat tidak efektif bagi pelajar Indonesia. Pelajar sering merasa bosan karena terlalu lama disekolah. 6 jam setiap harinya hanya membaca buku dan mengerjakan tugas. Padahal waktu efektif belajar yang dianjurkan maksimal 1 jam.

    Seorang ilmuan menyimpulkan bahwa manusia kini merupakan produk sekolah yang hanya mempersiapkan mereka menjadi buruh. Aturan belajar dari jam 7 pagi sampai jam 1 siang sama halnya dengan aturan buruh. Padahal rata-rata otak manusia hanya fokus menerima materi pada 20 menit pertama ketika pelajaran dimulai.

    Jika diperhatikan, negara-negara berkembang didunia menerapkan waktu belajar yang lama bagi siswanya dengan alasan supaya pelajaran yang didapat lebih banyak. Berbeda dnegan negara maju yang hanya menerapkan 3-4 jam belajar. Namun jika kita analisis lebih dalam, sekolah negara berkembang selama ini hanya menghasilkan masyarakat yang dipersiapkan untuk bekerja secara fisik saja. Intelektual siswanya terbatasi karena harus mengikuti alur pelajaran yang diberikan tanpa dibiarkan mengembangkan intelektual mereka sendiri.

    Untuk mempebaiki sistem pendidikan yang selama ini melekat pada wajah pendidikan di Indonesia memang sangat sulit karena persepsi yang menyatakan belajar lebih lama akan lebih mencerdaskan justru sudah menjadi buah fikiran utama masyarakat Indonesia. Kendati demikian masih ada waktu untuk memperbaii semua ini.


    √ 20 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi Ilustrasi

    Pernahkah kalian merasa gugup ketika berbicara atau tampil didepan orang banyak? Biasanya hal tersebut dinamakan demam panggung. Demam panggung terjadi karena kita tidak terbiasa tampil di publik dan selalu merasa bahwa apa yang akan kita sampaikan salah kemudian akan ditertawakan orang banyak. Ketakutan teresebut justru muncul karena rasa kurang percaya diri terus kita pelihara.

    Efek yang ditimbulkan demam panggung yaitu badan seacara spontan lemas ketika akan melakukan pertunjukan atau berbicara di depan umum. Suasana hati yang berbedar dan wajah pucat karena takut salah. Demam panggung juga akan mengurangi konsentrasi kita padahal sebelumnya kita sudah mempersiapkan dengan matang dibelakang panggung.

    Cara yang paling baik untuk mencegah hal tersebut terjadi adalah dengan membiarkan tubuh serileks mungkin sebelum memulai pertunjukan. Tarik nafas yang panjang akan melancarkan oksigen masuk ke otak dan menyebabkan otak bekerja dengan baik sehingga konsetrasi terjaga. Tarik nafas juga dapat meregangkang otot-otot yang tadinya kaku ketika merasa takut.


    √ 21 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi Definisi

    Istilah maskulin sering kita dengar untuk menggambarkan sifat lelaki. Maskulin didefinisikan sebagai atribut, perilaku, sifat, karakter yang identik dengan lelaki. Namun perlu dibedakan maskulin dengan kelamin. Jika maskulin hanya sifat dan karakter, kelain merupakan kondisi biologis yang menjadi fitrah atau kodrat seorang manusia.

    Meskipun sifat maskulin identik dengan lelaki, namun tidak menutup kemungkinan seorang wanita memiliki sifat maskulin dan sebaliknya lelaki memiliki sifat feminis. Karena konstruksi sosial yang mengharuskan lelaki bersifat maskulin dan seorang wanita bersifat feminim, maka ketika ada lelaki yang bersifat feminis dan sebaliknya akan dirasa janggal dalam lingkungan sosial masyarakat.

    Padahal karakter feminis dan maskulin terbentuk berdasarkan naluri manusia. Tidak semua wanita harus menyukai dan bersifat feminim dan tidak semua lelaki harus menyukai dan bersikap maskulin. Kendati demikian struktur sosial yang masih mendiskriminasi gender ini masih saja diterapkan di masyarakat.

    √ 22 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi tentang Lingkungan

    Masyarakat perkotaan identik dengan hunian serba minimalis yang terkesan sempit. Hal tersebut dikarenakan kepadatan penduduk kota dan lahan yang tersedia sangat terbatas. Mahalnya harga tanah di perkotaan juga menyebabkan masyarkat tingkat menengah perkotaan membangun rumah denga luas seadanya. Padahal masyarakat yang nitabenenya beraktifitas di ruangan yang sempit rentan terkena penyakit mata.

    Mata manusia membutuhkan area pandangan yang cukup luas untuk melatih otot-otot mata. Orang yang biasa beraktifitas dilingkungan yang sempit hanya dapat melihat benda-benda dengan jarak rekatif dekat dengan mata. Ketika hal tersebut terus-terusan terjadi, otot mata menjadi tidak elastis lagi karea dibiasakan melihat yang dekta-dekat saja. Otot mata yang kaku inilah penyebab seseorang menderita miopi atau rabun jauh.

    Jika diperhatikan, tingkat penggunaan kacamata pada masyarakat yang tinggal di lingkungan pedesaan berbeda sangat drastis dengan masyarakat yang tinggal di lingkungan perkotaan. Bahkan anak-anak yang tinggal di padatnya perkotaan memiliki penyakit miopi dini yang sudah akut.

    Untuk itu, perlunya kesadaran masyarakat perkotaan untuk sekali-kali melatih oto-otot mata dengan bersantai di pedesaan atau taman yang luas. Apalagi ketika miopi sudah menyerang anak-anak dibawah umur yang dirasa apabila hal tersebut terus terjadi maka tidak menutup kemungkinan kedepannya masyarakat kita akan melahirkan generasi mata rabun.


    √ 23 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi Identifikasi

    Ada banyak jenis ayam yang dapat dikonsumsi dan tersebar di dunia ini. Ayam merupakan salah satu dari jenis makanan yang paling banyak dikonsumsi masyarakat dunia. Hampir semuanya memiliki ciri yang sama namun hanya dibedakan oleh struktur dagng dan rasanya saja. Salah satu Ayam yang paling populer dikonsumsi masyarakat adalah ayam pedaging.

    Ayam jenis ini sudah banyak dibudidayakan di Indonesia. Perawatannya yang murah serta mudah jika dibandingkan memelihara ayam kampung menjadikan ayam pedaging sebagai bahan makanan hewani yang diburu masyarakat. Selain dagingnya yang lebih tebal dan empuk dibandingkan ayam kampung, ayam pedaging dipatok dengan harga 3 kali lebih murah daripada ayam kampung. Akan tetapi mengkonsumsi ayam pedaging berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan manusia.

    Meskipun ayam jenis ini berpotensi mengganggu kesehatan manusia, tetap saja ayam pedaging dijadikan alternatif pemenuhan gizi harian berupa hewani yang paling diminati seluruh kalangan masyarakat. Namun apabila dikonsumsi dengan batas sewajarnya dan disertai dengan mengkonsumsi sayuran sebagai penyeimbang, dirasa tidak ada masalah jika mengkonsumsi ayam pedaging sebagai alternatif gizi hewani.


    √ 24 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi LaporanPenelitian Perkembangan Siswa SMK.

    Perkembangan pemikiran rasonal murid SMK memang cukup menarik perhatian. Pasalnya mereka sudah mulai memikirkan akan bekerja apa selepas lulus sekolah nanti. Dari berbagai macam jenis jurusan yang disediakan SMK, mereka bebas memilih masuk jurusan sesuai dengan minat mereka. Jumlah sekolah berbasis kejuruan kian menambah setiap tahunnya dengan jurusan yang lebih beragam pula.

    Rata-rata murid kelas 12 SMK yang akan lulus sekolah berumur 18-20 tahun. Usia tersebut dirasa sudah wajar jika langsung terjun ke dunia kerja. Apalagi sekarang SMK membuka berbagai kejuruan yang lebih lengkap dari sebelumnya. Beragam jenis profesi dihasilkan dari lulusan SMK dikarenakan lulusan SMK mampu membaca dan memanfaatkan peluang yang ada dimasyarakat.

    Itulah alasan mengapa tiap tahunnya peminat SMK semakin bertambah. Tidak hanya itu, biaya bulanan SMK jika dibanding SMA relatif lebih rendah. Ilmu yang didapat dari SMK pun langsung bisa diterapkan di masyarakat tanpa harus melalui fase kuliah seperti lulusan SMA


    √ 25 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi tentang Ekonomi

    Kita sudah mengetahui bahwa ideologi yang dianut China merupakan ideologi komunis yang sudah berlangsung sangat lama bahkan masih eksis sampai sekarang. Ditengah-tengah pengaruh liberalisasi, China masih saja berdiri kokoh bahkan semakin menojolkan diri bersama ideologinya. Yang menjadi perhatian yang sanagt menarik untuk dikaji yaitu ekonomi China yang kini menjadi motor penggerak ekonomi baru Asia.

    Sistem pemerintahan China boleh saja Komunis, akan tetapi tidak dengan sistem ekonominya. China menganut sistem ekonomi Capitalism without democracy. Itulah mengapa China disebut sebagai One state two sistem. China kini terus menggenjot perekonomian dibidang manufaktur dan industri. Laju ekonomi China mencapai rata-rata 10% pertahunnya. Angka yang sangat fantastis jika dibandingkan negara yang memang pada awalnya menganut sistem liberal-kapitalis seperti Amerika serikat.

    Padahal kita tahu bahwa ekonomi sosialis negara komunis sangat dikontrol oleh negara dan tidak memilki kebebasan dalam mengakses pasar internasional. Kondisis China yang menerapkan satu negara, dua sistem ini menjadi perdebatan dunia. Pasalnya China dengan kerasnya tidak ingin meningggalkan politik komunisnya meskipun banyak paksaan dari negara lain untuk meninggalkan komunisme dan beralih pada sistem yang dipercaya lebih baik yaitu demokrasi.

    Sumber daya masyarakat China yang melimpah mampu membawa China pada perekonomian yang sagat diperhitungkan dimata Internasional. Hampir 50% produksi barang mentah maupun jadi dunia dihasilkan dari China. Tentu saja hal tersebut menimbulkan ketegangan negara tetangga terlebih lagi bagi negara yang merasa tersaingi dengan reformasi ekonomi China.


    √ 26 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Tesis:
    Sudah tidak asing lagi, ketika di sekitar kita membuang sampah sembarangan. Bahkan dari kalangan muda sampai tua. Jika berada pada lingkungan terbuka, biasanya sampah masih tertinggal di tempat yang telah dikerumuni atau di tempat yang telah ditempati sebuah acara atau kegiatan sebelumnya. Padahal sudah terlihat jelas pada akhir-akhir ini, musim hujan dan sering terjadi banjir.

    Argumen:
    Beberapa orang menyimpulkan jika belum merasakan efeknya maka orang-orang tidak akan melakukan hal yakni membuang sampah pada tempatnya. Maka dari itu perlu adanya penyuluhan dampak bahaya membuang sampah sembarangan.

    Penegasan ulang:
    Sebaiknya jika orang-orang sudah merasakan efek sampingnya yakni mengakibatkan banjir, maka adanya kesadaran untuk tidak membuang sampajh sembarangan terutama di sungai, saluran air yang dapat menyumbat jalannya air.


    √ 27 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Pada dasarnya pendidikan merupakan hak bagi setiap Warga Negara Indonesia. Sebab pendidikan berperan penting dalam memajukan sebuah peradaban bangsa (Tesis). Saat ini Indonesia sedang menerapkan sistem pendidikan dengan kurikulum 2013 (K13). Perkembangan pendidikan di Indonesia juga terbilang cukup pesat.

    Melalui penerapan kurikulum tersebut, pemerintah berharap adanya sebuah transformasi yang lebih dari masyarakat Indonesia. Sebab kurikulum menekankan pada aspek Afektif, Kognitif, dan juga Psikomotorik. Meskipun kurikulum 2013 ini juga belum dapat dipahami secara luas oleh setiap instansi pendidikan yang ada. Sehingga ada beberapa sekolah yang belum menerapkan K13 ini secara optimal (Argumentasi).

    Dengan demikian dapat dipahami bahwa saat ini Indonesia sedang menjalani sistem pendidikan dengan Kurikulum 2013. Perlu adanya sosialisasi lebih bak lagi, supaya K13 mampu diaplikasikan secara merata (Penegasan Kembali). Demikianlah contoh teks eksposisi yang dapat Anda pelajari.


    √ 28 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Pendidikan dalam kehidupan ini sangatlah penting karena untuk memajukan sebuah peradaban bangsa. Pendiidkan juga merupakan hak bagi setiap warga Indonesia. Saat ini sisitem pendiikan dalam Indonesia sednag menjadlani kurikuum 2013. Diman kurikulum 2013 ini memuat pendidikan karakter serta melibatkan aspek afektif, kognitif dan psikomotorik.

    Namun dari ada sekolah yang sudah menjalankan kurikulum 2013, ada jug abyang belum menjalankannya secara optimal. Karena banyaknya masyarakat ynag belum benar-benar memahami pelaksanaan kurikulum 2013.

    Maka dari paparan diatas, bahwa tidak semua sekolah merasakan kurikulum 2013, entah itu karena faislitas yang belum memadai, dan belum siap untuk menjalani kurikulum 2013. Maka dari itu, perluanya sosialisasi mengenai kurikulum 2103 akan terlaksana denganbaik sesuai dengan tujuan pemerintah dan dapat diaplikasikan secara merata.


    √ 29 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi Tentang Kesehatan

    Siri Merah merupakan salah satu jenis tanaman yang sering dijadikan obat tradisional oleh masyarakat. Tanaman ini juga dapat dibudidayakan oleh masyarakat, guna sebagai persediaan tanaman obat-obatan (Tesis).

    Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa tanaman sering dijadikan obat Diabetes, Maag, Kanker, dan juga obat untuk mengatas ketombe. Selain itu ada pula yang memanfaatkan tanaman ini sebagai obat menyembuhkan keputihan pada area kewanitaan. Masyarakat menggunakan Sirih Merah dengan cara mengambil daunnya, kemudian diolah melalui perebusan. Kemampuan Sirih Merah ini sebagai tanaman obat, dikarenakan senyawa aktif yang ada di dalamnya. Seperti Polivenol, Minyak Atsiri, Euganol, dan sebagainya (Argumentasi).

    Dengan demikian dapat dipahami bahwa Sirih Merah mampu digunakan untuk menyembuhkan beberapa penyakit secara tradisional (Penegasan Kembali).


    √ 30 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Mata adlah salah satu indra penglihatan yang sant penting bagi kita, untuk berinteraksi dengan siaaun dan dimanapun keberadaan kita. Maka mata Anda yang sekarang dalam kondisi normal, jagalah. Karena kebanyakan ada orang yang buta dan minus, buta bisa karena kecelakaan atau memang dari lahir, namun jika minus pasti melalui proses dimana mata dari normal tiba-tiba menjadi rabun.

    Hal tersebut banyak faktor-faktor yang menjdikannya seperti itu, yakni memebaca terlalu dekat, membaca buku dengan posisi tidur, melihat televisi berjarak kurang dari 3 meter dari televisi. Hal ini yang memicu mata menjadi rabun.

    Hal ini terbukti dari pendapa-pendapat orang bahwa minus karena memebaca yang terlalu dekat serta faktor keturunan. Namun menurut penulis jika faktor keturunan tidak ada hubungannya, maka dari itu penulis meyaikini bahwa minus timbul karena kebiasaan.

    Mata sangatlah menjadi hal penting, dengan mata kita daat berinteraksi. Maka dari itu jaga mata baik-baik dengan menghidari hal-hal yang akan mengakibatkan mata menjadi minus.


    √ 31 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Pernyataan Pendapat (Tesis)
    Lingkungan yang bersih adalah satu diantara prasyarat untuk mendukung kehidupan yang sehat, baik sehat dengan rohani ataupun jasmani. Kebersihan lingkungan harusnya adalah hal yang serius serta mesti diaplikasikan dengan benar-benar, tetapi sayangnya banyak yang belum juga punya kebiasaan untuk hidup bersih serta sehat dengan melindungi kebersihan lingkungan hingga pencemaran lingkungan masih tetap berlangsung di mana-mana.

    Argumentasi
    Paling tidak ada empat type pencemaran lingkungan yang begitu mengganggu kenyamanan, yaitu pencemaran tanah, pencemaran air, pencemaran udara, serta pencemaran nada.

    Pencemaran Tanah
    Pencemaran tanah biasanya berlangsung karna banyak yang buang sampah serta limbah asal-asalan.

    Akan tetapi, ada hal-hal lain yang mengakibatkan terjadinya pencemaran tanah, yaitu pemakaian pupuk kimia dengan terus-terusan yang beresiko pada ketidakstabilan susunan tanah. Imbasnya, tanah tidak cuma juga akan jadi tandus serta gersang, tetapi juga riskan erosi dan longsor.

    Disamping itu, pada masalah pembuangan sampah yg tidak harusnya juga akan buat lingkungan jadi kotor serta tidak enak untuk diliat. Bukan sekedar itu, sampah yang menumpuk atau berantakan dimana-mana akan mengundang beragam type binatang pembawa penyakit misalnya tikus, kecoa serta lalat.

    Satu diantara type sampah yang begitu beresiko untuk tanah yaitu sampah plastik karna plastik begitu susah terurai serta dapat tersimpan sepanjang bertahun-tahun di tanah berbentuk utuh, walau sebenarnya dalam sehari di semua dunia lebih dari 1 ton plastik selesai jadi sampah.

    Harusnya sampah plastik ini tidak dibuang demikian saja, tetapi dibuat kembali supaya jadi product daur ulang atau jadi sumber daya alternatif. Walau sampah plastik ini dibuang ditempat sampah pada tiap-tiap tempat tinggal, tetapi sampah-sampah plastik ini selanjutnya juga akan menumpuk ditempat pembuangan sampah.

    Telah dapat di pastikan tanah yang jadikan tempat pembuangan sampah sesaat atau akhir juga akan jadi tanah dengan kwalitas yang jelek. Dalam kurun saat yang lama, jumlah sampah ini akan tidak menyusut tetapi malah juga akan makin bertambah hingga diperlukan lahan pembuangan sampah yang lebih luas sekali lagi. Hal semacam ini sudah pasti mengerikan karna sampah plastik ini nanti juga akan jadi ancaman untuk kehidupan di masa depan.

    Pencemaran Air
    Seperti pencemaran tanah, pencemaran air disebabkan dari kebiasaa jelek manusia buang sampah asal-asalan ; sungai adalah satu diantara ruang untuk buang sampah. Sampah-sampah yang dibuang di sungai beberapa besar juga akan terbawa arus serta juga akan menumpuk di hulu sungai atau ruang penyaringan serta bendungan, sesaat beberapa yang lain juga akan mengendap di basic sungai atau terdampar di pingir sungai.

    Type sampah yang begitu beresiko untuk sungai yaitu sampah plastik serta limbah dari pabrik-pabrik yang mengalirkan limbahnya ke sungai. Diluar itu ada juga yang namanya limbah kimia yang dibuat oleh pabrik spesifik.

    Apabila limbah kimia ini tidak dibuat terlebih dulu sampai netral, jadi bila limbah ini dibuang di sungai atau di sumur limbah, bahan kimia itu juga akan mencemari air di selama sungai atau daerah dekat sumur-sumur limbah itu.

    Di kota besar yang padat masyarakat seperti Jakarta umpamanya, tumpukan sampah di sungai adalah ancaman serius yang senantiasa menyebabkan problem setiap saat musim hujan datang.

    Sampah yang menumpuk di sungai juga akan menyumbat aliran sungai serta mengakibatkan air meluap sampai ke pemukiman serta menggenang dalam kurun saat spesifik. Di daerah beda di Jawa Barat umpamanya, beberapa waktu terakhir di gemparkan dengan terjadinya sekian kali banjir bandang di banyak wilayah yang mengakibatkan beberapa rusaknya serius. Pastinya banjir ini dikarenakan oleh sampah yang menyumbat aliran sungai.

    Pencemaran Udara
    Pencemaran udara paling banyak dikarenakan oleh asap kendaraan bermotor serta asap industri pabrik. Sekarang ini jumlah kendaraan bermotor makin bertambah serta terus-terusan bertambah bersamaan dengan perkembangan jumlah masyarakat. Pasti jumlah polusi dari sisa pembakaran di mesin juga akan bertambah di udara.

    Pencemaran udara ini saat ini sudah jadi ancaman global yang mengakibatkan penambahan suhu bumi atau pemanasan global. Pastinya pemanasan global ini juga akan meneror semua kehidupan makhluk hidup di bumi karna pemanasan global tidak cuma juga akan mencairkan semua susunan es di kutub utara serta kutub selatan tetapi akan mengakibatkan terjadinya perubahan iklim.

    Perubahan iklim ini pasti akan begitu punya pengaruh di beberapa bagian terlebih di bagian pertanian serta peternakan. Diluar itu, pencemaran udara ini telah terang juga akan mengganggu kesehatan.

    Tentunya radikal bebas yang mencemari udara juga akan turut terhirup masuk dalam badan. Pada batas spesifik, tumpukan radikal bebas didalam badan ini juga akan menyebabkan penyakit serius misalnya kanker.

    Pencemaran Suara
    Pencemaran nada walau dapat disebut jadi pencemaran kelompok enteng tetapi begitu mengganggu ketenangan. Pencemaran nada adalah timbulnya beragam nada bising dari beragam sumber seperti nada mesin, klakson, serta beda sebagainya yang hasilkan nada bising serta tidak menentramkan.

    Pernyataan Ulang Pendapat

    Bertambahnya jumlah masyarakat mempunyai konsekwensi menambahnya jumlah pencemaran lingkungan apabila hal semacam ini tidak jadi kesadaran kita bersama. Lingkungan adalah masa depan dengan yang sama perlunya dengan kebutuhan pribadi. Lingkungan yang rusak kronis juga akan mengakibatkan sulitnya bertahan hidup, demikian sebaliknya, lingkungan bersih memudahkan kehidupan manusia.


    √ 32 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi Tentang Lingkungan

    Lingkungan bersih yaknni lingkungan yang selalu dibersihkan disetiap harinya. Lingungan yag bersih akan menjadikan kita sehat dan memiliki fikiran yang sealu positif serta tenang. Namun sedangkan jika kotor, maka akan mempengaruhi aktivitas kita seperti mudah marah, jenuh, berantakan, dan lainnya.

    Pendapat orang lain mengenai ini setuju, karena memnag benar jika bersih akan menyalurkan aura positif begitupun sebaliknya.

    Lingkungan bersih akan membuat kita seht dan lingkungan kotor, akan menjadikan kita sakit-sakitan seperti banyaknya tumpukan baju kotor, selama seminggu akhirnya banyak nyamuk an nyamuk menggiit kita menjadi sakit demam berddarah. Maka jagaah kebersihan, karena keberihan sebagian dari iman.


    √ 33 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi Banjir dan Penyebabnya

    Sudah tidak asing lagi, ketika di sekitar kita membuang sampah sembarangan. Bahkan dari kalangan muda sampai tua. Jika berada pada lingkungan terbuka, biasanya sampah masih tertinggal di tempat yang telah dikerumuni atau di tempat yang telah ditempati sebuah acara atau kegiatan sebelumnya. Padahal sudah terlihat jelas pada akhir-akhir ini, musim hujan dan sering terjadi banjir.

    Beberapa orang menyimpulkan jika belum merasakan efeknya maka orang-orang tidak akan melakukan hal yakni membuang sampah pada tempatnya. Maka dari itu perlu adanya penyuluhan dampak bahaya membuang sampah sembarangan.

    Sebaiknya jika orang-orang sudah merasakan efek sampingnya yakni mengakibatkan banjir, maka adanya kesadaran untuk tidak membuang sampajh sembarangan terutama di sungai, saluran air yang dapat menyumbat jalannya air.


    √ 34 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi Tentang Hukum Di Indonesia

    Tesis :
    Semestinya hukum di Indonesia seperti yang telah diputuskan pada Undang-undang sudah dengan tegas mengambil keputusan hukuman untuk tiap-tiap aktor tindak kriminil. Walau demikian, kenyataannya seringkali seringkali terealisasikan ketidakadilan hukum yang dapat merugikan banyak pihak. Hukum bisa saja mungkin tegas, namun beralih sekejab jadi tumpul ketika dikerjakan pada beberapa koruptor, tersebut yang berlangsung waktu saat ini.

    Argumentasi :
    Tidak termasuk juga rahasia umum sekali lagi saat beberapa koruptor di Indonesia memperoleh vonis hukuman yang levelnya termasuk tidak berat, serta nyatanya ada juga koruptor yang terima beragam tunjangan sarana mewah walau telah dinilai mengakibatkan kerugian pada negara.

    seringkali kita melihat berita mengenai seseorang pencopet, maling serta penjambret dikeroyok massa hingga wafat. namun, belum juga sempat kita merasakan berita beberapa koruptor di Indonesia dihajar masa sampai betul-betul tewas.

    Penegasan Ulang :
    Dapat disebutkan kalau hukum di Indonesia jadi tegas saat ditempatkan rakyat kecil. umpamanya problem masalah yang terlebih dulu dihadapi Nenek Asyani. Kasusnya walau sebenarnya sebatas dikarenakan dituduh mengambil kayu, pada akhirnya ia jadi terdakwa dengan masa hukuman dalam kurun 5 th. penjara. Selalu jelas betul-betul ironi serta tidak bijak, ditambah sekali lagi disamakan dengan hukuman yang juga akan diperoleh oleh beberapa koruptor.


    √ 35 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi Tentang Ekonomi

    Pernyataan Pendapat (Tesis)
    Semua orang-orang indonesia akan tidak makan bila tak ada kesibukan pertanian. Tetapi ironisnya, beberapa besar petani, terutama beberapa buruh tani, kesusahan dalam penuhi keperluan ekonomi.

    Hal semacam ini semestinya tidak bisa berlangsung, tetapi sebenarnya beda ; malah beberapa tengkulak serta pedagang yang memperoleh banyak keuntungan dari semua kesibukan pertanian.

    Argumentasi
    Satu diantara penyebabnya keterpurukan ekonomi beberapa buruh tani yaitu hadirnya beberapa tengkulak yang lebih menguasai serta mempermainkan harga hasil tani. Hal semacam ini yaitu fenomena yang sudah berlangsung mulai sejak jaman dulu serta masih tetap berlanjut sampai sekarang ini hingga seakan-akan nasib beberapa petani berhenti di satu titik.

    Penyebabnya ke-2 dari keterpurukan ekonomi beberapa buruh tani yaitu minimnya perhatian pemerintah pada kesejahteraan petani. Andaikata pemerintah lebih intens dalam memerhatikan kesejahteraan beberapa petani, mungkin saja semangat serta skala hidup petani juga akan makin bertambah hingga hal semacam ini juga akan menyebabkan perkembangan perkembangan di bagian pertanian dalam soal ekonomi, inovasi, serta beda sebagainya.

    Tidak cuma itu, jadi petani mungkin saja adalah alternatif kerja yang mulai dilirik karna jadi petani dapat hidup makmur. Sayangnya hal itu belum juga terwujud serta oleh karna hidup petani masih tetap jauh dari makmur, jadi banyak generasi muda yang tidak menginginkan mempunyai harapan jadi petani ; jadi petani dipandang jadi kerja yg tidak bergengsi.

    Beda perihal dengan pertanian di negara-negara maju yang mana jadi petani adalah hal yang mengagumkan serta tidak sembarang orang dapat mengerjakannya. Walau sebenarnya, walau perkembangan masyarakat makin cepat, ruang atau lahan pertanian di indonesia masih tetap begitu luas serta tambah lebih luas bila dibanding dengan ruang pertanian di negara beda.

    Akan tetapi, produksi pertanian di indonesia bisa masih tetap kalah dengan negara-negara dengan lokasi lebih sempit misalnya Thailand, India, China, Vietnam, atau bahkan juga negara-negara maju di Amerika serta Australia.

    Mengapa hal itu dapat berlangsung? Sudah pasti satu diantara penyebabnya yaitu keterpurukan hidup beberapa petani hingga inovasi kreatif untuk tingkatkan produksi pertanian terhalang. Yang ada beberapa petani belum juga meningkatkan semua bentuk kesempatan pertanian yang ada karna lebih repot untuk bertahan hidup.

    Penegasan Ulang

    Kalau Pemerintah Indonesia memprioritaskan pertanian jadi basis ekonomi negara, jadi telah harusnya nasib beberapa petani juga akan lebih baik. Tetapi sayangnya pemerintah lebih memprioritaskan industri serta bidang usaha beda yang malah bukanlah akar dari kekayaan tanah air Indonesia hingga negara ini senantiasa ada di tempat terombang-ambing karna tidak berdasar pada basis ekonomi yang harusnya, yaitu pertanian.


    √ 36 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi Tentang Narkoba

    Zaman semakin modern, apapun yang kita inginkan dapat kita akses secara mudah, dengan mengandalkan sebuah alatelektronik yang terhubung dengan data internet. Apalagi kita dapat berhubungan dengan orang jarak jauh. Seperti halnya narkoba, maka akan dengan mudah merek ayang menginginkan narkoban terakses dengan cepat.

    Ada yang mmeneritahukan bahwa terdapat anak sekolah dasar yang sudah mengonsumsi narkoba. Betapa miris sekali generesi muda Bangsa ini, seharusnya anak jangan diberikan fasilitas yang dapat mmeudahkannya mengakses sesuatu hal seperti narkoba. Kita tiadk akan selamanya selalu mengawasi anak kita, namun setidaknya jika belum cukup umur maka sebaiknya jangandiberikan fasiitas seperti handphone, gadget, dan laptop. Hal tersebut akan mebuat anak malas bergerak.

    Narkoba sudah tidak asing terdengar di telinga kita, bahakan di penjara saja kebanyakann kasus narkoba, baik kalangan muda sampai tua. Hal ini perlu adanya penyuluhan terkait bahayanya narkoba, hal ini sangat membahayakan jika tersebarluas termasuk usia-usai muda yang memilki rasa ingin coba-coba. Serta perlunya tindak lanjut hukum yang keras dan ketegasana, agar masyarakat menjadi jera.


    √ 37 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Pentingnya Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah

    Pernyataan Pendapat (Tesis)
    Salah saktu faktor penting terciptanya kenyamanan dalam proses belajar mengajar di sekolah yaitu kebersihan. Kebersihan selain memberikan kenyamanan dalam proses belajar mengajar juga diperlukan agar kesehatan siswa-siswi terjaga. Dengan lingkungan sekolah yang bersih maka suasana belajar mengajar akan lebih asik.

    Tetapi tidak sedikit siswa yang kurang sadar dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah, terutama pada bagian laci meja di dalam ruang kelas. Bukannya berfungsi sebagai tempat meletakkan barang-barang peralatan sekolah, laci malah dijadikan sebagai tempat sampah. Padahal tidak seharusnya siswa membuang sampah sembarangan.

    Argumentasi
    Rasa dan kurangnya kesadaran menjadi penyebab utama siswa tidak menjaga kebersihan sekolah. Padahal di setiap lokasi titik lingkungan sekolah telah disediakan tempat untuk membuang sampah. Itulah penyakit siswa-siswi sekolah saat ini.

    Akibat hal tersebut, lingkungan sekolah menjadi tidak terawat, kotor, bau, tidak sehat, bahkan menjadi sarang serangga. Laci meja kelas yang seharusnya bersih malah menjadi sarang nyamuk. Alhasil secara otomatis maka akan timbul rasa tidak nyaman dalam proses belajar mengajar yang membuat siswa-siswi tidak fokus.

    Hal lain yang menyebabkan terjadinya hal ini karena siswa berpikir bahwa kebersihan sekolah adalah tanggung jawab penjaga atau perawat sekolah, sehingga mereka dengan semena-mena bisa membuang sampah sembarangan. Padahal kebersihan sekolah adalah tanggung jawab semua warga sekolah.

    Penegasan Ulang Pendapat (Reiteration)
    Sehingga menjaga kebersihan lingkungan sekolah penting sekali dilaksanakan. Dilaksanakan dengan berbagai cara seperti membersihkan kelas dan lingkungan sekolah, kerja bakti membersihkan sekolah pada hari jum’at secara rutin, melakukan reboisasi, dan sebagainya.

    Tentunya jika kebersihan sekolah terjaga maka kenyamanan akan datang dengan sendiri, proses belajar mengajar jadi lebih fokus dan nilai para siswa-siswi akan semakin bagus. Hal ini juga bisa melatih tanggungjawab siswa dan siswi.


    √ 38 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    SMK Favorit di Salatiga

    Pernyataan Pendapat (Tesis)
    Sekolah favorit di Salatiga dengan Akreditasi A yaitu SMK Negeri 2 Salatiga. Sekolah ini ditunjuk pemerintah sebagai sekolah dengan taraf internasional dan termasuk dalam kategori Industri dan Teknologi.

    Argumentasi
    Dibuktikan dengan jumlah pendaftar setiap tahunnya yang melebihi kuota yang ditetapkan. Tahun-tahun terakhir jumlah pendaftar mencapai ribuan orang, padahal hanya disediakan kuota 600 orang. Dengan begitu maka banyak siswa yang belum berhasil masuk ke sekolah ini.

    Contoh teks eksposisi lainnya: Contoh Teks Eksposisi Pendidikan dan Strukturnya
    Sekolah ini menerapkan 5 hari sekolah dan menerapkan budaya industri. Penerapan budaya industri bertujuan untuk membiasakan para siswa dengan aturan yang ada di tempat mereka kelak akan bekerja.

    Diantara contoh budaya industri yaitu adanya kegiatan kunjungan industri, jalur hijau di lingkungan sekolah, dan sebagainya. Atas dasar penggunaan budaya tersebut dan penggunaan kurikulum 2013, peraturan yang diterapkan sekolah ini juga berbeda, yaitu dengan sistem kredit poin.

    Berbagai prestasi tela diperoleh sekolah ini baik di tingkat kota, kabupaten, maupun nasional. Diantara perlombaan yang dimenangkan yaitu lomba Joinery (medali emas), dan lomba Body Repair (medali perunggu) dan berbagai prestasi lain yang membuat sekolah ini menjadi SMK favorit di Salatiga.

    Penegasan Ulang Pendapat (Reiteration)
    Hal-hal diatas membuat SMK N 2 Salatiga menjadi sekolah yang digemari para siswa, sekolah ini menawarkan lulusan yang siap bekerja di bidangnya serta dikenal di Kota Salatiga. Bahkan terdapat siswa yang mendapat kesempatan untuk bekerja di Jepang.


    √ 39 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi Tentang Lingkungan

    Pernyataan Pendapat (Isi/Tesis)
    Lingkungan yang bersih adalah merupakan salah satu diantara prasyarat untuk mendukung kehidupan yang sehat, baik sehat dengan secara rohani ataupun jasmani.

    Kebersihan lingkungan harusnya adalah hal yang penting dan serius serta mesti diaplikasikan dengan benar-benar, namun sayangnya banyak yang masih belum juga punya kebiasaan untuk hidup bersih serta sehat dengan melindungi kebersihan lingkungan hingga pencemaran lingkungan masih tetap berlangsung di mana-mana.

    Argumentasi
    Paling tidak terdapat empat type pencemaran lingkungan yang begitu sangat mengganggu kenyamanan, yaitu pencemaran tanah, pencemaran air, pencemaran udara, serta pencemaran nada.

    Pencemaran Tanah
    Pencemaran tanah pada umumnya berlangsung karena banyak yang buang sampah serta limbah asal-asalan.

    Namun, terdapat beberapa hal lain yang mengakibatkan terjadinya pencemaran tanah, yaitu penggunaan pupuk kimia dengan terus-terusan yang sangat berisiko pada ketidakstabilan susunan tanah. Akibatnya, tanah tidak cuma juga akan jadi tandus serta gersang, tetapi juga riskan erosi dan longsor.

    Selain itu, pada masalah pembuangan sampah yang tidak harusnya juga akan menyebabkan lingkungan jadi kotor serta tidak enak untuk dipandang. Bukan hanya sekedar itu, sampah yang bertumpuk, menggunung atau berantakan dimana-mana akan mengundang beragam type binatang pembawa penyakit seperti contoh tikus, kecoak serta lalat.

    Salah satu diantara type sampah yang begitu berisiko untuk tanah yaitu sampah plastik. Hal ini karena plastik begitu susah untuk terurai serta dapat tersimpan sepanjang tahun di tanah masih dengan bentuk utuh, kendati demikian sebenarnya dalam sehari di hampir seluruh penjuru dunia lebih dari 1 ton plastik selesai jadi sampah.

    Harusnya sampah plastik tersebut tidaklah dibuang demikian saja, namun perlunya dibuat kembali sampah sebagai produk daur ulang maupun menjadikannya sumber daya alternatif lain. Meskipun sampah plastik ini sudah dibuang ke tempat sampah sebagaimana mestinya, akan tetapi sampah-sampah plastik ini selanjutnya juga akan menumpuk di tempat pembuangan sampah.

    Maka dari itu dapat di pastikan tanah yang jadikan tempat pembuangan sampah sesaat atau akhirnya juga akan jadi tanah dengan kwalitas yang jelek. Dalam kurun waktu yang sangat lama, jumlah sampah plastik tidak akan menyusut akan tetapi malah juga akan menyebabkan makin bertambah hingga diperlukannya lahan pembuangan sampah yang lebih luas sekali lagi.

    Hal tersebut pun sudah pasti menjadi hal yang mengerikan karena sampah plastik ini nanti juga akan jadi ancaman untuk kehidupan di masa depan.


    Pencemaran Air
    Seperti hal nya pencemaran tanah, pencemaran air disebabkan dari kebiasaan buruk manusia pada umumnya yang membuang sampah secara asal-asalan. Sungai adalah salah satu diantara ruang untuk buang sampah.

    Sampah-sampah yang dibuang di sungai, sebagian besar nya juga akan terbawa arus serta juga akan menumpuk di hulu sungai atau ruang penyaringan maupun bendungan, sedangkan beberapa yang lainnya juga akan mengendap di dasar sungai maupun terdampar di pinggir sungai menjadi tumpukan besar.

    Jenis sampah yang begitu sangat berisiko untuk sungai adalah sampah plastik serta limbah dari pabrik-pabrik yang mengalirkan limbahnya ke area sungai. Diluar itu ada pula yang namanya limbah kimia yang berasal dari pabrik-pabrik berbasis tekstil maupun plastik yang lebih berbahaya di sepanjang aliran sungai.

    Jika limbah kimia ini tidak diolah sedemikian netral terlebih dulu sebelum dibuang dan dengan limbah ini langsung dibuang begitu saja di sungai atau di sumur limbah, bahan kimia yang terkandung dalam limbah itu juga akan mencemari air di sepanjang sungai atau daerah dekat sumur-sumur limbah itu.

    Di kota-kota besar metropolitan yang padat masyarakat seperti Jakarta umpamanya, tumpukan sampah di sungai adalah ancaman serius yang senantiasa menyebabkan masalah setiap saat terutama ketika musim hujan datang.

    Sampah yang menumpuk di sepanjang sungai juga akan menyumbat aliran sungai serta mengakibatkan air meluap sampai ke pemukiman serta menggenang dalam kurun waktu tertentu. Di lain daerah yang berbeda seperti di Jawa Barat umpamanya, beberapa waktu terakhir ini digemparkan dengan terjadinya banjir bandang di berbagai wilayah nya yang mengakibatkan kerusakan yang cukup serius. Banjir tersebut sudah dipastikan dikarenakan oleh sampah yang menyumbat aliran sungai.

    Pencemaran Udara
    Pencemaran udara merupakan polusi yang paling banyak dikarenakan oleh asap kendaraan bermotor serta asap industri pabrik. Saat ini jumlah kendaraan bermotor makin bertambah serta terus-terusan bertambah bersamaan dengan perkembangan jumlah masyarakat. Dan sudah dapat dipastikan jumlah polusi dari sisa pembakaran di mesin pun juga akan bertambah di udara.

    Pencemaran udara sudah jadi ancaman global yang mengakibatkan penambahan suhu bumi atau pemanasan global. Pemanasan global ini juga akan meneror semua kehidupan makhluk hidup di bumi karena pemanasan global tidak hanya akan mencairkan semua susunan es di kutub utara ataupun selatan. tetapi juga mengakibatkan terjadinya perubahan iklim.

    Perubahan iklim punya pengaruh di beberapa bagian kehidupan masyarakat terlebih di bagian pertanian serta peternakan. Di samping itu, pencemaran udara telah pasti juga akan mengganggu kesehatan manusia.

    Jelas bahayanya radikal bebas yang mencemari udara juga akan turut terhirup masuk dalam tubuh manusia. Pada batas tertentu, tumpukan radikal bebas di dalam tubuh juga akan menyebabkan penyakit serius seperti kanker.


    Pencemaran Suara
    Pencemaran nada meskipun dapat disebut sebagai jenis polusi atau pencemaran ringan namun hal ini juga dapat mengganggu ketenangan. Polusi suara adalah timbulnya beragam suara bising dari beragam sumber seperti nada mesin, klakson, serta sebagainya yang menghasilkan kebisingan dan menyakiti indera pendengaran kita.

    Pernyataan Ulang Pendapat
    Semakin bertambahnya jumlah masyarakat mempunyai konsekuensi meningkatnya jumlah pencemaran lingkungan apabila hal semacam ini tidak menjadi kesadaran kita bersama. Lingkungan merupakan masa depan dengan yang sama pentingnya dengan kebutuhan pribadi manusia. Lingkungan yang rusak akan mengakibatkan sulitnya manusia untuk bertahan hidup, demikian sebaliknya, dengan lingkungan bersih akan memudahkan kehidupan manusia.


    √ 40 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi Tentang Hukum Di Indonesia

    Tesis
    Sudah semestinya hukum di Indonesia seperti yang telah diputuskan pada Undang-undang untuk dengan tegas mengambil keputusan hukuman untuk tiap-tiap aktor tindak kriminal. Kendati demikian, pada prakteknya seringkali seringkali terealisasikan ketidakadilan hukum yang dapat merugikan banyak pihak. Hukum mungkin bisa saja tegas, akan tetapi beralih sekejab menjadi begitu tumpul ketika diterapkan pada beberapa koruptor, hal tersebut pun berlangsung pada saat ini.

    Argumentasi
    Sudah merupakan rahasia umum ketika beberapa pelaku koruptor di Indonesia malah memperoleh vonis hukuman yang kategorinya termasuk tidak berat, kenyataannya ada juga koruptor malah menerima beragam tunjangan sarana mewah meskipun telah divonis mengakibatkan kerugian pada negara.

    Seringkali kita menonton berita mengenai seorang pencopet, maling serta penjambret yang dikeroyok massa hingga wafat. Akan tetapi, belum juga kita sempat merasakan berita beberapa koruptor di Indonesia dihajar masa sampai betul-betul tewas sama halnya mereka maling.

    Penegasan Ulang
    Dapat disimpulkan bahwa jika hukum di Indonesia jadi tajam dan tegas saat ditempatkan pada rakyat kecil. Contohnya yang paling jelas adalah masalah yang dihadapi Nenek Asyani. Kasusnya sebenarnya sebatas dikarenakan perihal tuduhan mengambil kayu, pada akhirnya Beliau didakwa dengan masa hukuman dalam kurun waktu 5 tahun penjara. Jelas sangat ironis serta tidak bijak sama sekali, ditambah hal ini sama dengan hukuman yang akan diperoleh oleh para koruptor.


    √ 41 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi Tentang Ekonomi

    Pernyataan Pendapat (Tesis)
    Semua orang di Indonesia tidak dapat memenuhi kebutuhan makanya bila tidak ada kesibukan pertanian. Ironisnya, beberapa besar petani dan terutama beberapa buruh tani, sekarang ini mengalami kesusahan untuk memenuhi keperluan ekonominya.

    Hal tersebut semestinya tidak terjadi pada buruh, tetapi pada kenyataannya malah beberapa tengkulak serta pedagang lah yang memperoleh banyak keuntungan dari semua jerih payah para buruh tani.

    Argumentasi
    Salah satu diantara penyebabnya keterpurukan ekonomi buruh tani yaitu hadirnya beberapa tengkulak yang lebih menguasai serta mempermainkan harga hasil tani. Hal tersebut merupakan fenomena yang sudah berlangsung mulai sejak jaman dulu serta masih tetap berlanjut hingga saat ini bahkan seakan-akan nasib petani berhenti di satu titik saja.

    Penyebab kedua dari keterpurukan ekonomi buruh tani yaitu minimnya perhatian pemerintah pada kesejahteraan petani. Jika saja pemerintah lebih intens dalam memerhatikan kesejahteraan beberapa petani, mungkin semangat serta skala hidup petani juga akan makin bertambah hingga hal tersebut juga akan menyebabkan perkembangan perkembangan di bagian pertanian dalam soal ekonomi, inovasi, serta yang lainnya.

    Tidak hanya sampai itu, mungkin petani adalah alternatif kerja yang mulai dilirik karena jaminan menjadi seorang petani dapat hidup makmur. Namun hal itu belum juga terwujud karena nyatanya hidup petani masih tetap jauh dari makmur, sehingga banyak generasi muda yang tidak menginginkan mempunyai pekerjaan sebagai petani.

    Berbeda dengan pertanian di negara-negara maju kebanyakan yang mana petani merupakan hal yang mengagumkan serta tidak sembarang orang dapat mengerjakannya. Meskipun perkembangan masyarakat makin cepat, ruang atau lahan pertanian di indonesia masih tetap begitu luas serta tambah lebih luas bila, dibanding dengan ruang pertanian di negara lainnya.

    Produksi pertanian di indonesia bisa malah masih tetap kalah dengan negara-negara dengan lokasi lebih sempit misalnya Thailand, India, China, Vietnam, atau bahkan juga negara-negara maju di Amerika dan Australia.

    Mengapa demikian? Karena sudah pasti satu diantara penyebabnya merupakan keterpurukan hidup para petani hingga inovasi kreatif untuk tingkatkan produksi pertanian pun terhalang. Sehingga petani pun belum juga meningkatkan semua bentuk kesempatan pertanian yang ada karena lebih repot untuk bertahan hidup.

    Penegasan Ulang
    Jika saja Pemerintah Indonesia memprioritaskan pertanian menjadi basis ekonomi negara, seharusnya nasib para petani juga akan menjadi lebih baik. Namun kenyataannya pemerintah lebih memprioritaskan industri serta bidang usaha lainnya yang malah bukan merupakan akar dari kekayaan tanah air Indonesia hingga menyebabkan negara ini senantiasa ada di tempat tidak pasti karena tidak berdasarkan pada basis ekonomi yang harusnya, yaitu bidang pertanian.


    √ 42 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia

    Tesis:
    Di waktu keadaan perekonomian global yang dilandai krisis, pencapaian tingkat pertumbuhan ekonomi Indonesia menorehkan hasil yang baik.

    Padahal ekonomi Indonesia tumbuh kurang lebih 6,4 persen Apabila dibandingkan, pada triwulan ke-2 tahun ini dengan periode yang sama tahun lalu.

    Peningkatan ini masih tetap terfokus di Pulau Jawa dengan penambahan sekitar 57,5%. Seandainya diakumulasikan dan dibandingkan dengan semester I tahun 2011 yang tumbuh sekitar 6,3% pertumbuhan ekonomi Indonesia semester I tahun 2012 menjadi lebih baik.

    Argumentasi:
    Meskipun begitu, pertumbuhan ekonomi Indonesia dianggap berada pada anomali atau bias. Hal tersebut dikatakan oleh pengamat ekonomi Indonesia for Global Justice, Salamuddin Daeng,. Ia berkata bahwa tingkat pertumbuhan ekonomi ini tidak diimbangi dengan pertambahan tingkat kesejahteraan masyarakat.

    Tak cukup sekedar itu, Daeng juga menunjukkan, setidak-tidaknya terdapat 4 faktor yang menyebabkan ekonomi Indonesia terjadinya bias.

    Pertama,nilai utang asing terus meningkat nilai pada perekonomian Indonesia yang lebih banyak ditengarai.

    “Akumulasi utang Indonesia lebih dari Rp. 2.865 triliun dan setiap tahunnya Utang asing pemerintah terus meningkat. Utang tersebut termasuk dari bagian sumber penghasilan utama pemerintah dan menjadi penyokong meningkatnya pertumbuhan ekonomi Indonesia,” Kata Daeng.

    Kedua, faktor pendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia termasuk juga ikutnya peningkatan konsumsi masyarakat. Adapun sumber peningkatan Konsumsi masyarakat adalah berasal dari kenaikan harga sandang pangan, dan juga didorong oleh pertumbuhan kredit khususnya kredit konsumsi.

    Ketiga, ekonomi Indonesia pertumbuhannya didukung oleh ekspor bahan mentah, misalnya hasil bahan tambang perkebunan, hutan dan migas, oleh karenanya sangat minim menghasilkan nilai tambah dan penyediaan lowongan pekerjaan.

    Faktor terakhir, pertumbuhan ekonomi Indonesia didukung oleh penanaman modal asing yang membuat sumber daya alam Indonesia semakin dipegang oleh pihak asing.

    Di lain sisi, Pengamat Ekonomi dari Universitas Gadjah Mada A Tony Prasetiantono, menjelaskan sektor domestik berperan dalam mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia.

    Berdasarkan pendapatnya, pada tahun ini terlebih pada kuartal ke-3 dan ke-4efek krisis global melalui defisit neraca perdagangan dan menurunnya ekspor baru akan terlihat. Ia beranggapan keterlibatan ekspor terhadap PDB tidaklah terlalu tinggi.

    Sejalan dengan hal tersebut, ekonom Mirza Adityaswara menilai bahwasanya tumbuhnya sejumlah sektor ekonomi dalam negeri disebabkan ditopang oleh suku bunga rendah. Hal tersebut terlihat dari bertambahnya tingkat kredit yang sampai 26-28% dalam waktu yang sama didorong oleh harga BBM yang rendah karena sampai sekarang terus pemerintah yang mensubsidi.

    Pada waktu yang sama juga Mirza mengatakan, sektor yang mengutamakan dalam negeri merasakan tinggi pertumbuhan, seperti manufaktur, otomotif, perdagangan, komunikasi transportasi.

    Efek peningkatan tingkat pertumbuhan sektor yang orientasinya dalam negeri mempunyai kecondongan semakin besarnya jumlah defisit neraca perdagangan.

    Baca Juga Sejarah Perang Dingin lengkap Beserta Foto dan Penjelasannya, Beda Sama Yang Lain Pokoknya

    Penegasan Ulang:
    Berdasarkan pendapat A Tony Prasetiantono, lebih besar dan cepatnya pengeluaran pemerintah juga sangat menopang peningkatan. Sejalan dengan hal tersebut, tingkat inflasi yang ada di bawah 5 % dirasa bisa menolong, meskipun pada akhirnya tetap terdapat dampaknya, yaitu terus membengkaknya nilai subsidi energi sebenarnya tak sehat.


    √ 43 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Masa Depan Ekonomi Indonesia Tahun 2030

    Tesis:
    Indonesia menjadi buah bibir pada waktu pelaksanaan Sidang Tahunan International Monetery Fund (IMF) atau World Bank (WB) 2012, Tokyo, 9-14 Oktober 2012 kemaren. Newsletter resmi yang dibagikan IMF pada seluruh peserta sidang mengambil satu topik khusus berkaitan dengan Indonesia. Media itu mengangkat hasil riset dari McKinsey dan Standart Chartered yang berpendapat bahwa ekonomi negara Indonesia akan melampaui Jerman dan Inggris pada tahun 2030.

    Argumentasi:
    Keyakinan itu pastinya beralasan. Indonesia diprediksikan mempunyai sekitar 90 juta jiwa yang berada di kelompok comsumming class. Angka itu ialah angka terbesar di dunia setelah China dan India. Indonesia sampai sekarang ini sedang berada pada laju transformasi yang pesat ke arah tersebut. Saat ini, ekonomi Indonesia berada pada posisi 16 dunia dengan pendapatan domestik nasional sebesar 846 Miliar dollar AS tahun 2011. Angka itu akan terus tumbuh hingg mencapai 1,8 triliun dollar AS mulai tahun 2017.

    Penegasan ulang:
    Berbagai perkembangan dari sidang akbar IMF di Tokyo pekan lalu mengingatkan kita tentang besarnya potensi Indonesia dan sempitnya momentum yang baik dilalui begitu saja karena kita begitu asyik dengan urusan lain, para investor tersebut tidak akan menjadi kenyataan. Tentunya pilihan pada di tangan kita semua sekarang ini.


    √ 44 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Fakta Hukum di Indonesia

    Tesis:
    Seharusnya hukum di Indonesia seperti yang sudah ditetapkan pada Undang-undang telah dengan tegas menetapkan hukuman bagi setiap pelaku tindak kriminal.

    Meskipun begitu, realitanya acapkali sering terealisasikan ketidakadilan hukum yang bisa merugikan banyak pihak. Hukum mungkin dapat saja tegas, tetapi berubah sekejab menjadi tumpul pada saat dilaksanakan pada para koruptor, itulah yang terjadi saat sekarang ini.

    Argumentasi:
    Tidak termasuk rahasia umum lagi ketika para koruptor di Indonesia mendapatkan vonis hukuman yang levelnya tergolong tidak berat, dan ternyata juga ada koruptor yang menerima berbagai tunjangan fasilitas mewah meskipun sudah dinilai menyebabkan kerugian pada negara.

    kerapkali kita menyaksikan berita tentang seorang pencopet, maling dan penjambret dikeroyok massa sampai meninggal. tetapi, belum pernah kita mendapati berita para koruptor di Indonesia dihajar masa hingga benar-benar tewas.

    Penegasan Ulang:
    Bisa dikatakan bahwa hukum di Indonesia menjadi tegas ketika dihadapkan rakyat kecil. misalnya masalah kasus yang sebelumnya dialami Nenek Asyani.

    Kasusnya padahal sekedar disebabkan dituduh mencuri kayu, akhirnya ia menjadi terdakwa dengan masa hukuman dalam kurun 5 tahun penjara. Terus terang benar-benar ironi dan tidak bijak, ditambah lagi disamakan dengan hukuman yang akan didapatkan oleh para koruptor.


    √ 45 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Perubahan Kurikulum Pendidikan di Indonesia

    Tesis:
    Sekarang ini sistem pendidikan Indonesia mendapatkan pergantian yang sangat terasa. pergantian tersebut berkaitan dengan kurikulum yang dipakai dalam dunia pendidikan Indonesia.

    Yang tentu saja, kurikulum 2006 yang sudah cukup berumur dilaksanakan diganti dengan kurikulum 2013. Walaupun tidak seluruh sekolah menerapkan kurikulum itu.

    Argumentasi:
    Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada suatu waktu menjelaskan bahwa, kurikulum 2013 diprioritaskan pada setiap sekolah yang telah menjadi sekolah bertaraf Internasional atau terakreditasi A.

    Daerah yang menjangkau distribusi buku juga termasuk bagian syarat kepada sekolah yang menerapkan kurikulum 2013. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) juga menerangkan bahwasanya kurikulum 2013 ini berorientasi pada pembentukan pengetahuan, sikap, , keterampilan, tingkah laku yang berlandaskan pada pendekatan ilmiah.

    Tidak sekedar itu, kurikulum 2013 juga mengutamakan terhadap relasi antara proses pendidikan dengan rasa syukur kepada pemberian Tuhan Yang Maha esa pada ciptaannya yang telah dikasih karunia untuk mengolah dan memanfaatkan alam semesta ini.

    Terlebih lagi mendorong dalam proses belajar mengajar yang didahului dari mengamati, bertanya, menalar, dan mencoba atau membuat.

    selaku wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Musliar Kasim berkata, bahwa Kurikulum 2013 lebih mengutamakan praktek dibandingkan dengan menghafal.

    Karena sampai saat ini, sistem hafalan banyak membebani murid yang malahan dianggap minim mengembangkan kreativitas.

    Dengan Kurikulum 2013 ini juga, pemerintah memiliki tujuan menciptakan anak bangsa Indonesia yang inovatif, kreatif, aktif produktif dan afektif. Melalui kurikulum 2013 semua dari siswa diajarkan supaya mempunyai pengetahuan, keterampilan,karakter sikap dan tingkah laku.

    Anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Meutia Hatta berpendapat bahwasanya sistem pendidikan kurikulum 2013 ini memilki suatu visi dan misi dalam menghasilkan karakter generasi yang bermutu berkualitas, cinta tanah air dan negerinya.

    Tidak sekedat itu saja, kurikulum 2013 juga mengutamakan keaktifan peran siswa melalui proses pembelajaran, oleh dengannya membuat generasi masa depan tetap memiliki jati diri sebagai negeri Indonesia yang berkualitas.

    Penegasan Ulang:
    Meskipun begitu, tetap ada saja dari beberapa golongan masyarakat yang tidak menerima pelaksanaan kurikulum 2013 ini. pergantian kurikulum tersebut dianggap sangat tiba-tiba dan condong ada pemaksaan.

    Terlebih lagi, ada yang mengatakan kurikulum ini kurang fokus karena mengkombinasikan 2 mata pelajaran yang terdapat substansi pokok yang tidak sama.

    meskipun pengajaran mata pelajaran akan dikemas lebih sederhana, nyatanya tingkat pemahaman dan pengetahuan yang akan didapatkan siswa akan menjadi menurun sebab semua mata pelajaran tersebut tidak diajarkan secara total dan dilakukan secara terpisah pisah.


    √ 46 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Hindari Caleg Pelaku Korupsi

    Tesis:
    Partai politik yang mau bergabung dalam pemilihan umum, seharusnya memilki standar dalam menerima calon anggota legislatif yang ketat dan tegas.

    Baca Juga Contoh Jenis Alat Musik Melodis Beserta Pengertian dan Penjelasan
    Pemenuhan syarat calon wakil rakyat itu mesti gamblang dan dapat menjadi penyaring atau filter dalam menolak bakal wakil rakyat dengan riwayat hidup yang kurang baik sudah jadi.

    misalnya, caleg yang terdapat track record kasus korupsi atau pelanggaran HAM, tidak direkrut sebagai calon calon legislatif. Hal tersebut menjadi krusial dalam meyakinkan calon anggota dewan itu sungguh-sungguh orang baik yang memiliki intregritas, kapabilitas dan kredibilitas.

    pastinya saja setiap partai politik mempunyai mekanisme khusus berkaitan tentang fit and proper test. Kriterianya dapat saja tidak mirip untuk seluruh partai politik. Namun setidaknya, terdapat prinsip umum yang mesti dipakai seluruh partai politik untuk memilih dan merekrut anggotanya.

    Argumentasi:
    Hal ini menjadi krusial sebab berdasarkan hasil survey terdapat bukti, bahwa parlemen di tingkat pusat ataupun regional dianggap menjadi lembaga paling korupsi.

    Hal ini dijelaskan oleh Wakil Sekretaris Jenderal Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP), Jojo Rohi, berkaitan dengan kriteria dalam memilih calon wakil rakyat oleh dari masing-masing partai politik yang nanti meraih suara rakyat melalui masing-masing pemilu.

    Penegasan Ulang :
    penerapan kriteria caleg kriteria yang jelas dan tegas oleh masing-masing partai politik benar-benar diharapkan karena berhubungan dengan siapa saja pihak yang layak untuk direkrut menjadi calon wakil rakyat.

    Anti korupsi termsauk hal primer yang harus dimasukkan dalam standar menfilter caleg. Sebab-akibatnya, caleg yang memiliki track record masalah korupsi tidak dapat direkrut menjadi caleg.

    Tak hanya anti korupsi yang harus juga dipertimbangkan ialah pelanggar HAM, hal tersebut adalah termasuk dari bagian peninggalan reformasi yang sampai sekarang masih tidak rampung.

    Caleg yang mempunyai rekam jejak pelanggar HAM dalam kasus apa pun sepatutnya tidak dipromosikan menjadi bakal caleg karena tugas wakil rakyat diantaranya ialah menjalankan advokasi kepada setiap pelanggaran-pelanggaran HAM dengan legislasi.


    √ 47 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Manfaat Lidah Buaya

    Tesis:
    Semenjak zaman purbakala, nenek moyang kita sudah mengetahui tumbuhan lidah buaya beserta dengan manfaat yang ada dalam kandungannya. Manfaat tumbuhan yang memiliki nama latin Aloe Vera itu bukan sekedar termasuk bahan perbaikan rambut, tapi juga berguna untuk kesehatan tubuh pada manusia.

    Adapun ciri-ciri Lidah buaya diantaranya : bentuk daunnya panjang, tebal, dan warnanya hijau. Terdapat kandungan serat bening pada daunnya sebagai daging.

    Argumentasi:
    Meskipun semenjak dulu diketahui terdapat banyak manfaat, akan tetapi tidak banyak orang yang tahu jika tumbuhan tersebut dapat sebagai komoditas yang cukup membawa keuntungan.

    Beberapa peneliti menambahkan terdapat banyak manfaat yang berasal dari tanaman serba guna tersebut. Pada bagian di bawah ini akan dirangkum berkaitan tentang manfaat lidah buaya ini.

    1. Bebeberapa Bagian dari tanaman ini bisa diubah menjadi obat yang sangat baik untuk membantu proses pemulihan pada luka. Lidah buaya dianggap sangat bagus dalam memulihkan bekas luka, luka bakar serta luka disebabkan cedera.

    2. Lidah buaya juga terkenal akan sifat anti-inflamasinya. Maksudnya ialah, tumbuhan tersebut memiliki keunggulan dalam proses memperlambat peradangan disebabkan terdapat adanya asam lemak yang menumpuk. mengusapkan gel lidah buaya mampu menolak atau mencegah peradangan karena adanya cedera, disfungsi kekebalan tubuh, dan contoh lainnya.

    3. Membantu melancarkan pencernaan dan mendukung detoksifikasi tubuh. Tidak sekedar itu saja, lidah buaya termasuk pencahar yang efektif dan benar-benar menolong ketika kita bermasalah dengan sembelit.

    4. Pada Lidah buaya terdapat efek anti bakteri serta anti jamur. Sifat tersebut menjadikan lidah buaya termasuk dari produk sehat yang alami, antioksidan yang cukup kuat, menolak radikal bebas dan membuat tubuh terlindungi.

    5. Gel ataupun jus yang berasal dari tanaman lidah buaya ditinjau secara tradisional dipakai menjadi obat bagi diabetes, dikarenakan sifatnya yang mampu merendahkan kadar gula di dalam darah manusia.

    Penegasan Ulang:

    Sudah cukup gamblang, lidah buaya tidak sekedar bermanfaat untuk ramuan penyubur rambut, tapi juga bisa menjadi makanan alami yang sehat. nyatanya persediaannya di alam ini sangat melimpah bagi kita.


    √ 48 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Kebersihan di Lingkungan Kerja

    Tesis:
    Kebersihan di tempat kerja termasuk dari beberapa diantara faktor utama supaya terwujudnya kenyamanan dalam bekerja. Tak hanya itu, keindahan serta kebersihan disekeliling lingkungan kerja juga dapat berpengaruh pada prestasi kerja seorang individu.

    sepantasnya, kebersihan lingkungan kerja patut ditekankan ke masing-masing karyawan. Metode yang sangat simpel ialah dengan membuang sampah (plastik, kertas, kertas cartoon dll) menuju tempat pembuangan sampah. lalu setelah jam kerja membersihkan ruangan yang digunakansebagai tempat kerja.

    Argumentasi:
    Pembagian tugas piket harian telah menjadi beberapa metode yang diaplikasikan dalam menjaga kebersihan lingkungan tempat bekerja. Masing-masing karywan yang sudah diberi tugas pada biasanya mengerjakan tugas berdasarkan yang sudah disetujui bersama.

    contohnya menyapu ruang kerja, mengambil suatu kotoran di meja kerja, membersihkan kaca dan mengepel lantai. di masing akhir pekan juga rutin dilaksanakan piket bersama-bersama dengan membersihkan semua sudut area ruang kerja.

    Penegasan Ulang:
    Kebersihan lingkungan kerja tidak dapat dipisah dari kehidupan kerja seseorang, sebab hal tersebut termasuk faktor utama untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan di lingkungan kerja.

    Serta juga, bekerja merupakan diantara manifestasi ibadah dan menjaga kebersihan ialah termasuk dari karakter orang beriman. Oleh karena itu, apabila seseorang bekerja disertai juga menjaga kebersihan tempat kerjanya maka dia akan terlihat baik di hadapan Tuhan dia.


    √ 49 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Pernyataan Pendapat (Tesis)
    Setiap orang butuh seni dan hal ini terbukti dari hal-hal yang sepele seperti misalnya berdandan, memilih pakaian, mendengarkan musik, nonton film, hingga berkunjung ke galeri-galeri seni atau datang ke gedung pertunjukan untuk menonton teater atau tari.

    Argumentasi
    Selain pengetahuan dan spiritualitas, seni menempati posisi setara dengan kedua hal tersebut. Seni dalam hal ini bisa dikatakan sebagai cita rasa akan keindahan atau estetika.

    Meskipun keindahan ini bersifat relatif, justru inilah yang melahirkan beragam jenis karya seni dari beragam latar belakang penciptaannya.

    Namun demikian, seni dianggap seolah-olah hanya merupakan atau bahkan dianggap sebagai kebutuhan sekunder. Padahal, dalam keseharian manusia tak lepas dari pilihan-pilihan estetis seperti misalnya menyisir rambut.

    Sementara itu, pengetahuan, ekonomi, dan keyakinan beragama dianggap menempati posisi yang lebih primer dari seni.

    Jika disadari sekali lagi, seni atau balutan estetika hadir berserakan di sekitar manusia.

    Jika melihat berbagai jenis produk dagangan di toko-toko, swalayan, pasar, sebagian besar produk tersebut dikemas dengan sedemikian rupa dan pengemasan ini tentu melibatkan nilai estetika.

    Tak hanya itu, isi dalam kemasan tersebut didesain sedemikian rupa dan berbagai jenis dagangan di tata rapi agar mudah terlihat dan tampak menggoda untuk dibeli.

    Makanan warung seperti nasi pecel hingga steak restoranpun tak lepas dari unsur seni. Hal ini bisa dilihat betapa penjual nasi pecel menyajikan dagangannya dengan penataan sedemikian rupa agar mengundang nafsu makan pembeli.

    Barang-barang elektronik hasil teknologi tinggipun, selain diciptakan karena pengetahuan, juga dipasarkan dengan desain tertentu yang mana hal tersebut membutuhkan standar estetika tertentu.

    Handphone atau laptop dari masa ke masa selalu mengalami perubahan wujud dan design.

    Jika kemudian kita lihat seisi rumah kita, betapa banyak barang yang kita beli dengan berdasarkan selera.

    Furniture misalnya, tentu dalam membeli kita tak hanya mempertimbangkan harga dan fungsinya, namun juga mempertimbangkan sesuai atau tidaknya model furniture tersebut dengan kondisi rumah kita.

    Pernyataan Ulang Pendapat
    Bila disadari kembali, batapa manusia tak mungkin bisa lepas dari seni dan hal ini menunjukkan bahwa seni menempati posisi yang penting baik dalam keseharian atau dalam situasi tertentu.

    Sayangnya seni masih dianggap sebagai pelengkap saja.

    Padahal, jika seni dipahami sebagai sesuatu yang penting dan disadari sebagai cara hidup, tentu seni menjadi salah satu materi yang wajib diperkenalkan semenjak manusia masih bayi karena bagaimanapun juga seni tak hanya hadir untuk dikonsumsi, namun juga memberi peluang untuk diciptakan dan penciptaan ini masih sangat berpeluang untuk menjadi sumber penghidupan.


    √ 50 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Pernyataan Pendapat (Tesis)
    Iklan merupakan salah satu komoditi penting yang menjadi sumber devisa negara.

    Tak hanya itu, iklan juga merupakan sumber penghidupan bagi para bintang iklan, pembuat iklan, blogger, youtuber, event organizer, hingga warung bubur kacang ijo (burjo) 24 jam.

    Sehingga, bisa dikatakan bahwa banyak orang yang menggantungkan nasibnya dari iklan.

    Argumentasi
    Iklan pada dasarnya bisa dipahami sebagai media komunikasi untuk memperkenalkan suatu produk tertentu ke pada publik melalui media masa seperti TV, Radio, Koran, Internet, atau papan reklame di pinggir jalan agar produk tersebut dikenal orang dan kemudian (harapannya) laku dikonsumsi orang.

    Suatu produk harus diperkenalkan secara terus menerus melalui iklan karena iklan ini tidak akan bekerja efektif jika ditayangkan atau dihadirkan tidak secara terus menerus.

    Kenapa harus demikian bahwa iklan ditayangkan terus menerus?

    Pertama agar produk yang ditawarkan akan selalu diingat dan mengendap dalam alam bawah sadar seseorang sehingga ketika orang itu belanja ia akan cenderung memilih produk yang ditayangkan oleh iklan.

    Produk sabun cuci misalnya, puluhan merek dapat ditemui di pasar, toko-toko, minimarket atau swalayan.

    Barangkali mutu dan fungsi dari tiap-tiap produk tersebut tidaklah jauh berbeda, yakni untuk membersihkan cucian.

    Namun demikian, produk yang gencar melancarkan iklan di berbagai media masa akan dipercaya sebagai produk bermutu tinggi meski harganya jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan merk tidak terkenal yang harganya jauh lebih murah dan bisa jadi mutunya tak jauh beda.

    Itulah sebabnya iklan terus menerus ditayangkan dan diperbaharui untuk produk yang barangkali mutunya tidak diperbaharui (hanya kemasannya yang baru).

    Memasang iklan bukanlah hal yang murah. Secuil iklan sekian cm di koran bahkan bisa berharga puluhan ribu dalam sekali cetak.

    Sementara itu, iklan yang ditayangkan di TV selama beberapa kali dalam seminggu bisa menghabiskan biaya ratusan juta hingga milyaran rupiah. Tentu angka tersebut sangat menggiurkan dan menjadi bisnis yang seksi baik dari pihak pengelola TV ataupun pembuat iklan.

    Konon iklan yang paling sederhana dan yang paling awal muncul adalah iklan yang disampaikan dari mulut ke mulut.

    Pada jaman dahulu sebelum ada media elektronik, perusahaan tertentu tak hanya menyiarkan iklan melalui media koran, poster atau selebaran, perusahaan-perusahaan tersebut juga rela membayar beberapa orang untuk disebar ke berbagai penjuru masyarakat untuk memperkenalkan produk dengan cara bercerita; menceritakan mutu, manfaat dan keunggulan dari suatu produk kepada masyarakat seolah ia telah mendapatkan manfaat yang mujarab dari produk tersebut.

    Iklan model kuno tersebut sebenarnya masih sangat efektif dan relevan hingga sekarang dan hal tersebut bisa dibuktikan dari hidup kita sehari-hari.

    Kita akan percaya dan akan memilih untuk membeli produk yang manfaatnya telah diceritakan oleh rekan kita yang telah terlebih dahulu menggunakannya.

    Sebagaimana warung bakso yang laris lantaran enak dan pelayanannya memuaskan, pelanggan dari warung tersebut akan selalu menceritakan keberadaan warung tersebut kepada teman-temannya sehingga warung tersebut tak pernah sepi.

    Justru iklan semacam ini sangat manjur dan tak perlu biaya sekaligus akan menyebar dengan sendirinya dari mulut ke mulut dengan catatan produk tersebut benar-benar memuaskan.

    Pernyataan Ulang Pendapat
    Semakin menarik suatu iklan ditayangkan, maka akan semakin mudah melekat dalam ingatan seseorang.

    Semakin menarik suatu iklan tentu membutuhkan konseptor iklan yang kreatif dan inovatif. Tentu biaya pembuatan iklan ini tak kalah besar dari biaya menayangkan iklan.

    Oleh karena itulah iklan tak hanya menjadi media komunikasi yang menawarkan sesuatu namun juga menjadi lapangan pekerjaan bagi banyak orang.


    √ 51 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Pernyataan Pendapat (Tesis)
    Rokok dan perokok banyak mendapatkan kritikan pedas saat ini karena asap rokok dianggap berbahaya bagi kesehatan para perokok sekaligus orang-orang yang hidup disekitar perokok.

    Hal ini bisa dilihat dari maraknya kampanye anti rokok, banyaknya area bebas asap rokok, dan tanda peringatan di setiap bungkus kemasan rokok, cerutu, hingga tembakau.

    Namun demikian, jumlah perokok tetaplah banyak dan cukai rokok masih menjadi salah satu sumber pendapatan negara unggulan.

    Argumentasi
    Tuduhan yang disertai bukti-bukti medis kepada rokok adalah bahwa rokok menjadi salah satu penyebab kematian terbesar di dunia.

    Diberitakan bahwa banyak orang meninggal karena serangan jantung dan kanker dan sebagian besar dari orang tersebut merupakan perokok aktif dan pasif.

    Oleh sebab itulah banyak orang yang phobia dan anti terhadap asap rokok. Berbagai kampanye anti rokok gempar diserukan dengan disertai bukti-bukti medis serta foto mengerikan dari korban asap rokok.

    Lantas kenapa masih banyak perokok dan jumlah penjualan rokok masih stabil?

    Perlu waktu lama bagi perokok agar mati gara-gara asap rokok dan itupun harus dalam kondisi khusus, yakni perokok tersebut rata-rata mengkonsumsi lebih dari 50 batang rokong dalam sehari, hidup dalam lingkungan yang penuh polusi, makan makanan yang tidak bagus bagi kesehatan tubuhnya, suka bergadang dan keluar malam, sering merokok dalam ruangan tertutup atau bahkan ruangan br AC, konsumen alkohol dan hal negatif lainnya.

    Sehingga, diantara banyaknya korban meninggal karena rokok plus kondisi eksternal sebagaimana telah disinggung tersebut, masih banyak para perokok yang selamat hingga usia 70 bahkan hingga 90 tahun dan hal tersebut seolah mematahkan tuduhan bahwa rokok menyebabkan kematian.

    Para perokok aktif banyak yang berkomentar sekalinya mereka dikritik seperti misalnya dengan menceritakan nasib orang lain yang tidak merokok tapi mati lebih dahulu karena hal-hal tertentu yang berkenaan dengan kesehatan dan tak jarang cerita-cerita tersebut membuat para perokok tidak merasa khawatir akan bahaya yang mengintai dari tiap helaan asap rokok.

    Di sisi lain, merokok seakan telah terlanjur menjadi budaya yang sulit dihilangkan.

    Kampanye anti rokok tentu memiliki lawan yang berat dalam hal ini karena kampanye anti rokok harus mampu melahirkan budaya tandingan, yakni kehidupan masyarakat tanpa asap rokok.

    Pernyataan Ulang Pendapat
    Banyak orang yang tidak takut akan bahaya rokok meski kampanye rokok telah gencar dilakukan bahkan dengan cara ekstrim.

    Salah satu penyebabnya adalah karena masih banyak perokok yang tetap hidup dan berumur panjang serta tidak terganggu kesehatannya gara-gara rokok dan hal inilah yang menjadi fakta pembantah bahwa merokok berbahaya bagi kesehatan.


    √ 52 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Pernyataan Pendapat (Tesis)
    Cinta itu seperti mimpi. Seorang pakar psikoanalisi, Jaques Lacan, mengatakan bahwa cinta itu memang ada, obyek cinta memang ada, namun manusia tak pernah sepenuhnya bisa memilikinya.

    Sekalinya manusia telah mendapatkan objek yang dicintainya, misalnya kekasihnya, maka rasa cinta yang ia rasakan sebelum ia mendapatkan hati kekasihnya telah pindah ke objek yang lain yang belum ia dapatkan.

    Bisa dibilang rasa cinta memang abadi, namu tidak untuk objek yang dicintainya. Yang membuat seseorang bertahan dengan kekasihnya atau keluarganya adalah komitemen, rasa sayang dan kasih; tentunya hal ini berbeda dengan cinta.

    Argumentasi
    Cinta membuat seseorang menjadi sangat berenergi dan kreatif.

    Barangkali inilah yang terpenting dari fungsi cinta karena dengan demikian manusia selalu terdorong untuk bergerak dan berinovasi terus menerus demi mendapatkan objek yang dicintainya.

    Tentu objek cinta tidak melulu manusia yang hendak dijadikan kekasih, namun bisa berupa benda-benda lainnya.

    Lantas apa yang membuat cinta ini muncul dalam benak seseorang?

    Cinta merupakan dampak dari perhatian ibu kepada anaknya. Sejak masih bayi, sang ibu selalu memberikan segalanya agar bayinya merasa nyaman.

    Dalam situasi ini sang bayi mendapatkan pemenuhan atas apa yang ia butuhkan. Namun lambat laun seiring dengan pertumbuhan bayi, ia diajarkan untuk semakin mandiri dan berpisah dengan ibunya dalam pengertian disapih.

    Rasa inilah yang sangat tidak nyaman; keterpisahan tersebut menyisakan trauma dalam bawah sadar sang anak, ia harus mencari objek cinta yang lain selain ibunya.

    Tetapi yang selanjutnya terjadi adalah ketika seseorang sudah mendapatkan objek cintanya, rasa cinta itu selalu pindah ke objek lain. Inilah dilema manusia yang tak bisa dipungkiri.

    Manusia boleh saja berkata setia, namun imajinasi tidak. Objek cinta ini selalu menggoda dalam ruang-ruang imajinasi; ruang-ruang yang tak bisa dibatasi dengan norma dan hukum.

    Bila objek cinta selalu berubah-ubah, lantas apa yang membuat seseorang merasa cemburu bila kekasihnya didekati orang lain?

    Jika demikian, secara otomatis sang kekasih yang sedang didekati orang lain akan kembali menjadi objek cinta.

    Namun jika situasi telah aman, cinta ini akan mencari objek yang lain meski barangkali hanya ada dalam ruang imajiner. Hal ini terjadi secara terus menerus.

    Lantas apa yang membuat seseorang tega meninggalkan kekasihnya?

    Tentu ketika sudah tidak ada lagi kepuasan dan kepenuhan sebagaimana masa-masa awal orang tersebut mencintai kekasihnya.

    Dengan kata lain, muncul objek cinta yang lain yang lebih menarik dan memberikan fantasi akan kepenuhan yang ia cari dan tak ia dapatkan pada kekasihnya.

    Pernyataan Ulang Pendapat
    Sekali lagi, cinta ibarat mimpi. Cinta tak benar-benar memiliki objek yang pasti sehingga justru ketidakpastian inilah yang membuat seseorang bertahan hidup untuk terus menerus mencari pemenuhan.

    Meski cinta selalu selalu bergerak dari satu objek ke objek lainnya, namun ada hal yang membuat seseorang setia, yakni komitmen, sayang dan kasih yang tentunya hal ini berbeda dengan cinta.


    √ 53 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Pernyataan Pendapat (Tesis)
    Ada beragam jenis ikan arwana yang salah satunya adalah ikan arwana silver.

    Ikan ini boleh dibilang lebih ekonomis dan mudah dikembangbiakkan jika dibandingkan dengan ikan arwana jenis lain.

    Jarang para hobiis ikan arwana memelihara ikan ini karena dinilai kurang eksotis dan kurang bernilai bisnis.

    Namun demikian, bagi kalangan kelas bawah atau pemula, memelihara ikan arwana silver ini menyenangkan lantaran gampang-gampang susah dan minim resiko.

    Argumentasi
    Ikan arwana silver (Osteoglossum Bicirrhosum) berasal dari sungai amazon, Rupunini, dan Oyapok, Amerika Tengah.

    Di habitat aslinya, ikan ini termasuk jenis predator yang memangsa ikan-ikan kecil, katak, udang, serangga, atau bahkan binatang-binatang kecil seperti burung dan tikus yang jatuh ke air.

    Disebut sebagai arwana silver karena seluruh permukaan sisiknya berwarna perak atau silver.

    Bila dibandingkan dengan ikan arwana lainnya, ikan arwana silver merupakan ikan arwana yang memiliki postur tubuh paling ramping dan panjang. Bagian kepala dari ikan ini besar dan semakin ke belakang semakin kecil meruncing.

    Ikan ini belum dilindungi undang-undang dan belum ditetapkan sebagai binatang langka dan oleh karena itulah ikan arwana silver masih sangat mudah ditemui di pasar ikan hias.

    Harganya sangat terjangkau, yakni mulai dari 70 ribu rupiah saja (ukuran paling kecil). Meski demikian, ketika ikan ini sudah besar, harganya mulai naik dan tidak lagi murah.

    Ikan arwana silver ini bisa mencapai ukuran 122 cm jika berada di alam liar, namun bila dipelihara dalam aquarium, panjang dari ikan arwana silver ini sulit untuk melebihi 80 cm.

    Ikan arwana silver tak kalah cantik jika dibandingkan dengan arwana lainnya bila sudah dewasa karena ukurannya yang besar dan gerakannya yang anggun merupakan daya tarik tersendiri.

    Terlebih, ikan arwana silver ini tak membutuhkan banyak makan ketika sudah mulai beranjak dewasa karena jika diberi makan berlebihan, justru akan berdampak buruk bagi kesehatan mata ikan arwana silver ini.

    Untuk memelihara ikan arwana silver tak membutuhkan peralatan khusus yang mahal, cukup dengan air bersih bersirkulasi baik (menggunakan pompa air/aerator) dalam aquarium yang berukuran besar.

    Hal ini tentu berbeda dengan perawatan arwana super red, misalnya, yang membutuhkan peralatan canggih dan perawatan khusus agar ikan tersebut tampak cantik sempurna.

    Salah satu kemudahan lain dalam merawat ikan arwana silver adalah ikan ini bisa dipelihara berkelompok dan tidak akan saling menyerang antar sesama arwana silver, namun bila ikan ini dipelihara dengan ikan jenis lain yang berukuran lebih kecil, bisa dipastikan ikan yang lebih kecil tersebut akan diserang terutama ketika ikan arwana silver ini sedang lapar.

    Pernyataan Ulang Pendapat
    Meskipun jarang diminati karena kalah pamor dengan ikan arwana jenis lainnya, ikan arwana silver sebenarnya memiliki keanggunan tersendiri terlebih ketika ikan ini sudah berukuran maksimal dalam aquarium.

    Terlebih, jika ikan ini dipelihara lebih dari satu ekor, selain akan berpeluang untuk berkembang biak, tentunya kecantikan dari beberapa ekor ikan arwana silver dalam satu wadah akan memberikan keindahan tersendiri.



    √ 54 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Pernyataan Pendapat (Tesis)
    Lingkungan yang bersih merupakan salah satu syarat untuk menunjang kehidupan yang sehat, baik sehat secara rohani maupun jasmani.

    Kebersihan lingkungan semestinya merupakan hal yang serius dan harus diterapkan dengan sungguh-sungguh, namun sayangnya banyak yang belum terbiasa untuk hidup bersih dan sehat dengan menjaga kebersihan lingkungan sehingga pencemaran lingkungan masih terjadi di mana-mana.

    Argumentasi
    Setidaknya ada empat jenis pencemaran lingkungan yang sangat mengganggu kenyamanan, yakni pencemaran tanah, pencemaran air, pencemaran udara, dan pencemaran suara.

    Pencemaran Tanah
    Pencemaran tanah umumnya terjadi karena banyak yang membuang sampah dan limbah sembarangan.

    Namun demikian, ada hal lain yang menyebabkan terjadinya pencemaran tanah, yakni penggunaan pupuk kimia secara terus menerus yang berdampak pada ketidakstabilan struktur tanah.

    Imbasnya, tanah tak hanya akan menjadi tandus dan gersang, namun juga rawan erosi serta longsor.

    Sementara itu, pada kasus pembuangan sampah yang tidak semestinya akan membuat lingkungan menjadi kotor dan tak enak untuk dilihat.

    Tidak hanya itu, sampah yang menumpuk atau berserakan dimana-mana juga akan mengundang berbagai jenis binatang pembawa penyakit seperti misalnya tikus, kecoa dan lalat.

    Salah satu jenis sampah yang sangat berbahaya bagi tanah adalah sampah plastik karena plastik sangat sulit terurai dan bisa tersimpan selama bertahun-tahun di tanah dalam bentuk utuh, padahal dalam satu hari di seluruh dunia lebih dari 1 ton plastik berakhir menjadi sampah.

    Semestinya sampah plastik ini tidak dibuang begitu saja, namun diolah kembali agar menjadi produk daur ulang atau menjadi sumber energi alternatif.

    Meskipun sampah plastik ini dibuang di tempat sampah pada setiap rumah, namun sampah-sampah plastik ini pada akhirnya akan menumpuk di tempat pembuangan sampah.

    Sudah bisa dipastikan tanah yang dijadikan tempat pembuangan sampah sementara atau akhir akan menjadi tanah dengan kualitas yang buruk.

    Dalam kurun waktu yang lama, jumlah sampah ini tidak akan berkurang namun justru akan semakin bertambah sehingga dibutuhkan lahan pembuangan sampah yang lebih luas lagi.

    Hal ini tentu saja mengerikan karena sampah plastik ini nantinya akan menjadi ancaman bagi kehidupan di masa depan.

    Pencemaran Air
    Seperti halnya pencemaran tanah, pencemaran air diakibatkan dari kebiasaa buruk manusia membuang sampah sembarangan; sungai merupakan salah satu area untuk membuang sampah.

    Sampah-sampah yang dibuang di sungai sebagian besar akan ikut terbawa arus dan akan menumpuk di hulu sungai atau area penyaringan dan bendungan, sementara sebagian lainnya akan mengendap di dasar sungai atau terdampar di pingir sungai.

    Jenis sampah yang sangat berbahaya bagi sungai adalah sampah plastik dan limbah dari pabrik-pabrik yang mengalirkan limbahnya ke sungai. Selain itu ada pula yang namanya limbah kimia yang dihasilkan oleh pabrik tertentu.

    Bila limbah kimia ini tidak diolah terlebih dahulu hingga netral, maka jika limbah ini dibuang di sungai atau di sumur limbah, bahan kimia tersebut akan mencemari air di sepanjang sungai atau daerah dekat sumur-sumur limbah tersebut.

    Di kota besar yang padat penduduk seperti Jakarta misalnya, tumpukan sampah di sungai merupakan ancaman serius yang selalu menimbulkan masalah setiap kali musim hujan datang.

    Sampah yang menumpuk di sungai akan menyumbat aliran sungai dan menyebabkan air meluap hingga ke pemukiman dan menggenang dalam kurun waktu tertentu.

    Di daerah lain di Jawa Barat misalnya, baru-baru ini digemparkan dengan terjadinya beberapa kali banjir bandang di beberapa wilayah yang menyebabkan sejumlah kerusakan serius.

    Tentunya banjir ini disebabkan oleh sampah yang menyumbat aliran sungai.

    Pencemaran Udara
    Pencemaran udara terbanyak disebabkan oleh asap kendaraan bermotor dan asap industri pabrik.

    Saat ini jumlah kendaraan bermotor semakin meningkat dan terus menerus meningkat seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk. Tentu jumlah polusi dari sisa pembakaran di mesin akan meningkat di udara.

    Pencemaran udara ini kini telah menjadi ancaman global yang menyebabkan peningkatan suhu bumi atau pemanasan global.

    Tentunya pemanasan global ini akan mengancam seluruh kehidupan makhluk hidup di bumi karena pemanasan global tak hanya akan mencairkan seluruh lapisan es di kutub utara dan kutub selatan namun juga akan menyebabkan terjadinya perubahan iklim.

    Perubahan iklim ini tentu juga akan sangat berpengaruh diberbagai bidang terutama di bidang pertanian dan peternakan.

    Selain itu, pencemaran udara ini sudah jelas akan mengganggu kesehatan.

    Pastinya radikal bebas yang mencemari udara akan ikut terhirup masuk kedalam tubuh. Pada batas tertentu, tumpukan radikal bebas di dalam tubuh ini akan menimbulkan penyakit serius seperti misalnya kanker.

    Pencemaran Suara
    Pencemaran suara meskipun bisa dibilang sebagai pencemaran kategori ringan namun sangat mengganggu ketenangan.

    Pencemaran suara merupakan munculnya berbagai suara bising dari berbagai sumber seperti suara mesin, klakson, dan lain sebagainya yang menghasilkan suara bising dan tidak menenangkan.

    Pernyataan Ulang Pendapat
    Pertambahan jumlah penduduk memiliki konsekuensi bertambahnya jumlah pencemaran lingkungan bila hal ini tidak menjadi kesadaran bersama.

    Lingkungan merupakan masa depan bersama yang sama pentingnya dengan kepentingan pribadi.

    Lingkungan yang rusak parah akan menyebabkan sulitnya bertahan hidup, sebaliknya, lingkungan bersih mempermudah kehidupan manusia.


    √ 55 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Pernyataan Pendapat (Tesis)
    Sakit gigi seringan apapun, rasa sakitnya tentu sangat tidak membuat nyaman, terlebih jika sakit gigi ini merupakan sakit gigi golongan sedang hingga berat, dampak yang ditimbulkan bisa sangat serius yakni mulai dari sukar makan, tidak bisa tidur, pusing, daya tahan tubuh menurun hingga demam yang disertai bengkak di sekitar gusi hingga menjalar ke pipi dan leher.

    Oleh karena itu, ada baiknya menjaga kesehatan gigi sedini mungkin sebelum gigi mengalami kerusakan dan menimbulkan rasa sakit yang tidak menyenangkan.

    Argumentasi
    Menjaga kesehatan gigi bukanlah hal yang sulit sebenarnya, namun karena hal ini tidak sulit, kadang-kadang kita lupa untuk disiplin melakukannya.

    Ada baiknya menjaga dan merawat gigi dilakukan secara rutin sejak masih kanak-kanak sehingga aktivitas ini bukan lagi merupakan kewajiban, melainkan kebutuhan.

    Hal yang paling sederhana untuk menjaga kesehatan gigi adalah dengan cara membiasakan diri melakukan gosok gigi. Bila sudah terbiasa, dengan sendirinya mulut akan terasa tidak nyaman jika belum gosok gigi.

    Idealnya, sehabis makan makanan berat hendaknya gosok gigi ini dilakukan. Namun jika dirasa berlebihan, gosok gigi bisa dilakukan minimal 2-3 kali sehari, yakni setelah bangun tidur (pagi hari), siang hari, dan malam hari sebelum beranjak tidur.

    Untuk menjaga dan merawat kesehatan gigi dengan cara gosok gigi, gunakan sikat gigi yang pas dan nyaman untuk mulut.

    Masing-masing orang memiliki struktur mulut dan gigi yang berbeda-beda sehingga membutuhkan jenis sikat gigi yang berbeda.

    Selain itu, gunakanlah pasta gigi yang paling terasa nyaman dan tepat untuk merawat gigi, bila perlu mintalah saran dokter untuk memilih pasta gigi yang sesuai dengan kondisi gigi.

    Selain gosok gigi, untuk merawat kesehatan gigi, sebaiknya setiap 6 bulan sekali datang ke dokter gigi.

    Saat ini sudah tersedia fasilitas kesehatan gigi gratis atau murah di puskesmas atau rumah sakit daerah sehingga biaya dokter yang lumayan mahal tersebut tak perlu lagi dikhawatirkan.

    Salah satu manfaat memeriksakan gigi ke dokter adalah untuk membersihkan karang gigi yang tak bisa dibersihkan dengan cara menggosok gigi.

    Selain hal-hal tersebut, merawat gigi bisa dilakukan dengan cara memperhatikan pola makan.

    Gigi akan cepat rusak bila mengalami perubahan suhu yang mendadak, misalnya setelah makan makanan panas langsung minum es; sebaiknya hal ini dihindari.

    Di samping itu, kurangilah makan-makanan yang sangat keras dan sangat manis karena makanan keras bisa mengikis lapisan gigi dan makanan manis memicu terjadinya pengeroposan gigi.

    Dan yang tak kalah penting, hindari mengunyah makanan dengan hanya cenderung menggunakan bagian mulut sebelah kiri atau kanan saja.

    Pernyataan Ulang Pendapat
    Menjaga kesehatan gigi merupakan hal yang sangat penting mengingat gigi bekerja setiap hari dalam rangka mengunyah makanan yang diperlukan untuk tubuh.

    Jika gigi sakit, otomatis hal ini akan menimbulkan rasa tidak nyaman setiap saat dan terutama ketika makan.

    Jika makan sudah sulit, tentu hal ini akan menurunkan daya tahan tubuh dan imbasnya tubuh akan rentan terserang penyakit.


    √ 56 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Pernyataan Pendapat (Tesis)
    Pergolakan politik di indonesia semakin hari semakin membuat masyarakat resah. Padahal semestinya aktivitas politik ini ditujukan untuk kehidupan masyarakat yang lebih baik.

    Hal ini bukan berarti tidak ada aktivitas politik yang bernuansa positf, hanya saja saat ini aktivitas politik dominan diwarnai dengan nuansa negatif yang berpotensi memecah belah persatuan NKRI, terlebih jika agama dan ras dijadikan kendaraan politik.

    Argumentasi
    Hingga saat ini perang politik dengan kedok agama justru tidak semakin padam pasca vonis penjara yang ditujukan kepada Ahok.

    Media masa yang terus menerus meliput peristiwa ini justru semakin membuat masyarakat panas dan jengah melihat aksi saling hujat antar pihak yang dimulai oleh ormas anti Ahok dan dilanjutkan oleh kalangan luas.

    Senetral apapun usaha pemerintah (baca: Jokowi) dalam menegakkan hukum dan demokrasi atas permintaan rakyat justru seolah menjadi bumerang karena masih ada banyak pihak yang menuduh bahwa Jokowi ingin balas dendam atas vonis yang menimpa sahabatnya itu.

    Tak hanya itu, pertikaian politik antar partai politik di kursi DPR hingga DPRD yang mengatasnamakan kepentingan rakyat namun berujung pada kepentingan ekonomi kelompok tertentu (baca: korupsi) juga turut mewarnai keruhnya kepercayaan masyarakat kepada pemerintah.

    Sekali lagi masyarakat ditempatkan pada harapan kelabu untuk memiliki pemerintah yang solid dan kompak untuk bekerja demi kesejahteraan rakyat.

    Namun yang sebenarnya berbahaya namun sulit untuk disadari adalah situasi politik saat ini yang sangat mirip dengan politik adu domba ala VOC namun beda kasus dan bentuknya.

    Hal ini merupakan ancaman bagi keutuhan NKRI serta ancaman bagi keberadaan kaum minoritas.

    Mungkin hal ini terasa berlebihan, namun bukan berarti hal ini tak mungkin berpeluang untuk menjadi kenyataan, yakni NKRI bubar dan terjadi pembantaian serta kerusuhan di mana-mana dan ujung-ujungnya Indonesia sekali lagi sangat mungkin untuk dikuasai oleh pihak asing.

    Apakah hal tersebut buruk jika Indonesia dikuasai pihak asing?

    Tentu tak lebih baik dari keadaan hari ini mengingat pada masa lalu atau karakter dari kolonialisasi, pihak pribumi cenderung dipandang rendah dan kurang dihargai atau bahkan tidak memiliki kekuatan hukum sehingga pribumi tak mendapatkan kehidupan yang adil sepenuhnya.

    Pernyataan Ulang Pendapat
    Sebelum hal-hal buruk akan terjadi seiring dengan situasi politik yang mengarah ke perpecahan, semestinya masing-masing individu tak memikirkan ego dan kepentingan hari ini saja, namun memikirkan kehidupan di masa depan yang mana tak akan pernah indah bila rasa persatuan dan kesatuan, rasa cinta kasih telah digeser oleh amarah, keserakahan, dan imaji-imaji palsu akan kebenaran tunggal.


    √ 57 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Pernyataan Pendapat (Tesis)
    Sickness is the enemy of everyone in this world.

    We spend more and more money to go to the doctors, stay some night at the hospital, and also buy some medicine or expensive food or supplement to keep us healthy.

    And perhaps, some of us are being paranoid for many thinga which are issued causing sickness such us polution or bad food.

    In fact, it is easy to keep our body healthy just by doing some excercise such us jogging at every morning.

    Argumentasi
    Jogging at the morning time is no doubt effective to keep our body always in a healthy condition.

    Jogging is not difficult or too hard to do but most of us are lazy to do or we don’t wont to wake up early for the reason that we will have so many thing to do in that day so therefore we dont want to spend the energy just for jogging.

    It is just a matter of false perspective; for the first time jogging is tiring.

    But for the next, after we make it as a habbit, it will make us always fit a long the day even we will have hard job to do.

    Jogging is not about running actually, but it is also a matter of managing our body and mind unconciously so that we will never get sick except we got some accident.

    Jogging is one of the cheapest way to protect our body rather than doing physical exercise in the gymnasium.

    Pernyataan Ulang Pendapat
    So, why do we think and do so hard to keep our health if we can do it easily by jogging everyday in the morning?

    We just need to keep that as a habbit and after that jogging is no more seems like hard duty but our body’s need just like eating or our mind’s need just like refreshing.


    √ 58 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Pernyataan Pendapat (Tesis)
    Ngingah ulam lele sakmenika teksih dados peluang bisnis ingkang sae.

    Sanesipun pasar lele ingkang mboten nate sepi, ngingah lele menika mboten mbetahaken biaya kathah ugi mboten angel kados ulam sanesipun.

    Argumentasi
    Senadyan ngingah ulam lele sakmeniko mboten rekaos, nanging tetep mbetahaken persiapan ingkang sae. Sakmenika poin-poin ingkang saged dipun siapaken sakderengipun mulai ngingah ulam lele.

    Kolam
    Sakniki ngingah lele saged ngagem media kolam terpal ingkang murah biayanipun ugi mboten permanen supados menawi mbenjing pun mboten ngersaaken ngingah lele, kolam sakmenika saged gampang dipun bongkar.

    Ngingah lele teng kolam terpal lan kolam semen sakmenika sami mawon. Sing penting nggih kolam menika mboten diiseni ulam ngantos cacahipun kakean.

    Kolam ukuran 2x3 meter menika saged nampung ulam lele kirang luwih 300 kang saged dipun panen 3 sasi saking ulam menika teksih alit ngantos cekap dipun sade kagem ulam konsumsi.

    Catetan penting teng poin menika njih toya teng kolam menika sak sampunipun dipun isekaken teng kolam mboten saged langsung dipun iseni bibit lele.

    Toya menika dipun tengga rumiyin kirang luwih 2 minggu banjur saged dipun isi benih lele. Menawi mboten ngoten, bibit lele menika bakal kathah ingkah mati amargi banyunipun teksih anyar lan dereng kathah mikroorganisme ingkang sampun mapan.

    Winih
    Winih lele ingkang sae menika njih winih kang mboten loyo, mboten ngambang, wernonipun ireng cerah tanpo enten bercak putih napa abang, seneng obah lan seneng teng dasar kolam golek pakan.

    Pakan
    Pakan lele menika gampang amargi sakniki enten pelet kagem lele ingkang teksih nener. Menawi mboten enten cacing sutra, pelet menika nggih saged dados pakan utama.

    Lele ingkang sampun umur 1 sasi menika sampun saged mangan menapa mawon kados cacahan bekicot, kerang, limbah potongan ayam, pelet, ngantos telek pitik ternak.

    Nanging, lele ingkang sae menika njih lele ingkang pakanipun sae kados pelet lele lan kewan-kewan alit kados bekicot, kerang, cacing, lan sanesipun.

    Lele menika dipun pakani minimal sedina kaping kalih, enjing lan sonten.

    Luwih sae menawi ngingah lele menika, saben 1 sasi sepindah ulam-ulam menika dipun pilah-pilah lan dipisah, dados lele sing bongsor dipun dadekne setunggal kalian lele ingkang podo ukuranipun, ugo lele ingkang alit-alit dados lele ingkang bongsor menika mboten bakalan mangsa lele ingkang alit.

    Panen
    Menawi pakanipun sae kirang luwih lele umur 3-4 sasi menika saged dipanen kagem ulam konsumsi.

    Biasanipun manen lele menika dipun barengaken kaliyan nguras kolam dados sakwisipun dipun panen, kolam saged dipun isi kaliyan winih lele ingkang enggal.

    Pernyataan Ulang Pendapat
    Pasaran ulam lele menika mboten nate macet, mulo niku ternak lele saged dados peluang bisnis ingkang sae amargi ngingah lele menika mboten angel lan mboten mbetahaken biaya kathah.


    √ 59 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Pernyataan Pendapat (Tesis)
    Salah satu kunci keberhasilan pendidikan adalah kinerja dari para pendidik sekaligus pengajar.

    leh karena itulah selain daripada fasilitas pendidikan yang perlu ditingkatkan untuk membantu proses belajar mengajar, nasib para pendidik ini juga harus diperhatikan karena bagaimanapun juga mutu hidup atau jaminan hidup pengajar menjadi penentu mutu kinerja mereka dalam mengajar para siswa.

    Sayangnya, hingga saat ini nasib ribuan guru honorer masih menyedihkan padahal mereka dituntut untuk bekerja sebagaimana yang dilakukan oleh guru tetap.

    Argumentasi
    Demonstrasi yang dilakukan oleh para guru honorer beberapa pekan lalu dibeberapa daerah menunjukkan bahwa pemerintah harus mengevaluasi sekali lagi kebijakan-kebijakan untuk pendidikan khususnya soal pengangkatan guru honorer yang telah bekerja bertahun-tahun dengan gaji yang jauh lebih buruk dari pendapatan seorang juru parkir.

    Di beberapa daerah di Jawa Timur misalnya, para guru honorer SD hanya mendapatkan upah bulanan tak lebih dari 400 ribu rupiah saja.

    Sementara, mereka melakukan pekerjaan penuh dari pagi hingga siang sebagaimana yang dilakukan oleh guru tetap.

    Tentu saja para guru honorer ini bertahan karena masih berharap kelak mereka akan diangkat menjadi guru tetap alias pegawai negri yang mendapatkan gaji layak serta tunjangan untuk masa pensiun.

    Harapan tersebut diperkuat dengan fakta bahwa banyak guru yang telah pensiun sementara pengangkatan guru baru tak kunjung dimulai.

    Di beberapa sekolah, bahkan guru tetapnya berjumlah setengah dari yang semestinya dan setengahnya lagi diisi oleh para guru honorer.

    Jika dlihat dari segi umur, banyak sekali guru tetap yang telah berumur lebih dari 50 tahun dan akan segera pensiun.

    Tentu dengan gaji yang sangat rendah tersebut, seorang guru honorer tak akan sanggup untuk bertahan hidup bila ia hanya mengandalkan gajinya.

    Apabila bertahan hidup saja susah, bagaimana seorang guru akan bersemangat untuk mengajar dan mendidik murid-muridnya? Tentu hal ini akan menjadi kendala dalam bidang pendidikan.

    Namun yang lebih mengerikan adalah apabila para guru honorer ini menyerah dan memutuskan untuk mencari pekerjaan lain, akibatnya bisa fatal yakni dalam kurun waktu yang belum bisa ditentukan banyak sekolah akan kekurangan tenaga pengajar dan imbasnya adalah jam kosong di beberapa jenis mata pelajaran atau bahkan jam kosong di suatu kelas hingga seharian penuh.

    Apabila tidak ada pengangkatan guru baru dan para guru honorer ini angkat kaki, bisa diprediksikan bahwa kegiatan belajar mengajar di sekolah-sekolah akan tersendat atau bahkan berhenti untuk sementara waktu sampai datang waktunya pengangkatan guru baru atau ada yang mau jadi guru honorer selanjutnya.

    Pernyataan Ulang Pendapat
    Guru adalah salah satu unsur terpenting dalam dunia pendidikan.

    Nasib guru menentukan nasib pendidikan karena bagaimanapun juga logika tak akan jalan tanpa adanya logistik; bila guru honorer tetap saja mendapatkan upah yang sangat rendah dan tidak sebanding dengan pengabdian dan jerih payah yang mereka lakukan, dalam waktu dekat akan muncul masalah besar dalam bidang pendidikan.

    Oleh karena itulah sudah semestinya pemerintah mengantisipasi hal ini sebelum menjadi permasalahan yang serius.


    √ 60 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Pernyataan Pendapat (Tesis)
    Seluruh masyarakat indonesia tidak akan makan jika tidak ada aktivitas pertanian.

    Namun ironisnya, sebagian besar petani, khususnya para buruh tani, kesulitan dalam memenuhi kebutuhan ekonomi.

    Hal ini seharusnya tidak boleh terjadi, namun kenyataannya lain; justru para tengkulak dan pedagang yang mendapatkan banyak keuntungan dari seluruh aktivitas pertanian.

    Argumentasi
    Salah satu penyebab keterpurukan ekonomi para buruh tani adalah kehadiran para tengkulak yang lebih mendominasi dan mempermainkan harga hasil tani.

    Hal ini adalah fenomena yang telah terjadi sejak dahulu kala dan masih berlanjut hingga saat ini sehingga seolah-olah nasib para petani berhenti di satu titik.

    Penyebab kedua dari keterpurukan ekonomi para buruh tani adalah kurangnya perhatian pemerintah terhadap kesejahteraan petani.

    Andaikan pemerintah lebih intens dalam memperhatikan kesejahteraan para petani, mungkin semangat dan taraf hidup petani akan semakin meningkat sehingga hal ini akan memicu pertumbuhan kemajuan di bidang pertanian dalam hal ekonomi, inovasi, dan lain sebagainya.

    Tak hanya itu, menjadi petani mungkin merupakan alternatif kerja yang mulai dilirik karena menjadi petani bisa hidup makmur.

    Sayangnya hal tersebut belum terwujud dan oleh karena hidup petani masih jauh dari makmur, maka banyak generasi muda yang tak ingin memiliki cita-cita menjadi petani; menjadi petani dianggap sebagai kerja yang tidak bergengsi.

    Lain halnya dengan pertanian di negara-negara maju yang mana menjadi petani merupakan hal yang luar biasa dan tidak sembarang orang bisa melakukannya.

    Padahal, meski pertumbuhan penduduk semakin pesat, area atau lahan pertanian di indonesia masih sangat luas dan jauh lebih luas jika dibandingkan dengan area pertanian di negara lain.

    Namun demikian, produksi pertanian di indonesia boleh masih kalah dengan negara-negara dengan wilayah lebih sempit seperti misalnya Thailand, India, China, Vietnam, atau bahkan negara-negara maju di Amerika dan Australia.

    Kenapa hal tersebut bisa terjadi?

    Tentu saja salah satu sebabnya adalah keterpurukan hidup para petani sehingga inovasi kreatif untuk meningkatkan produksi pertanian terhambat.

    Yang ada para petani belum mengembangkan segala bentuk peluang pertanian yang ada karena lebih sibuk untuk bertahan hidup.

    Pernyataan Ulang Pendapat
    Seandainya Pemerintah Indonesia mengutamakan pertanian sebagai basis ekonomi negara, maka sudah semestinya nasib para petani akan membaik.

    Namun sayangnya pemerintah lebih mengedepankan industri dan sektor bisnis lain yang justru bukan akar dari kekayaan tanah air Indonesia sehingga negara ini selalu berada di posisi terombang-ambing karena tidak berpijak pada basis ekonomi yang semestinya, yakni pertanian.


    √ 61 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Pernyataan Pendapat (Tesis)
    Assalamu’alaikum Wr.Wb. Selamat malam, salam damai dan salam sejahtera bagi kita semua.

    Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu sekalian yang saya hormati, pertama-tama kita panjatkan puji syukur kehadirat tuhan yang maha esa karena pada kesempatan hari ini kita bisa berkumpul di sini dengan keadaan baik dan sehat untuk meneguhkan kembali penghayatan kita semua atas Bhineka Tunggal Ika sebagai warga Indonesia yang berlandaskan pada ideologi pancasila.

    Argumentasi
    Sebagaimana telah kita tahu dan kita alami beberapa waktu belakangan ini, pikiran dan perasaan kita sedang diuji dengan adanya berbagai macam isu perpecahan dan permusuhan antar suku, agama, ras, golongan, dan aliran kepercayaan.

    Bilamana isu ini tidak disikapi dengan cara bijaksana, hal ini akan berbahaya dan mengancam perdamaian antar warga di seluruh penjuru tanah air.

    Oleh sebab itulah, dalam kesempatan ini, saya hendak menyerukan kembali pentingnya perdamaian dan toleransi antar umat beragama, antar suku, antar ras, antar daerah, dan segala jenis perbedaan diantara kita semua.

    Sebagaimana telah kita ketahui, situasi yang kurang menyenangkan ini bermula dari munculnya isu penistaan agama yang berimbas pada banyak hal khususnya redupnya toleransi antar sesama.

    Saya percaya bahwa semua agama itu bertujuan baik dan tak ada satupun ajaran agama di negara kita ini yang menganjurkan untuk saling bermusuhan.

    Namun oleh karena agama telah dijadikan kendaraan politik, sayangnya demikian yang terjadi, agama telah tercemar dan kehilangan nilai spiritualitasnya. Hal ini telah terjadi dan tak dapat dihindarkan.

    Sementara itu, tanpa sadar kita telah dipecah belah oleh pihak-pihak tertentu melalui berbagai jenis media masa sehingga kita seringkali terpancing untuk ikut emosi atas sesuatu yang sebenarnya bukanlah kepentingan kita.

    Bapak ibu sekalian yang saya hormati, kita semua sebagai manusia yang sungguh kecil di hadapan Tuhan Yang Maha Esa pencipta alam semesta semestinya tak berhak untuk menyombongkan diri, menyombongkan apa yang telah kita miliki, menyombongkan golongan dan keyakinan kita semua.

    Jika kita semua ini disandingkan dengan alam semesta yang tak terbatas luasnya, yang telah diciptakan oleh Tuhan yang maha esa, maka kita ini tiada artinya.

    Apakah jika kita semua saling bertikai, saling mengagungkan kepercayaan kita atas kebenaran tuhan dalam benak kita masing-masing, maka Tuhan akan bangga?

    Bila kita dengan rendah hati mau mendengarkan hati nurani dan akal budi kita, tentu kita akan sepakat bahwa saling menghujat dan saling menghina antar umat beragama bukanlah perintah Tuhan.

    Oleh sebab itulah, sekali lagi saya hendak menghimbau, agar kita semua tak mudah terpancing oleh isu-isu yang berpotensi menimbulkan perpecahan.

    Isu-isu ini adalah ciptaan pihak-pihak tertentu yang ingin mengoyang pancasila dan persatuan NKRI dan kita semua inilah sasarannya, yakni agar kita teradu domba dan saling bertikai.

    Untuk menghindari hal ini, hendaknya kita semua membuka lebar pintu hati kita untuk lebih ikhlas lagi dalam saling berbagi dan saling menyanyangi antar sesama serta menyingkirkan segala bentuk pikiran dan prasangka tidak baik kepada sesama.

    Insyaallah bila kita ikhlas melakukannya, hal ini adalah ibadah yang mulia dan baik di hadapan Tuhan yang maha esa.

    Pernyataan Ulang Pendapat
    Kiranya saya tak akan berpanjang lebar lagi untuk mengingatkan akan pentingnya menjaga perdamaian dan cinta kasih antar kita semua yang telah diciptakan berbeda-beda oleh Tuhan yang maha esa.

    Bilamana dalam pidato ini ada kata-kata yang kurang berkenan, maka dengan segala kerendahan hati saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

    Semoga Tuhan selalu memberikan segala kebaikan bagi kita semua dan menjauhkan kita semua dari yang buruk.
    Akhir kata, wassalamu’alaikum Wr.Wb.


    √ 62 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Pernyataan Pendapat (Tesis)
    Sekitar 200 tahanan kabur dari rumah tahanan klas IIB Pekan Baru yang beralamat di Jalan Sialang Bungkuk, Sail, Tenayanraya pada hari Jum’at (5-5-2017) seusai shalat Jum’at.

    Hal ini menunjukkan bahwa rumah tahanan tersebut dikelola dan beroperasi dengan sistem yang buruk.

    Argumentasi
    Menurut Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Guntur Aryo Tejo, hingga pukul 15.00 ada sekitar 50 tahanan kabur yang berhasil di tangkap.

    Guntur mengungkapkan bahwa jumlah tahanan di Rutan tersebut sudah sangat melebihi kapasitas.

    Hingga saat ini, pengendalian situasi dilakukan oleh Brimob Polda Riau yang dikerahkan ke rutan, sementara itu petugas gabungan reserse dan intelegen menyebar ke seluruh wilayah untuk mengejar tahanan kabur yang belum tertangkap.

    TNI juga turut membantu dalam mengendalikan situasi di rutan dan pemadam kebakaran serta petugas penjara bersiaga untuk mencegah terjadinya bentrok susulan.

    Warga sekitar membenarkan bahwa sebelum shalat Jum’at, suara ribut telah terdengar dari dalam rutan.

    Suara semakin menjadi-jadi ketika shalat Jum’at berlangsung. Salah seorang warga yang menjadi saksi mata, hasan (66 tahun) mengatakan, “Pas itu saya lihat ratusan tahanan keluar dari pintu lalu lari menyebar kemana-mana.”

    Pernyataan Ulang Pendapat
    Kejadian ini sangat disayangkan mengingat para tahanan tersebut merupakan orang-orang yang meresahkan masyarakat.

    Jika pemerintah daerah Riau membenahi sistem keamanan rutan seiring dengan meningkatnya jumlah tahanan, maka kejadian seperti ini barangkali tidak akan terjadi.


    √ 63 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Pernyataan Pendapat (Tesis)
    Pantai merupakan salah satu tujuan wisata yang ramai dikunjungi wisatawan.

    Dari berbagai macam pantai di berbagai wilayah di Indonesia, masing-masing memiliki daya tariknya tersendiri.

    Pantai Popoh, Tulungagung, merupakan salah satu pantai yang tak hanya menyuguhkan panorama alam namun juga panorama kultural karena pantai tersebut merupakan tempat berlabuhnya kapal nelayan dan menjadi pantai terpenting sebagai pasar ikan laut segar khususnya di wilayah Tulungagung dan sekitarnya.

    Argumentasi
    Setidaknya ada 3 jenis panorama yang bisa dijadikan objek hiburan di pantai Popoh, Tulungagung, yaitu pertama adalah panorama alam yang sejuk dan rindang sekaligus merupakan pelabuhan alami, kedua adalah aktivitas para nelayan yang sedang mencari ikan atau memasarkan ikannya di pasar ikan, ketiga adalah kesenian dan ritual yang sering di gelar di pantai tersebut.

    Pantai popoh terletak di ujung selatan kota Tulungagung dan dari pusat kota, diperlukan waktu kurang lebih 30 menit untuk bisa sampai di pantai tersebut.

    Perjalanan untuk menuju pantai tersebut juga merupakan keasyikan tersendiri karena sebelum mencapai pantai tersebut, para pengunjung akan melewati wilayah para pengrajin batu marmer terbesar se Jawa (atau mungkin se Indonesia), Campurdarat, dan juga akan melewati pegunungan dan hutan.

    Untuk menikmati indahnya pantai popoh, para wisatawan tidak memerlukan payung untuk berlindung dari terik matahari karena di pantai tersebut terdapat banyak pohon besar yang menjadi peneduh.

    Di area utama pantai tersebut juga telah dibangun pendopo dan panggung hiburan sekaligus tempat belanja oleh-oleh berupa barang kerajinan dan juga aneka ikan laut segar hasil tangkapan nelayan setempat.

    Dipantai ini sayang sekali hanya memiliki sedikit pasir dan hal ini sangat berbeda dengan pantai lainnya yang menyediakan pasir melimpah ruah.

    Lantas bagaimana bisa menjadi pantai jika tidak ada pasir?

    Sebagai gantinya, bibir pantai tersebut masih berupa batu karang sehingga pantai tersebut menjadi pelabihan alami.

    Tentu saja, dipantai popoh pengunjung tidak bisa berenang karena batas selepas batas bibir pantai tersebut merupakan laut yang dalam.

    Namun demikian, tak jauh dari pantai ini, tepatnya disepanjang pesisir sebelah barat dan seterusnya, pengunjung bisa menikmati hangatnya pasir pantai dan asiknya berenang di lautan.

    Harga makanan yang tersedia di warung-warung sekitar pantai Popoh boleh dibilang murah meriah.

    Hal ini disebabkan karena pantai ini jarang dikunjungi pengunjung kecuali waktu liburan sehingga pada hari-hari biasa pantai terlihat sepi dari pengunjung.

    Dari situlah para penjual makanan memasang tarif biasa agar para wisatawan tidak kapok untuk berkunjung di sana.

    Selain terkenal dengan pantai nelayan, pantai popoh juga dikenal dan difungsikan sebagai tempat untuk melangsungkan ritual tertentu baik ritual kelompok atau personal (seseorang yang datang untuk wangsit dengan cara semedi di tempat-tempat tertentu).

    Tak jauh dari pantai ini, tepatnya sebelum menuju ke arah parkir kendaraan, terdapat bangunan yang bernama pesanggrahan reco sewu yang dibangun oleh Soemiran Karsodiwirjo, pemilik pabrik rokok retjo pentung yang kini telah bangkrut dan sempat berjaya pada masa lalu.

    Pesanggrahan ini dibangun sekaligus dilengkapi dengan patung raksasa Dwarapala yang berjumlah 2999 dan ditempatkan sedemikian rupa mengelilingi pesanggrahan tersebut untuk dipersembahkan kepada ratu pantai selatan, yakni Nyi Roro Kidul.

    Maka tak heran jika pesanggrahan ini sangat bernuansa mistis dan barangkali sangat jauh lebih mistis jika dibandingkan dengan pantai Parangtritis di Yogyakarta.

    Pernyataan Ulang Pendapat
    Panorama yang tersedia di pantai popoh dan sekitarnya merupakan kombinasi yang lengkap sehingga para pengunjung tak hanya terpuaskan oleh panorama alam pantai sebagaimana pada umumnya, namun juga pengunjung bisa menikmati panorama aktivitas para nelayan sekaligus nuansa mistis yang memayungi seluruh wilayah tersebut.


    √ 64 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Pernyataan Pendapat (Tesis)
    Buah durian masih merupakan rajanya buah di Indonesia karena banyak penggemarnya dan mahal harganya.

    Karena banyaknya peminat, buah durian menjadi ladang bisnis yang menggiurkan.

    Pada jenis-jenis durian tertentu yang langka, banyak orang yang rela meluangkan waktu dan uang untuk berburu di daerah-daerah tertentu untuk bisa menikmati kelezatannya.

    Seiring dengan perkembangan teknologi di bidang pertanian, buah durian semakin banyak dikembangkan dengan berbagai jenis varian baru yang lebih menggoda.

    Argumentasi
    Buah durian kini dikembangkan sedemikian rupa hingga menghasilkan berbagai jenis durian baru. Berikut ini merupakan jenis-jenis durian unggulan yang menjadi primadona di pasar buah.

    Durian Musangking
    Durian musangking termasuk salah satu durian jenis durian unggulan asal malaysia yang baru-baru ini populer di Indonesia.

    Harga durian ini cukup fantastis, yakni bisa mencapai 250.000 rupiah per buah.

    Di Indonesia, duriang musangking mula-mula dikembangkan di daerah Kebumen, Jawa Tengah dan Kediri, Jawa Timur dan kemudian mulai banyak yang mencoba untuk membudidayakan bibitnya karena omzet penjualan bibit durian ini sangat menggiurkan.

    Duriang Bawor
    Durian Bawor merupakan satu-satunya pesaing durian montong karena kemiripan bentuk, ukuran, tekstur, dan rasanya.

    Durian bawor ini merupakan durian baru yang dikembangkan di Jawa Tengah.

    Keunikan dari durian Bawor ini adalah pohonnya yang berasal dari dua atau tiga pohon dijadikan satu sehingga memiliki masa berbuah yang cepat dari masa tanam, yakni sekitar 3-4 tahun.

    Durian Montong
    Durian montong ini sempat menjadi raja durian karena kelezatannya.

    Durian montong ini berasal dari Thailand dan hingga saat ini Indonesia masih mengekspor durian montong unggulan dari Thailand meski di Indonesia sendiri sudah banyak yang mencoba untuk membudidayakannya.

    Durian Merah
    Durian merah sangat spesial karena hanya tumbuh baik di daerah Banyuwangi.

    Awalnnya durian ini hampir punah, namun kemudian berkat kerjasama antara petani dengan pemerintah daerah setempat, bibit durian ini mulai diperbanyak dan dibudiayakan.

    Durian merah tak hanya lezat rasanya, namun juga dipercaya mampu menjadi obat untuk penyakit tertentu sehingga tak heran jika sangat sulit menemukan durian ini dipasaran lantaran durian ini telah laku bahkan sebelum keluar dari kebun.

    Durian Terong
    Durian terong ini berasal dari Kalimantan Barat.

    Hal yang menjadikan durian terong ini istimewa adalah meski bentuknya kecil dan memiliki isi buah yang tak terlalu banyak, namun durian terong ini memiliki daging dengan ketebalan hingga 3 cm, berbiji keriput sehingga buah ini nyaris tak berbiji.

    Tak hanya itu, rasa dari buah durian terong ini setajam aromanya.

    Durian Raja Udang
    Durian raja udang ini memiliki tekstur daging yang lunak dan lembut namun kering alias tidak banyak mengandung air.

    Ketebalan daging buah durian raja udang ini kurang lebih mencapai 1,5 cm dan memiliki rasa manis serta sensasi sedikit pahit yang tertinggal di ujung lidah setelah kita selesai memakannya.

    Buah durian ini bisa mencapai berat hingga 3 kg dengan kulit buah yang lumayan tebal namun berbau sangat harum.

    Durian Mimang
    Durian mimang berasal dari Madukara, Jawa Tengah.

    Salah satu keunikan dari buah durian mimang adalah bentuknya yang ramping dengan kulit berwarna hijau kekuningan.

    Daging dari buah ini termasuk tebal dengan kandungan serat tinggi. Rasa dari daging buah durian mimang ini tergolong manis dan mempunyai kandungan alkohol tinggi.

    Karena buah ini memiliki keharuman yang khas, maka buah durian mimang ini mudah dibedakan dengan durian lainnya.

    Durian Matahari
    Durian matahari berasal dari Bogor, Jawa Barat. Bentuk dari buah durian ini agak bulat dengan warna kulit hijau kecoklatan.

    Kulit durian ini memilik duri yang berukuran besar dan jarang. Meski beraroma tidak terlalu kuat, namun durian matahari ini memiliki rasa manis.

    Durian Tembaga
    Durian tembaga berasal dari kabupaten Kampar, Riau.

    Meski ukuran buahnya tidak terlalu besar, namun buah durian tembaga ini sangat disukai banyak orang karena karakternya yang unik.

    Buah ini berbentuk bulat dengan duri yang ramping, runcing, dan rapat. Yang spesial dari buah tembaga adalah dagingnya yang berwarna kuning pekat sehingga dijuluki sebagai durian tembaga.

    Tak hanya warnanya yang menarik, rasa dari daging buah durian tembaga sangatlah manis dengan aroma harum yang mudah sekali tercium.

    Durian Bokor
    Durian Bokor merupakan buah durian yang berasal dari daerah Majalengka, Jawa Barat.

    Buah durian ini termasuk memiliki ukuran yang besar, berwarna hijau kekuningan dengan berat mencapai 3-4 Kg.

    Meski demikian, durian ini memiliki kulit yang tipis, berdaging buah agak tebal, berwarna kuning keemasan, bertekstur halus dan manis rasanya.

    Durian Candimulyo
    Buah Durian candimulyo ini terkenal dengan bijinya yang kecil tapi memiliki daging buah yang tebal.

    Rasa dari daging buah durian ini boleh dibilang manis dengan sensasi pahit. Durian candimulyo tumbuh dengan baik dan dibudidayakan di daerah Magelang, Jawa Tengah.

    Durian Petruk
    Buah durian petruk merupakan buah durian asli jepara.

    Disebut sebagai durian petruk karena buah ini berbentuk lonjong berwarna hijau kekuningan dengan daging buah yang tebal, berwarna kuning, berserat halus, agak lembek dan memiliki rasa manis dengan sensasi sedikit pahit.

    Pernyataan Ulang Pendapat
    Varian buah durian saat ini jauh lebih banyak dari jaman dahulu dan tentunya masing-masing varian ini masih bisa disilangkan dan menghasilkan jenis baru yang barangkali memiliki kualitas lebih baik.

    Oleh karena itulah, buah durian ini sampai saat ini memberikan banyak peluang untuk dijadikan bisnis, baik bisnis utama atau hanya bisnis sampingan.


    √ 65 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Pernyataan Pendapat (Tesis)
    Membuat pupuk organik cair sangatlah mudah dan murah biayanya.

    Pupuk organik cair bisa dibuat dengan cara sederhana dan dengan menggunakan bahan yang sangat mudah ditemukan, diantaranya adalah sampah organik seperti dedaunan, sampah sayuran, tulang belulang, kulit buah, makanan basi, sisa makanan, buah-buahan busuk, rerumputan, bangkai, dan lain sebagainya.

    Sehingga, membuat pupuk organik cair dengan bahan-bahan tersebut boleh dibilang sebagai daur ulang sampah organik.

    Argumentasi
    Pupuk merupakan suplemen tambahan bagi tanaman.

    Pupuk sangat dianjurkan apabila tanaman di tanam pada media tanam yang kurang subur.

    Dengan cara membuat pupuk sendiri, tentunya hal ini tak hanya menghemat pengeluaran, namun juga mendayagunakan sampah organik agar tak terbuang percuma.

    Salah satu jenis pupuk adalah pupuk cair.

    Disebut pupuk cair karena wujud dari pupuk ini memanglah cairan yang bisa diaplikasikan dengan cara disiramkan di media tanam dengan dosis tertentu atau disemprotkan ke daun tanaman dengan kadar kepekatan tertentu.

    Pupuk cair organik ini dijual di pasaran dengan harga yang relatif mahal jika dibandingkan dengan pupuk padat seperti pupuk kandang atau kompos.

    Namun tak harus beli bila ingin menggunakan pupuk cair organik yang terkenal sangat mudah diserap tanaman. Pupuk cair organik bisa dibuat dengan cara sederhana.

    Untuk membuat pupuk cair organik dengan cara sederhana, siapkan alat dan bahan berikut ini:

    Botol minum bekas 1,5 liter dua buah.
    Selang bangunan 1 meter.
    Lem/lilin.
    Gula 5 sendok makan.
    Ragi roti (fermipan, dll) atau ragi tape.
    Air

    Sampah dapur atau sampah organik 1/3 botol.
    Sebagai catatan, alat dan bahan tersebut akan menghasilkan pupuk cair organik sebanyak kurang lebih 1 liter.

    Botol minum bekas dipergunakan sebagai media pembuatan, 1 buah untuk menempatkan semua bahan dan satunya untuk pembuangan gas yang disalurkan melalui selang bangunan (keduanya terhubung).

    Bila ingin mendapatkan pupuk organik dengan kandungan mineral yang bervariasi, gunakan bahan-bahan sebagai berikut untuk dicampurkan, yaitu kotoran ayam/kambing/sapi/kelinci (yang sekiranya mudah didapatkan), daun tanaman kacang-kacangan, kulit pisang, tulang belulang, cangkang telur, nasi basi, buah-buahan busuk yang di cincang dan dijadikan satu hingga sebanyak 1/3 botol.

    Berikut ini merupakan langkah-langkah pembuatan pupuk cair organik sederhana:

    Siapakan media pembuatan dengan cara melubangi tutup salah satu botol bekas seukura selang bangunan. Pasang selang tersebut dan tutup celahnya dengan menggunakan lem atau lilin. Botol yang satunya tidak usah di beri tutup namun cukup diberi air hingga penuh.

    Masukkan semua bahan sampah organik

    Cairkan 5 sendok makan gula dengan 1 liter air, lalu tambahkan 1 bungkus ragi roti, aduk hingga merata. Masukan ke dalam botol yang telah terisi bahan sampah organik. Aduk perlahan.

    Tutup botol tersebut dengan tutup botol yang telah terpasang selang. Masukkan ujung selang satunya ke dalam air pada botol satunya. Pastikan selang ini selalu dibawah permukaan air selama proses berlangsung karena selang ini berfungsi untuk mengeluarkan gas fermentasi dan mencegah udara luar yang masuk ke dalam botol fermentasi.

    Tunggu hingga 2 minggu

    Bila proses berhasil, cairan tersebut akan beraroma seperti aroma tape.

    Pisahkan cairan tersebut dari ampasnya dengan cara disaring. Cairan tersebut merupakan pupuk cair organik sementara ampasnya bisa dipergunakan sebagai pupuk padat.

    Pupuk cair organik bisa diaplikasikan dengan cara disiramkan langsung pada media tanam tanaman dengan dosis 1 liter pupuk cair organik dicampurkan dengan 15-20 liter air.

    Pupuk tersebut bisa juga dipergunakan sebagai pupuk daun, yakni dengan mencampurkan 1 sendok makan pupuk cair organik dengan 1 liter air dan disemprotkan ke daun tanaman pada waktu sore hari/ malam hari/ subuh ketika sinar matahari sangat redup sinarnya (pada waktu ini stomata daun terbuka lebar dan mudah menyeram pupuk).

    Pernyataan Ulang Pendapat
    Metode pembuatan pupuk organik cair dengan cara sederhana tentunya tak hanya menghemat pengeluaran, namun juga bisa dipergunakan untuk mengoptimalkan manfaat dari sampah organik.

    Bila semua sampah organik yang hanya mengonggok ditempat sampah dimanfaatkan sebagai pupuk organik, tentunya hal ini bisa berpeluang untuk dijadikan mata pencaharian sampingan.


    √ 66 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Transportasi didefinisikan oleh para ahli sebagai kebutuhan turunan dari berbagai kegiatan ekonomi maupun sosial (lihat misalnya Morlock, 1985). Tipe kegiatan sosial ekonomi yang berbeda akan memiliki dampak kegiatan transportasi yang berbeda pula.

    Argumentasi :

    Kegiatan transportasi harian relatif menimbulkan pergerakan yang bersifat berulang, misalnya yang terjadi pada para pekerja dan mereka yang menempuh pendidikan di sekolah. Di Yogyakarta, kota kita tercinta ini, kemacetan terjadi setiap hari pada titik-titik yang menjadi jalur pergerakan para pekerja dan siswa dari tempat tinggal menuju lokasi kerja dan sekolah.

    Kemacetan yang berulang pada jangka lebih panjang cenderung terjadi pada musim liburan maupun lebaran. Pada tahap kedatangan dan kepulangan, kemacetan parah akan terjadi pada jalan-jalan arah luar kota (misalnya Jalan Magelang, Jalan Solo, Jalan Palagan dan Jalan Wates). Pada rentang di antara masa tersebut, kemacetan dapat dirasakan di pusat kota sebagai lokasi menginap dan tujuan wisata (seperti Malioboro, Prawirotaman), serta jalan-jalan menuju objek wisata, seperti Jalan Parangtritis.

    Pengegasan Ulang :

    Kemacetan harian yang dominan ditimbulkan oleh aktivitas masyarakat dalam lingkup internal. Kemacetan yang berulang setiap hari merupakan ekses dari pola tempat tinggal, bekerja dan bersekolah.Upaya mendekatkan lokasi tempat tinggal dengan lokasi kegiatan merupakan salah satu solusi yang dapat dilakukan.Bentuknya dapat berupa pemberian insentif tempat tinggal berupa rumah susun sewa maupun milik yang cukup nyaman untuk beraktivitas.Selama ini sepertinya belum ada upaya pengaturan pola berkegiatan yang sistematis.


    √ 67 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Tesis :
    Peran dan Manfaat WTO Globalisasi memberikan dampak berupa perubahan pada pasar internasional, salah satunya adalah liberalisasi perdagangan, yang dipandang sebagai suatu upaya untuk meningkatkan daya saing ekonomi.

    Argumentasi :
    Indonesia yang menganut perekonomian terbuka sangat sulit untuk mengelak dari dinamika ekonomi internasional yang semakin mengglobal ini. Konsekuensinya, pasar domestik Indonesia tidak terlepas dari gejolak pasar dunia yang semakin liberal, karena kebijakan unilateral dan ratifikasi kerjasama perdagangan internasional (regional dan global) yang harus dilakukan Indonesia.World Trade Organization (WTO) atau Organisasi Perdagangan Dunia merupakan satu-satunya badan internasional yang secara khusus mengatur masalah perdagangan antar negara.

    Pengegasan Ulang :
    Sistem perdagangan multilateral WTO diatur melalui suatu persetujuan yang berisi aturan-aturan dasar perdagangan internasional sebagai hasil perundingan yang telah ditandatangani oleh negara-negara anggota.


    √ 68 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Ekonomi Indonesia

    Tesis :
    Ekonomi rakyat adalah “kegiatan ekonomi rakyat banyak” . Jika dikaitkan dengan kegiatan pertanian, maka yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi rakyat adalah kegiatan ekonomi petani atau peternak atau nelayan kecil, petani gurem, petani tanpa tanah, nelayan tanpa perahu, dan sejenisnya; dan bukan perkebunan atau peternak besar atau MNC pertanian, dan sejenisnya.

    Argumentasi
    Perspektif lain dari ekonomi rakyat dapat pula dilihat dengan menggunakan perspektif jargon: “ekonomi dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat”.

    “Dari rakyat”, berarti kegiatan ekonomi itu berkaitan dengan penguasaan rakyat dan aksesibilitas rakyat terhadap sumberdaya ekonomi. Rakyat menguasai dan memiliki hak atas sumberdaya untuk mendukung kegiatan produktif dan konsumtifnya.

    Baca Juga Artikel Terkait Tentang Materi: Teks Editorial : Pengertian, 14 Contohnya, Isi Dan Strukturnya

    “Oleh rakyat”, berarti proses produksi dan konsumsi dilakukan dan diputuskan oleh rakyat. Rakyat memiliki hak atas pengelolaan proses produktif dan konsumtif tersebut. Berkaitan dengan sumberdaya (produktif dan konsumtif), rakyat memiliki alternatif untuk memilih dan menentukan sistem pemanfaatan, seperti berapa banyak jumlah yang harus dimanfaatkan, siapa yang memanfaatkan, bagaimana proses pemanfaatannya, bagaimana menjaga kelestarian bagi proses pemanfaatan berikutnya, dan sebagainya.

    “Untuk rakyat”, berarti rakyat banyak merupakan ‘beneficiaries utama dari setiap kegiatan produksi dan konsumsi. Rakyat menerima manfaat, dan indikator kemantaatan paling utama adalah kepentingan rakyat.

    Penegasan Ulang :
    Dalam hal ini perlu pula dikemukakan bahwa ekonomi rakyat dapat berkaitan “dengan siapa saja”, dalam arti kegiatan transaksi dapat dilakukan juga dengan “non-ekonomi-rakyat”. Juga tidak ada pembatasan mengenai besaran, jenis produk, sifat usaha, permodalan, dan sebagainya.Ekonomi rakyat tidak eksklusif tetapi inklusif dan terbuka. Walaupun demikian, sifat fundamental diatas telah pula menciptakan suatu sistem ekonomi yang terdiri dari pelaku ekonomi, mekanisme transaksi, norma dan kesepakatan (“rule of the game”) yang khas, yang umumnya telah memfasilitasi ekonomi rakyat untuk survive dan berkembang sejalan dengan perkembangan sosial ekonomi masyarakatnya.

    Manfaat Bursa Efek
    Pada umumnya terdapat peranan besar atas pasar modal yang meliputi dua hal yaitu pertama, menjadi tempat pertemuan untuk dapat memperoleh informasi mengenai keadaan pasar efek. Kedua, menjadi tempat pertemuan dan alat untuk dapat mengetahui seperti apa situasi pinjaman jangka panjang seperti Obligasi dan saham.

    Dengan adanya peningkatan pada volume transaksi dan semakin banyaknya perusahaan yang aktif pada lantai bursa telah mengindikasikan bahwa akan semakin membaiknya perekonomian nasional, yang berarti bahwa keadaan ini bisa terjadi disebabkan perusahaan mempunyai kesempatan yang lebih luas lagi dalam mengembangkan investasi yang akhirnya akan dapat menggugah adanya peningkatan produksi.

    Semakin meningkatnya kemampuan beli masyarakat, berarti terdapat peningkatan produksi yang pada gilirannya akan dapat menciptakan sebuah lapangan kerja dan secara sekaligus terjadi pemerataan ekonomi kerakyatan, serta dapat meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi, keadaan ini adalah sebuah konsekuensi logis dari sehatnya aktivitas ekonomi yang ada didalam masyarakat.

    Liberalisasi Migas
    Sesudah sektor hulu migas telah berhasil di liberalisasi maka pada sumber migas sebagian besar akan dikuasai oleh pihak Asing, sekarang pada sektor hilir pun akan dibuka untuk pihak asing.

    Ini dengan jelas diungkapkan oleh Menteri ESDM Kabinet Indonesia Bersatu jilid I yaitu purnomo Yusgiantoro, yang dimana pada tahun 2010 harga BBM yang murni akan dikembalikan pada mekanisme persaingan usaha yang wajar dan sehat.

    Pada proses kenaikan harga BBM sekarang ini bahkan telah melebihi harga internasional. Dengan demikian, liberalisasi sudah terjadi dan SPBU asing akhirnya mulai dalam meraup untung karena mereka senang bersaing dengan SPBU pertamina.


    √ 69 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi Tentang Pendidikan

    Pendidikan adalah senjata paling ampuh, karena dengann pendidikan mampu mengubah dunia. Sebenarnya, apa itu pendidikan? Pendidikan adalah sebuah sarana dimana kita dapat mempelajari banyak hal yang bermanfaat.Pendidikan yang ada di negara kita sendiri, Indonesia, tergolong lumayan baik. Pemerintah telah mengeluarkan dana untuk merenovasi dan membangun gedung sekolah, dan menggratiskan untuk biaya pendidikan. Apa yang mesti disadari oleh pelajar adalah adanya keinginan belajar dan berprestasi.

    Dengan tekad bisa membangun semangat yang ada dalam diri pelajar, haruslah para pelajar segera menyadari bahwa pemerintah sudah membantu mereka secara tak langsung dengan membantuu pendidikan Indonesia.Pelajar mesti memberikann yang terbaik untuk bangsa dan negara karena pendidikann yang sudah ditopangg oleh pemerintah. Dengan begitu, pasti derajat Indonesia akan lebih diakui dikancah dunia.

    Selain itu, Indonesia jugaa akan banyakk didatangi oleh investor asing, sehingga mampu meningkatkan perekonomiann dalam negeri. Namun, pendidikann kadang dicemari karena ulah para oknum yang tidak bertanggungjawab, mencoreng dunia pendidikan Indonesiaa. Itu juga mesti diberantas. Bagaimana caranya? Dengan mendatanggkan guru yangg berkualitas dan sosialisasi kepada para murid, diharapkann dapat menekan angkaa ulah oknum tidak bertanggung jawab ini.

    Sering kita lihat di koran atau televisi, adanya tingkat kekerasan disekolah dan bullying (penganiayaan) terhadap sesama teman sejawat. Itu juaa perlu dihindari demi kemajuan pendidikan Indonesia.


    √ 70 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi Tentang Kesehatan

    Siri Merah merupakan salah satu jenis tanaman yang sering dijadikan obat tradisional oleh masyarakat. Tanaman ini juga dapat dibudidayakan oleh masyarakat, guna sebagai persediaan tanaman obat-obatan (Tesis).

    Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa tanaman sering dijadikan obat Diabetes, Maag, Kanker, dan juga obat untuk mengatas ketombe. Selain itu ada pula yang memanfaatkan tanaman ini sebagai obat menyembuhkan keputihan pada area kewanitaan.

    Masyarakat menggunakan Sirih Merah dengan cara mengambil daunnya, kemudian diolah melalui perebusan. Kemampuan Sirih Merah ini sebagai tanaman obat, dikarenakan senyawa aktif yang ada di dalamnya.

    Seperti Polivenol, Minyak Atsiri, Euganol, dan sebagainya (Argumentasi). Dengan demikian dapat dipahami bahwa Sirih Merah mampu digunakan untuk menyembuhkan beberapa penyakit secara tradisional (Penegasan Kembali).


    √ 71 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi Tentang Pengetahuan Alam

    Benda langit yang telah ditemukan pada beberapa waktu lalu mungkin merupakan planet yang kesepuluh dalam tata surya kita. Para ilmuwan tengah mempertimbangkan untuk memberikan nama benda langit tersebut dengan nama yaitu Sedna. Ukuran batu yang berlapis es ini tetap belum diketahui secara pasti akan tetapi terdapat dugaan ia sedikit lebih besar dibanding pluto.

    Pada perhitungan awal telah diduga pada benda langit tersebut memiliki jarak sekitar 7,5 milliar sampai 10 milliar kilometer dari Bumi, pada wilayah antraksi juga telah dikenal sebagai Sabu Kuiper atau Kuiper Belt (read: KB).

    Kuiper Belt atau KB memiliki ratusan objek dan kebanyakan anggota KB merupakan terdiri atas beberapa batu yang berlapis es yang berukuran kecil, akan tetapi ada beberapa diantaranya sama dengan Sedna bisa berukuran sebesar atau bahkan lebih besar dibandingkan dengan Pluto.

    Pentingnya Sedna sehingga mulai diusulkan menjadi sebuah Planet disebabkan ia merupakan benda langit yang mempunyai orbit yang normal. Objek yang sejenis dengannya yaitu seperti Varuna dan Quaoar yang juga termasuk pada jajaran KB, tapi telah diketahui bahwa keduanya tidak mempunyai orbit norma dan seringkali berpindah.

    Nah, untuk dapat menentukan apakah orbit Sedna itu benar-benar stabis, maka para astronom yang ada di observatorium Tenagra yang ada di Arizona sudah dimintai untuk dapat meneliti jalur Sedna. Alhasil nantinya akan dapat digunakan dalam menentukan apakah benda langit tersebut dapat digolongkan menjadi sebuah planet.


    √ 71 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi Tentang Politik Media Massa Jadi Setan Bisu

    Hampir disetiap media massa tak ada yang bisa mengkritisi argumentasi terhadap kenaikan harga BBM yang dilakukan oleh pemerintah. Entah, memang karena para media massa tidak memahami atau sudah terkooptasi oleh kehadiran kepentingan penguasa, mereka akhirnya mengikut saja atas kemauan pemerintah.

    Malahan terdapat beberapa media yang justru menjadi corong kebohongan dari pemerintah. Media-media ini telah menampilkan para pakar yang selama ini berada di belakang para penguasa. Juga para pakar ekonomi yang telah dikenal dalam berhaluan liberal dan sudah menjadi bagian dari para mafia Berkeley.

    Bahka mereka tak sedikitpun memberikan ruang kepada orang-orang yang telah mengkritisi setiap kebijakan pemerintah yang dapat memberatkan rakyat. Kwik Kian Gie sebagai salah satu contoh bahwa dia telah mengaku sudah di blacklis oleh para media besar karena telah berani mengkritik pemerintah dari setiap kebijakan dalam perekonomiannya.

    Untunglah masih ada satu saluran televisi yang masih ingin menerima saya. Mungkin saja karena televisi tersebut punyanya KMP ” katanya berseloroh.


    √ 72 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi Lingkungan Pencemaran

    Pernyataan Pendapat (Tesis):
    Lingkungan yang bersih adalah satu diantara prasyarat untuk mendukung kehidupan yang sehat, baik sehat dengan rohani ataupun jasmani. Kebersihan lingkungan harusnya adalah hal yang serius serta mesti diaplikasikan dengan benar-benar, tetapi sayangnya banyak yang belum juga punya kebiasaan untuk hidup bersih serta sehat dengan melindungi kebersihan lingkungan hingga pencemaran lingkungan masih tetap berlangsung di mana-mana.

    Argumentasi:
    Paling tidak ada empat type pencemaran lingkungan yang begitu mengganggu kenyamanan, yaitu pencemaran tanah, pencemaran air, pencemaran udara, serta pencemaran nada.

    Pencemaran Tanah
    Pencemaran tanah biasanya berlangsung karna banyak yang buang sampah serta limbah asal-asalan.

    Akan tetapi, ada hal-hal lain yang mengakibatkan terjadinya pencemaran tanah, yaitu pemakaian pupuk kimia dengan terus-terusan yang beresiko pada ketidakstabilan susunan tanah. Imbasnya, tanah tidak cuma juga akan jadi tandus serta gersang, tetapi juga riskan erosi dan longsor.

    Disamping itu, pada masalah pembuangan sampah yg tidak harusnya juga akan buat lingkungan jadi kotor serta tidak enak untuk diliat. Bukan sekedar itu, sampah yang menumpuk atau berantakan dimana-mana akan mengundang beragam type binatang pembawa penyakit misalnya tikus, kecoa serta lalat.

    Satu diantara type sampah yang begitu beresiko untuk tanah yaitu sampah plastik karna plastik begitu susah terurai serta dapat tersimpan sepanjang bertahun-tahun di tanah berbentuk utuh, walau sebenarnya dalam sehari di semua dunia lebih dari 1 ton plastik selesai jadi sampah.

    Harusnya sampah plastik ini tidak dibuang demikian saja, tetapi dibuat kembali supaya jadi product daur ulang atau jadi sumber daya alternatif. Walau sampah plastik ini dibuang ditempat sampah pada tiap-tiap tempat tinggal, tetapi sampah-sampah plastik ini selanjutnya juga akan menumpuk ditempat pembuangan sampah.

    Telah dapat di pastikan tanah yang jadikan tempat pembuangan sampah sesaat atau akhir juga akan jadi tanah dengan kwalitas yang jelek. Dalam kurun saat yang lama, jumlah sampah ini akan tidak menyusut tetapi malah juga akan makin bertambah hingga diperlukan lahan pembuangan sampah yang lebih luas sekali lagi. Hal semacam ini sudah pasti mengerikan karna sampah plastik ini nanti juga akan jadi ancaman untuk kehidupan di masa depan.

    Pencemaran Air
    Seperti pencemaran tanah, pencemaran air disebabkan dari kebiasaa jelek manusia buang sampah asal-asalan ; sungai adalah satu diantara ruang untuk buang sampah. Sampah-sampah yang dibuang di sungai beberapa besar juga akan terbawa arus serta juga akan menumpuk di hulu sungai atau ruang penyaringan serta bendungan, sesaat beberapa yang lain juga akan mengendap di basic sungai atau terdampar di pingir sungai.

    Type sampah yang begitu beresiko untuk sungai yaitu sampah plastik serta limbah dari pabrik-pabrik yang mengalirkan limbahnya ke sungai. Diluar itu ada juga yang namanya limbah kimia yang dibuat oleh pabrik spesifik.

    Apabila limbah kimia ini tidak dibuat terlebih dulu sampai netral, jadi bila limbah ini dibuang di sungai atau di sumur limbah, bahan kimia itu juga akan mencemari air di selama sungai atau daerah dekat sumur-sumur limbah itu.

    Di kota besar yang padat masyarakat seperti Jakarta umpamanya, tumpukan sampah di sungai adalah ancaman serius yang senantiasa menyebabkan problem setiap saat musim hujan datang.

    Sampah yang menumpuk di sungai juga akan menyumbat aliran sungai serta mengakibatkan air meluap sampai ke pemukiman serta menggenang dalam kurun saat spesifik. Di daerah beda di Jawa Barat umpamanya, beberapa waktu terakhir di gemparkan dengan terjadinya sekian kali banjir bandang di banyak wilayah yang mengakibatkan beberapa rusaknya serius. Pastinya banjir ini dikarenakan oleh sampah yang menyumbat aliran sungai.

    Pencemaran Udara
    Pencemaran udara paling banyak dikarenakan oleh asap kendaraan bermotor serta asap industri pabrik. Sekarang ini jumlah kendaraan bermotor makin bertambah serta terus-terusan bertambah bersamaan dengan perkembangan jumlah masyarakat. Pasti jumlah polusi dari sisa pembakaran di mesin juga akan bertambah di udara.

    Pencemaran udara ini saat ini sudah jadi ancaman global yang mengakibatkan penambahan suhu bumi atau pemanasan global. Pastinya pemanasan global ini juga akan meneror semua kehidupan makhluk hidup di bumi karna pemanasan global tidak cuma juga akan mencairkan semua susunan es di kutub utara serta kutub selatan tetapi akan mengakibatkan terjadinya perubahan iklim.

    Perubahan iklim ini pasti akan begitu punya pengaruh di beberapa bagian terlebih di bagian pertanian serta peternakan. Diluar itu, pencemaran udara ini telah terang juga akan mengganggu kesehatan.

    Tentunya radikal bebas yang mencemari udara juga akan turut terhirup masuk dalam badan. Pada batas spesifik, tumpukan radikal bebas didalam badan ini juga akan menyebabkan penyakit serius misalnya kanker.

    Pencemaran Suara
    Pencemaran nada walau dapat disebut jadi pencemaran kelompok enteng tetapi begitu mengganggu ketenangan. Pencemaran nada adalah timbulnya beragam nada bising dari beragam sumber seperti nada mesin, klakson, serta beda sebagainya yang hasilkan nada bising serta tidak menentramkan.

    Pernyataan Ulang Pendapat:
    Bertambahnya jumlah masyarakat mempunyai konsekwensi menambahnya jumlah pencemaran lingkungan apabila hal semacam ini tidak jadi kesadaran kita bersama. Lingkungan adalah masa depan dengan yang sama perlunya dengan kebutuhan pribadi. Lingkungan yang rusak kronis juga akan mengakibatkan sulitnya bertahan hidup, demikian sebaliknya, lingkungan bersih memudahkan kehidupan manusia.


    √ 73 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi Hukum Di Indonesia

    Tesis :
    Semestinya hukum di Indonesia seperti yang telah diputuskan pada Undang-undang sudah dengan tegas mengambil keputusan hukuman untuk tiap-tiap aktor tindak kriminil. Walau demikian, kenyataannya seringkali seringkali terealisasikan ketidakadilan hukum yang dapat merugikan banyak pihak. Hukum bisa saja mungkin tegas, namun beralih sekejab jadi tumpul ketika dikerjakan pada beberapa koruptor, tersebut yang berlangsung waktu saat ini.

    Argumentasi :
    Tidak termasuk juga rahasia umum sekali lagi saat beberapa koruptor di Indonesia memperoleh vonis hukuman yang levelnya termasuk tidak berat, serta nyatanya ada juga koruptor yang terima beragam tunjangan sarana mewah walau telah dinilai mengakibatkan kerugian pada negara.

    Seringkali kita melihat berita mengenai seseorang pencopet, maling serta penjambret dikeroyok massa hingga wafat. namun, belum juga sempat kita merasakan berita beberapa koruptor di Indonesia dihajar masa sampai betul-betul tewas.

    Penegasan Ulang :
    Dapat disebutkan kalau hukum di Indonesia jadi tegas saat ditempatkan rakyat kecil. umpamanya problem masalah yang terlebih dulu dihadapi Nenek Asyani. Kasusnya walau sebenarnya sebatas dikarenakan dituduh mengambil kayu, pada akhirnya ia jadi terdakwa dengan masa hukuman dalam kurun 5 th. Penjara. Selalu jelas betul-betul ironi serta tidak bijak, ditambah sekali lagi disamakan dengan hukuman yang juga akan diperoleh oleh beberapa koruptor.


    √ 74 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi Tentang Kelebihan dan Kerugian Internet

    Pernyataan Pendapat (Tesis)
    Internet adalah sistem komunikasi yang seluruh jaringannya saling terhubung, dimana saat ini menjadi viral komunikasi yang digunakan dalam bidang pendidikan, ekonomi, dan sosial.

    Argumentasi:
    Dari segi pendidikan seorang pelajar dapat dengan mudah mencari informasi atau bahan untuk mengembangkan ilmu mereka. Tetapi, banyak di antara para pelajar yang menjiplak hasil karya orang lain, lalu mengatakan bahwa itu adalah hasil karyanya.

    Dari segi ekonomi seorang pebisnis rumahan akan berjualan secara online tanpa harus mengambil sebuah tempat/kios untuk berjualan. Hanya saja penjualan lewat online biasanya marak dengan penipuan toko online palsu dan kejahatan pada transaksi kartu kredit.

    Dari segi sosial seseorang akan mudah berkomunikasi dengan keluarga, teman, atau bahkan orang yang tidak dikenal sekalipun dengan jarak yang jauh melalui media sosial seperti facebook. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa seseorang akan kehilangan sifat sosialnya karena terus berkomunikasi di media sosial dan melupakan orang-orang yang nyata.

    Penegasan Ulang Pendapat:
    Jelaslah bahwa disamping internet itu bermanfaat dibidang pendidikan, ekonomi, dan sosial. Internet juga sangat merugikan. Bahkan kerugian yang disebabkab internet lebih dominan dibanding dengan kelebihannya. Disini, kita sebagai netizen harus lebih bijak dalam menggunakan internet.


    √ 75 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi Definisi

    Era digital ditandai dengan cepatnya informasi berpindah dari satu wilayah ke wilayah lain. Hal ini sudah barang tentu ditunjang yang disebut dengan sistem informasi, dan salah satu penunjang pentingnya ialah internet.

    Internet sendiri merupakan sebuah jaringan komunikasi dengan memanfaatkan media satu dengan yang lainnya. Sehingga antar pengguna dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Internet memfasilitasi penggunanya untuk mengakses informasi dengan cepat, bukan hanya bersifat lokal, namun global.

    Standar yang digunakan dalam internet secara global ialah Tranmission Control Protocol (TCP) atau Internet Protocol (IP). Teknologi tersebutlah miliaran orang di dunia dapat mengakses internet. Dengan teknologi inilah setiap orang dapat bertukar informasi dan mendapatkan akases di internet.


    √ 76 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi Penngerjaan

    Siapa bilang kopi memiliki dampak negatif bagi tubuh kita? Pada nyatanya kopi memiliki banyak manfaat yang dapat kita rasakan. Selain itu, kopi menjadi salah satu minuman favorit berbagai kalangan masyarakat dari yang muda hingga yang tua, dari kalangan bawah hingga kalangan atas.

    Semakin berkembangnya kopi di masyarakat kita, semakin banyak pula modifikasi dari minuman ini, sebagai contohnya ialah es kopi.

    Cara pembuatannya pun tidaklah terlalu sulit, dimana kita tinggal menambahkan es dalam kopi yang kita sajikan. Namun asupaya rasanya nikmat, proses pertama yang hendak dilakukan ialah memilih biji kopi yang berkualitas. Nah setelah mendapatkan biji kopi yang dirasa cocok dan memnuhi selera, selanjutnya adalah menggiling kopi menjadi halus.

    Dalam roses menghaluskan biji kopi terdapat beberapa pilihan, seperti menggunakan mesin, penggilingan manual atau menggunakan cara tradisional dengan ditumbuk. Kopi sebaiknya diproses sehalus mungkin, sebab hal ini akan sangat berpengaruh terhada rasa.

    Setelah mendapatkan kopi yang benar-benar halus, langkah selanjutnya menyiapkan alat press, saringan kopi atau alat lainnya. Sekiranya alat telah siap digunakan, jangan lupa untuk menyedikan air panas untuk menyedunya. Seduh kopi secara perlahan, hingga mendapatkan cairan kopi yang cukup.

    Apabila dirasa sudah cukup, selanjutnya bisa tambahkan gula atau krimer, sesuaikan dengan selera masing-masing. Bagian akhir tambahkan air dingin dan es secukupnya. Es kopi siap disajikan untuk kalian nkmati.


    √ 77 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi Gambaran atau Ilustrasi

    Sebuah organisasi memperlukan kerjasama yang kuat antar anggotanya, tentu tujuannya agar organisasi dapat berjalan dengan baik sesuai dengan visi misi yang dicanangkan.

    Hal tersebut dapat kita bayangkan seperti halnya kendaraan yang dapat bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya.

    Tentu sebuah kendaraan dapat bergerak karena adanya keselarasan antar komponen, saling menopang serta mengkapi satu dengan yang lainnya, mereka senantiasa berjalan beriringan.

    Organisasi pun memerlukan hal yang demikian, setiap komponen di dalamnya harus senantiasa memiliki keselarasan pandangan yang sama. Dengan demikian sudah dapat dipastikan oraganisasi akan terus berkerak menuju visinya, hal ini sama dengan mobil yang dapat bergerak menuju tempat yang dituju.


    √ 78 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi Laporan

    Wayang merupakan sebuah seni pertunjukan yang telah ada sejak berabad-abad yang lalu, dan ditetap sebagai warisan budaya Indonesia. Unisco sebagai lembaga resmi kebudayaan dunia yang berada di bawah naungan perserikatan bangsa-bangsa (PBB), pada tanggal 7 November 2003 menetapkan sebagai warisan dunia yang tidak ternilai.

    Hal tersebut tentu menjadi kebanggaan Indonesia dan masyarakatnya. Wayang tidak hanya terdiri dari satu jenis, setidaknya terdapat 4 (empat) jenis wayang. Akan tetapi sejauh ini yang paling populer ialah wang kulit dan wayang golek.


    √ 79 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi Perbandingan

    Universitas sebagai lembaga pendidikan tinggi menuntut mahasiswanya memiliki penguasaan materi lebih mendalam, hal ini terlihat dari banyaknya materi dan teori yang diberikan. Hampir dalam setiap kesempatannya senantiasa mengedepankan teori dan konsep terhadap sebuah permasalahan.

    Padahal seperti yang kita tahu, terlalu fokus terhadap hal tersebut, menyebabkan mahasiswa tidak memiliki waktu untuk melakukan hal-hal yang sifatnya teknis.

    Praktik tentu menjadi sesuatu yang pentng, apalagi bagi mereka yang berkecimpung di dunia teknik, tentu seharnya paling tidak mendapatkan porsi yang sama dengan pembelajaran secara teori.

    Hal yang terjadi di lingkungan Universtas sangat berbanding terbalik dengan apa yang terjadi di Politeknik. Sebab di Politeknik sendiri paraktik sifatnya lebih banyak dengan dibandingkan dengan teori. Tentu alasannya supaya mahasiswa dapat memiliki skill yang mumpuni saat terjun ke dunia industri.


    √ 80 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi Pertentangan

    Semester kali ini menjadi momen yang luar biasa bagi Ari dimana ia mendapatkan nilai yang luar biasa, bahkan dapat dikatakan mendekati kata sempurna. Pasalnya perempuan berparas cantik ini mendapatkan Indeks prestasi 3,97 dari skala 4,00.

    Hal tersebut tentu diraih dengan perjuangan serta pengorbanan luar biasa, dimana setiap hari harus berpacu dengan tugas dan buku.

    Pada ia merupakan perempuan yang sangat aktif sekali, baik organisasi maupun lingkungan sosial. Ari telah membuktikan, keaktifan di oraganisasi dan sosial bukan menjadi halangan untuk meraih prestasi akademik. Bahkan sebaliknya, hal tersebut menjadi pemacu untuk menjadi lebih baik dan terus berprestasi.

    Hal yang di raih Ari berbeda dengan apa yang di dapatkan oleh Nania, pasalnya ia harus merelakan nilai akademiknya terjun bebas. Padahal semester sebelumnya, ia selalu mendapatkan nilai yang sangat baik.

    Bukan tanpa alasan prestasi Nania mengalami penurunan, ia sempat sakit dan dirawat di Rumah Sakit untuk waktu yang tidak sebentar, bisa jadi hal inilah faktor utamanya.


    √ 81 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi Berdasarkan Subjeknya

    Setelah kita mengetahu contoh dari paragraf eksposisi yang didasarkan pada jenisnya, kali ini kita akan coba mengetahui contoh dari paragraf eksposisi berdasarkan subjeknya.

    Apa yang dimaksud sobjek dalam kontek ini?

    Subjek dalam hal ini artinya sesuai bidangnya, misalkan contoh teks atau pragraf eksposisi tentang kesehatan, pendidikan, lingkungan, ekonomi, sosial, berita, politik dan lain sebagainya.


    √ 82 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi Tentang Politik

    Tesis
    Kemunculan partai politik ialah untuk membangun dan membentuk calon peminpin baik yang sekarang ataupun dimasa mendatang. Namun pada nyatanya saat ini partai politik lebih banyak menelurkan koruptor dari pada pemimpi.

    Argumentasi
    Hal paling mudah yang dapat kita lihat saat ini ialah menjamurnya tindakan korupsi, seakan-akan semua orang berbondong-bondong untuk mencuri kekayaan Negara. Hampir setiap partai politi memiliki kader yang korupsi, tanpa terkecuali. Hal ini tentunya harus menjadi perhatian dari para petinggi partainya. Jangan sampai membudaya dan malah diikuti oleh kader yang lain.

    Kesimpulan
    Partai politik harus kembali pada tujuan semula, bukan hanya mencari kekuasaan atau jabatan semata. Namun mereka haruslah mampu menelurkan pemimpin ulung yang dapat membawa negara ke arah yang lebih baik dari berbagai sisi.


    √ 83 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi Tentang Lingkungan Hidup

    Tesis
    Beberapa tahun terakhir Indonesia mengalami masalah soal lingkungan hidup, terutam polusi udara yang disebabkan kebakaran hutan. Terlepas kebakaran yang terjadi merupakan kesengajangan atau murni, kebakaran hutan merupakan persamasalahan yang harus segera ditangani. Jangan sampai taun ketaun kejadiannya sama. Sebab dapat mengganggu kesehatan dan membuat alam semakin rusak

    Argumentasi
    Kasus kebakaran hutan bukan hanya terjadi saat in saja, akan tetapi dari taun-ketaun selalu terjadi yang lebh parah kasusnya mengalami trend peningkatan. Penyelidikan telah beberapa kali dilakukan, yang mengejutkan sebagian besar kebakaran ini disebabkan ulah manusia, terutama para pengusaha sawit. Bagaimana tidak, pembakaran hutan adalah cara paling murah dilakukan dalam hal ini. Padahal dampak yang disebabkan begitu berbahaya, mulai dari penyakit hingga rusaknya alam.

    Kesimpulan
    Seharusnya pemerintah melakukan tidakan yang tegas akan hal ini, jangan sampai kejadian semacam ini terus terjadi dari tahun ketahu, Sebab kebakaran hutan akan sangat berbahaya bagi keberlangungan hidup kita kedepannya.


    √ 84 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi Tentang Kesehatan

    Tesis
    Tidak banyak yang tahu bahwa daun bidara memiliki begitu banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya adalah untuk mengobati jerawat. Bukan hanya itu manfaat daun bidara sangat luar biasa bagi kesehatan tubuh dan yang lainnya.

    Argumentasi
    Ada banyak orang telah membuktikan bahwa daun bidara dapat mengobati banyak penyakit, seperti diabetes, sakit lambung dan lain sebagainya. Selain dapat mengobati penyakit, daun bidara juga biasa digunakan untuk pengobatan ruqyah.

    Kesimpulan
    Ddapat disimpulkan, bahwa daun bidara banyak memiliki manfaat, terutama untuk kesehatan. Sebaiknya kita menanam tanaman ini di rumah.


    √ 85 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi Tentang Liingkungan Sekolah

    Tesis
    Sekolah seharusnya menjadi tempat belajar yang menyenangkan bagi setiap siswanya, Namun pada kenyataannya hal ini dibeberapa tempat sulit untuk didapatkan, mengingat masih banyak sekali terjadi bully disekolah. Untuk mengatasi bully ini, sebaiknya sekolah menerapkan pendidikan karakter, dimana yang dikedepankan adalah kecerdasan sosial bukan ntelektualnya.

    Argumentasi
    Setiap siswa memiliki kelebihan dan bakat masing-masing, jangan sampai seorang tidak cerdas dalam mata pelajaran tertentu disebut bodoh. Kita harus meyakini bahwa setiap manusia memiiliki keunikan masing-masing. Pendidikan karakter ini akan menjadi sebuah solusi untuk pendidikan di negeri ini. Selain mengurangi tidakan bullying, dengan begini juga setiap siswa akan merasa dihargai.

    Kesimpulan
    Hingga saat ini pendidikan karakter menjadi satu-satunya pilihan untuk memperbaiki pendidikan yang ada. Sehingga, dengan dimikian pendidikan kita diharapkan akan lebih baik.


    √ 86 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Contok Teks Eksposisi Tentang Pendidikan

    Tesis
    Entah mengapa pendidikan di Indonesia dirasa masih menjadi barang mahal, padahal upaya pemerintah untuk hal ini dianggap sudah maksimal. Namun buktinya masih banyak masyarakat yang belum dapat menkmati pendidikan.

    Argumentasi
    Mahalnya penddikan di negeri ini disinyalir tata kelola serta sistem yang kurang baik, meskipun kebijakan pemerintah pusat dirasa sudah maksimal, padanyatanya dilapangan penuh dengan kendala. Hal ini seharusnya menjadi perhatian, sebab akan sampai kapan pendidikan di Indonesia terus seperti ini.

    Kesimpulan
    Pendidikan yang mahal di negeri ini bukan karena kurangnya anggaran dari pemerintah, akan tetapi sistem yang kurang baik.


    √ 87 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi Tentang Ekonomi

    Tesis
    Adanya polteknik merupakan sebagai solusi dari pemerintah untuk menghasilkan tenaga yang siap kerja. harapannya dengan begitu mereka yang telah lulus dari politeknik dapat membantu perekonomian keluarganya serta meningkatkan ekonomi negara.

    Argumentasi
    Setiap mahasiswa di politeknik difokuskan terhadap penguasaan keahlian yang akan membantu mereka dalam bekerja dan berkarir di dunia industri. Sehingga dengan begitu diharapkannya mereka dapat bersaing dan mendapatkan pekerjaan lebih cepat.


    √ 88 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi Tentang Ekonomi

    Tesis
    Indonesia menjadi buah bibir pada saat pelaksanaan Sidang Tahunan International Monetery Fund (IMF)/World Bank (WB) 2012 Tokyo, 9—14 Oktober 2012 lalu. Newsletter resmi yang dibagikan IMF pada seluruh peserta sidang mengangkat satu topik khusus mengenai Indonesia. Media itu mengangkat hasil riset dari McKinsey dan Standard Chartered yang mengatakan bahwa ekonomi Indonesia akan melampaui Jerman dan Inggris pada tahun 2030.

    Argumentasi
    Keyakinan itu tentu beralasan. Indonesia diperkirakan memiliki sekitar 90 juta orang yang berada di kelompok consuming class. Angka itu adalah angka terbesar di dunia setelah Cina dan India. Dengan kekuatan itu pula, pada tahun 2030 Indonesia akan menjadi kekuatan ekonomi nomor tujuh dunia dengan nilai pendapatan nasional sebesar 1,8 triliun dolar AS dari sektor pertanian, konsumsi, dan energi.

    Indonesia saat ini sedang berada pada laju transformasi yang pesat menuju ke arah tersebut. Saat ini, ekonomi Indonesia berada pada posisi 16 dunia dengan pendapatan domestik nasional sebesar 846 miliar dolar AS tahun 2011. Angka itu akan terus tumbuh hingga mencapai 1,8 triliun dolar AS mulai tahun 2017. Pada tahun 2030, hanya Amerika Serikat, Cina, India, Jepang, Brasil, dan Rusia, yang berada di atas ekonomi Indonesia.

    Kekuatan terbesar ekonomi Indonesia tidak hanya berupa ekspor yang didukung oleh kekuatan tenaga kerja dan komoditas, tetapi juga kekuatan konsumsi domestik dan jasa-jasa, yang menjadi motor penggerak ekonomi nasional. Melihat potensi yang sedemikian besar, dalam beberapa side meeting sidang IMF yang sempat saya ikuti, para investor asing mengharapkan makin banyak pilihan investasi di Indonesia. Harapan para investor tersebut tentu merupakan peluang dan tantangan bagi Indonesia. Upaya melakukan pendalaman pasar keuangan (Financial deepening) menjadi penting dalam memberikan ragam pilihan investasi bagi para investor. Di sisi lain, pembenahan di sektor riil dan infrastruktur perlu terus dilakukan secara serius guna mendukung arah untuk menjadikan ekonomi Indonesia yang terbesar di Asia Tenggara.

    Saat ini, pertumbuhan ekonomi Indonesia yang berada pada kisaran 5 persen hingga 6 persen, apabila dapat terus dipertahankan, akan menambah jumlah masyarakat kelas menengah hingga 90 juta orang dengan pendapatan per kapita lebih dari 3600 dolar AS. Apabila kita mampu mendorong pertumbuhan hingga 7 persen, jumlah itu bertambah lagi dengan masyarakat menengah mencapai 170 juta orang.

    Penegasan Ulang Pendapat
    Berbagai perkembangan dari sidang akbar IMF di Tokyo pekan lalu kembali mengingatkan
    kita tentang besarnya potensi Indonesia dan sempitnya momentum yang sedang kita lalui saat ini. Apabila potensi itu tidak diwujudkan dalam aksi dan momentum yang baik dilewatkan begitu saja karena kita begitu asyik dengan urusan lain, prediksi para investor tersebut tidak akan menjadi kenyataan. Tentunya pilihan ada di tangan kita semua saat ini.


    √ 89 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi Tentang Kesehatan

    Tesis
    Seiring kemajuan zaman, banyak hal yang mengalami kemajuan. Yang paling mencolok adalah kemajuan teknologi yang semakin canggih dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat. Dari teknologi informasi sampai teknologi kesehatan.

    Meskipun begitu, obat tradisional, atau yang sering disebut jamu, masih mendapat tempat di hati masyarakat. Jamu dipercaya mempunyai banyak kelebihan dibandingkan dengan obat-obatan modern seperti yang banyak beredar di pasaran. Jamu juga dianggap lebih sesuai dengan kebanyakan penyakit modern seperti diabetes, dan lain-lain.

    Argumentasi
    Berikut adalah kelebihan-kelebihan obat tradisional (Katno – Balitro Tawangmangu dan S Pramono – Fakultas Farmasi UGM Yogyakarta, yang dimuat di Tribun Yogya edisi Minggu 16 Oktober 2011):

    1. Obat tradisional mempunyai efek samping yang lebih kecil bila digunakan secara tepat, baik waktu penggunaan, takaran, cara pemakaian, pemilihan bahan, serta penyesuaian dengan indikasi tertentu.

    2. Adanya efek komplementer dan atau sinergisme dalam ramuan obat tradisional (komponen bioaktif tanaman obat).

    3. Pada satu tanaman bisa mempunyai lebih dari efek farmakologi.

    4. Obat tradisional lebih sesuai untuk penyakit metabolik dan degeneratif seperti diabetes, kencing manis, kolesterol, batu ginjal, dan hepatitis (metabolik). Sementara penyakit degeneratif antara lain rematik, asma, ulser (tukak lambung), ambeien, serta pikun.

    Penegasan Ulang
    Keunggulan obat tradisional dibandingkan dengan obat-obatan modern yaitu obat tradisional lebih aman dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama, berbeda dengan obat-obatan modern karena jika dikonsumsi secara kontinyu akan mengakibatkan efek samping yang dapat memicu penyakit baru.


    √ 90 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi Panjang tentang Kuliner

    Tesis
    Mie Instan “Murah, Cepat, Lezat” Murah, cepat, dan lezat. Kata-kata tersebut menggambarkan sebuah makanan yang bernama “Mie Instan”. Mie instan sangat terkenal dan digemari semua kalangan, terutama kalangan anak muda yang tinggal di rumah kost. Mie instan sangat digemari karena rasanya yang lezat dan harganya yang sangat terjangkau.

    Argumentasi
    Mie instan sangat digemari karena dibuat dalam aneka rasa. Ada mie instan dalam bentuk mie goreng, ada juga mie instan dalam bentuk mie kuah. Rasa yang tersedia antara lain rasa soto ayam, kari ayam, , ayam bawang, dan rendang. Mie instan juga dapat dimasak dengan berbagai cara yang membuatnya makin lezat, dan makin mengenyangkan. Contohnya adalah Internet (Indomie Telur dan Kornet) yakni cara memasak mie instan dengan menambahkan telur dan kornet sebagai pelengkap. Lalu, ada Mie Kuah Susu, yakni mie instan yang dimasak dengan susu sapi.

    Namun disamping rasanya yang lezat, mie instan sangatlah tidak baik untuk dikonsumsi dalam jumlah yang banyak dan terus menerus. Mie instan mengandung MSG, Natrium, dan lilin. Bahan bahan tersebut jika dikonsumsi secara banyak dan terus menerus akan menimbulkan penyakit bagi tubuh, karena biasanya bahan-bahan tersebut terutama lilin, sulit dicerna bagi tubuh. Memakan mie instan secara terus menerus juga telah terbukti dapat menurunkan kemampuan otak.

    Penegasan Ulang
    Jadi, memakan mie instan mempunyai sisi baik dan sisi buruk. Sisi baiknya adalah, mie instan sangat cocok bagi kalangan yang ingin memakan makanan yang lezat, mengenyangkan, cepat, dan harganya sangat terjangkau. Mie instan juga dapat divariasikan dengan berbagai macam bahan pelengkap, yang membuatnya semakin menarik untuk dimakan. Sisi buruknya adalah mie instan tidak baik untuk kesehatan jika dikonsumsi terlalu lama. Maka, disarankan untuk memakan mie instan dengan porsi yang wajar. Misalkan kita memakan mie instan hanya satu kali dalam sebulan.


    √ 90 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi Tentang Pendidikan

    Tesis
    Akhir-akhir inisistempendidikan diIndonesiamengalamisuatuperubahanyang begitu signifikan. Perubahan tersebut terkait dengan kurikulum yang dijalankan dalam dunia pendidikan di Indonesia. Dimana, kurikulum 2006 yang sejak lama digunakan diganti dengan kurikulum 2013. Meskipun tidak semua sekolah menggunakannya, namun kurikulum ini tetap berjalan sebagimana mestinya.

    Argumentasi
    Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada beberapa kesempatan memaparkan bahwa, kurikulum 2013 diutamakan pada sekolah berstandar Internasional atau sekolah-sekolah yang mempunyai akreditasi A, yang biasa disebut dengan Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI). Syarat ketercapainya distribusi buku juga menjadi syarat kepada sekolah yang melaksanakan kurikulum 2013.

    Kemendikbud juga menjelaskan bahwa kurikulum 2013 ini fokus kepada pembangunan sikap, keterampilan, pengetahuan, karakter yang berdasarkan pada pendekatan ilmiah atau scientific approach. Disamping itu, kurikulum 2013 pula menitik beratkan pada hubungan antara pembelajaran terhadap rasa syukur atas pemberian Tuhan Yang Maha Esa kepada manusia sebagai pengelola alam sekitar. Khususnya menunjuk pada pembelajaran yang diawal dengan mengamati, menalar, menanya dan mencoba ataumencipta.

    Sebagai wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Musliar Kasim beranggapan, bahwa Kurikulum 2013 ini lebih menonjolkan praktek diabnding hafalan. Karena selama ini, peserta didik banyak dibebankan hafalan, yang bahkan dirasa kurang meningkatkan kreativitas.

    Adanya kurikulum 2013 ini, pemerintah ingin mencetak anak bangsa Indonesia yang kreatif, produktif dan afektif. Pada kurikulum 2013 massing-masing dari peserta didik dibentuk agar mempunyai pengetahuan, sikap, dan keterampilan.

    Anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Meutia Hatta mengungkapkan bahwa kurikulum 2013 bertujuan untukmembentuk karakter generasi berkualitas, cinta terhadap tanah air dan bangsanya. Disamping itu kurikulum 2013 juga menitik beratkan pada peran aktif siswa dalam proses belajar mengajar,sehingga generasi yang lahir tetap memiliki kualitas dan jati diri sebagai bangsa Indonesia.

    Penegasan Ulang
    Akan tetapi, ternyata banyak pula masyarakat yang menolak berlakunya kurikulum 2013. Perubahan padakurikulum ini dianggap sangat di paksakan dan mendadak. Malah ada yang menganggap kurikulum ini kurang fokus sebab menggabungkan dua mata pelajaran yangmempunyai substansi pokok berbeda.

    Walaupun di buat lebih sederhana mata pelajaran yang akan diajarkan, namun tingkat pemahaman danpengetahuan yang dimiliki oleh peserta didik akan semakin berkurang karena materi tersebut tidak dipelajari secarautuh, melainkan secara terpisah-pisah sehingga membuat peserta didik menjadi bingung.


    √ 91 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi tentang Teknologi

    Tesis
    Dengan bermacam teknologi intensifikasi sederhana,pekarangan bisa menjadi sumber bahan utama makanan seperti beras, sayur-sayuran danikan.

    Adanya kegiatan ini, kebutuhan masyarakat akan makanan pokok yang memiliki gizi tinggi diharapkan bisaterpenuhi. Alasan penggunaan pekarangan sebagai sumber bahan makanan pokok sebagai berikut ini.

    Argumentasi
    Pertama, aneka tanaman sayur-sayuran, seperi cabai, kangkung darat, kacang panjang dan terong, misalnya bisaditanam dengan media selain tanah.Khususnya pada kangkung darat bisa dibudidayakan pada bumbung bambu yang diubah menjadi semacam pot. Tanaman kencur, terong dan jahe juga dapat dibudidayakan dengan media kantong plastik ataupun pot. Sementara itu, sumber karbohidrat, seperti ketela pohon, ubi jalar dan jagung dapat ditanam juga di pekarangan. Untuk pemenuhan pupuk, kotoran ternak sapi dan kambing piaraan dapat dimanfaatkan sebagai pupuk alami yangutama.

    Selanjutnya, pada sumber protein lain, pekarangan juga dapat digunakan menjadi kolam ikan yang mudah untudipelihara, seperti mujair, kakap dan lele. Selain sebagai makanan sehari-hari, ikan tersebut juga bisa dijual kemasyarakat umum untuk menambah penghasilan. Melalui bimbingan program teknologi tepat guna, hasil panen tersebut dapat diolah menjadi aneka macamkomoditas pangan olahan untuk skala rumah tangga. Singkong, pisang dan ubi misalnya, dapat diolah menjadikeripik atau dapatjuga diolah menjadi beraneka macam produk jajanan lainnya.

    Penegasan Ulang
    Dengan demikian, pekarangan yang sedikit disentuh dengan teknologi tepat guna dapat mewujudkan tercapainyakecukupan pangan masyarakat.


    √ 92 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi Kesehatan

    Tesis
    Wortel adalahsalah satusayuran yangpaling populer di Indonesiabahkandunia. Wortelseringdisertakandalamberbagaimasakanseperti sladatau supayam.Di dalamwortel terkadung sekitar 88% air, 1% protein, 1% serat, 7% gula, 1% abu, dan 0,2% lemak. Wortel juga banyakmengandung mineral, antioksidan dan sejumlah nutrisi lain yang baik bagi kesehatan tubuh.

    Argumentasi
    Ternyata sayuran wortel ini juga sangat nikmat apabila dibuat jus. Manfaat dari jus wortel bagi kesehatan tubuhdiantaranya dapat menjaga kesehatan mata, mencegah penyakit kanker, mencegah rabun senja, danmenghilangkan racun dalam tubuh.

    Selain dijadikan jus, wortel juga berguna sebagai obat tradisional, adapun manfaatnya adalah menghilangkan nyerihaid, menyembuhkan luka bakar dan mengobati demam pada anak.

    Penegasan Ulang
    Manfaat yang paling utama jus wortel ialah memberikan asupan vitamin A pada tubuh sehingga kesehatan matalebih terjaga. Selain itu manfaat lain wortel juga dapat digunakan sebagai obat tradisional.


    √ 93 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi Tentang Ekonomi

    Tesis
    Indonesia adalah salah satu negara berkembang yang memiliki pertumbuhan ekonomi baik di samping Cina dan India. Indonesia harus mampu meningkatkan produktivitas sumber daya manusia dan melakukan efisiensi dalam hal bidang energi. Tujuannya agar Indonesia bisa masuk jajaran peringkat ke-7 besar pertumbuhan ekonomi dunia.

    Argumentasi
    Pertumbuhan ekonomi yang bagus tidak terlepas dari faktor ekonomi pembangunan, pengelolaan energi, peningkatan kualitas sumber daya manusia, serta peningkatan produktivitas sektor pertanian. Hal tersebut dikarenakan faktor-faktor tersebut akan menjadi sektor utama agar pertumbuhan ekonomi Indonesia meningkat Disamping itu pemerintah harus mempertahankan pertumbuhan ekonomi dan stabilitas yang sudah ada. Kelas menengah yang harus meningkat, dianggap salah satu faktor yang akan memperkuat perekonomian Indonesia. Bertambahnya kelas menengah akan menambah belanja masyarakat yang berguna bagi perekonomian negara.

    Penegasan Ulang
    Saat ini diperkirakan telah ada peningkatan kelas menengah sampai di angka sembilan puluh juta jiwa di Indonesia. Peningkatan kelas menengah di Indonesia banyak dikalahkan oleh negara lain yang memiliki penduduk banyak negara lain tersebut seperti Cina dan India. Jadi posisi ekonomi Indonesia dimata dunia sudah mengalami peningkatan.



    √ 94 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi tentang Sosial Masyarakat

    Tesis
    Ide mengalihkan masyarakat memakai minyak tanah ke elpiji memang tidak seketika. Ide itu telah dicetuskan sejak bulang Agustus 2006. Harusnya, banyak pengalaman yang bisa dipetik oleh Pemerintah agar tidak terjadi kerumitan dalam menjalankan program konversi.

    Argumentasi
    Sejauh penjelasan dari pihak Pertamina, jumlah rumah tangga dan usaha kecil menengah di Jakarta sekitar 1,5 juta keluarga. Masih ada sekitar 300.000 keluarga yang belum menerima paket konversi berupa tabung dan kompor.

    Penegasan Ulang
    Masyarakat menggugat efektivitas distribusi paket tersebut. Selama ini banyak terjadi distribusi paket yang salah sasaran. Sering yang berhak menerima kenyataannya justru tidak mendapatkannya. Sementara itu, pihak yang tidak berhak menerima paket tersebut justru mudah mendapatkannya.


    √ 95 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi tentang Politik

    Tesis
    Parpol atau partai politik peserta Pemilu seharusnya memiliki standar dalam proses perekrutan calon anggota legislatif yang tegas dan ketat. Calon wakil rakyat tersebut harus memiliki kriteria yang jelas dan parpol harus memiliki filter untuk menyaring mana yang pantas dan kurang pantas untuk dicalonkan menjadi wakil rakyat nantinya. Misalnya, calon legislatif yang memiliki track record kurang baik seperti tersandung masalah korupsi atau pelanggaran HAM, tidak boleh dicalonkan untuk menjadi bakal caleg. Hal tersebut amat penting guna memastikan calon anggota dewan yang terpilih nantinya benar-benar orang baik yang memiliki kredibilitas, kapabilitas, dan integritas.

    Tentu, setiap parpol mempunyai mekanisme yang berbeda dalam hal ini, jadi antara 1 parpol dengan parpol lain bisa saja memiliki perbedaan dalam hal kriteria, namun setidaknya terdapat prinsip umum yang dapat digunakan semua Parpol sebagai acuan dalam melakukan seleksi anggotanya.

    Argumentasi
    Ini menjadi penting sebab banyak survey membuktikan bahwa parlemen baik tingkat pusat maupun regional dinilai menjadi lembaga terkorup. Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Sekretaris Jenderal Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP), Jojo Rohi, berkaitan dengan kriteria dalam menyeleksi calon wakil rakyat oleh setiap partai politik yang akan memperoleh suara rakyat dalam setiap pemilihan umum.

    Penegasan Ulang
    Penetapan standar calon legislatif kriteria yang tegas dan jelas oleh parpol sangat diperlukan karena berkaitan dengan siapa saja calon yang layak untuk diusung untuk menjadi calon wakil rakyat nantinya. Antikorupsi menjadi hal utama yang perlu dicantumkan dalam kriteria untuk memfilter calon legislatif. Konsekuensinya, calon legislatif yang memiliki track record kasus korupsi tidak dapat diajukan atau dijadikan sebagai caleg.

    Tidak hanya antikorupsi saja, point lain yang perlu diperhatikan adalah pelanggaran HAM, hal ini menjadi salah satu warisan sejarah yang belum terselesaikan hingga sekarang ini. Calon legislatif yang mempunyai track record kasus pelanggaran HAM dalam bentuk apapun, sudah semestinya tidak dapat dicalonkan untuk menjadi bakal calon legislatif, sebab salah satu fungsi wakil rakyat adalah melakukan advokasi terhadap pelanggaran-pelanggaran HAM melalui legislasi.


    √ 96 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi tentang Hukum

    Tesis
    Semestinya hukum di negera Indonesia sebagaimana yang telah diatur dalam undang-undang dasar 1945 sudah secara tegas mengatur hukuman untuk para pelaku tindak kejahatan. Akan tetapi pada faktanya kerapkali terjadi ke tidak adilan terhadap hukum yang bisa merugikan banyak orang.

    Hukum bisa saja tegas, akan tetapi menjadi mendadak tumpul ketika dihadapkan dengan uang. Itulah yang terjadi pada saat ini.

    Argumentasi
    Bukan menjadi rahasia umum lagi jika para koruptor di Indonesia menerima hukuman yang tingkatannya terbilang sangat ringan, bahkan ada pula koruptor yang mendapatkan tunjangan berupa fasilitas yang sangat mewah padahal sudah dianggap merugikan masyarakat dan negara.

    Penegasan Ulang
    Hukum di Indonesia dapat dibilang hanya tegas dihadapan rakyat kecil. Contohnya kasus yang pernah menimpa Nenek Asyani. Kasusnya hanya karena diduga mencuri beberapa kayu. Ia terancam dengan hukuman selama kurang lebih 5 tahun penjara. Sungguh sangat ironis dan tidak adil. Apabila dibandingkan dengan hukuman para koruptor yang tidak sebanding dengan apa yang telah diperbuatnya terhadap negara.


    √ 97 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi tentang Lingkungan

    Tesis
    Kebersihan lingkungan sekolah adalah salah satu faktor penting untuk menciptakan kenyamanan dalam proses KBM. Selain untuk menciptakan kenyamanan dalam proses KBM (Kegiatan Belajar Mengajar), kebersihan diperlukan untuk menjaga kesehatan para siswa. Siswa akan lebih senang belajar dalam suasana yang asri dan bersih.

    Namun, masih banyak siswa yang kurang menjaga kebersihan sekolah. Di laci meja kelas biasanya banyak ditemukan sampah bekas makanan atau minuman. Siswa masih kurang kesadaran dalam menjaga kebersihan lingkungan. Masih banyak yang membuang sampah tidak pada tempatnya.

    Argumentasi
    Penyebab mereka tidak menjaga kebersihan salah satunya adalah mereka malas, dan kurang kesadaran menjaga kebersihan. Padahal disetiap titik lingkungan sekolah sudah disediakan tempat sampah. Kurang kesadaran akan kebersihan dan malas itulah penyakit siswa siswi sekolah pada saat ini. Akibat tidak menjaga kebersihan lingkungan sekolah, lingkungan sekolah menjadi bau, kotor serta banyak serangga. Laci-laci meja kelas yang banyak sampah akan menjadi sarang nyamuk dan serangga.

    Ruang kelas yang tidak dibersihkan akan kotor dan nenimbulkan ketidaknyamanan dalam proses belajar mengajar. Sampah yang berserakan atau tempat sampah yang tidak dibersihkan akan menimbulkan bau yang menyengat dan penyakit-penyakit baru. Alasan lain adalah para siswa berpikiran bahwa, kebersihan sekolah merupakan tanggung jawab penjaga dan perawat sekolah sehingga mereka dengan enaknya membuang sampah sembarangan. Padahal kebersihan sekolah merupakan tanggung jawab seluruh warga sekolah.

    Penegasan Ulang
    Menjaga kebersihan di lingkungan sekolah perlu dilakukan. Dengan cara reboisasi, membersihkan kelas dan sekolah, lingkungan sekolah akan terasa nyaman untuk ditinggali warganya. Perlu diberikan sanksi yang tegas kepada siswa yang membuang sampah sembarangan. Selain itu, diadakan bersih sekolah setiap bulan yaitu kerja bakti warga sekolah untuk membersihkan sekolahnya agar siswa-siswa memiliki tanggung jawab dan rasa memiliki terhadap sekolahnya.


    √ 98 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi tentang Transportasi

    Tesis
    Transportasi didefinisikan oleh para ahli sebagai kebutuhan turunan dari berbagai kegiatan ekonomi maupun sosial (lihat misalnya Morlock, 1985). Tipe kegiatan sosial ekonomi yang berbeda akan memiliki dampak kegiatan transportasi yang berbeda pula.

    Argumentasi
    Kegiatan transportasi harian relatif menimbulkan pergerakan yang bersifat berulang, misalnya yang terjadi pada para pekerja dan mereka yang menempuh pendidikan di sekolah.

    Di Yogyakarta, kota kita tercinta ini, kemacetan terjadi setiap hari pada titik-titik yang menjadi jalur pergerakan para pekerja dan siswa dari tempat tinggal menuju lokasi kerja dan sekolah. Kemacetan yang berulang pada jangka lebih panjang cenderung terjadi pada musim liburan maupun lebaran.

    Pada tahap kedatangan dan kepulangan, kemacetan parah akan terjadi pada jalan-jalan arah luar kota (misalnya Jalan Magelang, Jalan Solo, Jalan Palagan dan Jalan Wates). Pada rentang di antara masa tersebut, kemacetan dapat dirasakan di pusat kota sebagai lokasi menginap dan tujuan wisata (seperti Malioboro, Prawirotaman), serta jalan-jalan menuju objek wisata, seperti Jalan Parangtritis.

    Pengegasan Ulang
    Kemacetan harian yang dominan ditimbulkan oleh aktivitas masyarakat dalam lingkup internal. Kemacetan yang berulang setiap hari merupakan ekses dari pola tempat tinggal, bekerja dan bersekolah.

    Upaya mendekatkan lokasi tempat tinggal dengan lokasi kegiatan merupakan salah satu solusi yang dapat dilakukan. Bentuknya dapat berupa pemberian insentif tempat tinggal berupa rumah susun sewa maupun milik yang cukup nyaman untuk beraktivitas. Selama ini sepertinya belum ada upaya pengaturan pola berkegiatan yang sistematis.


    √ 99 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi tentang Kesehatan

    Tesis
    Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke Penyakit jantung dan stroke merupakan penyakit yang paling berbahaya di dunia ini. Bahkan penyakit-penyakit ini menjadi pembunuh nomor satu dan dua di Indonesia.

    Argumentasi
    Penyakit ini menyerang siapapun tidak mengenal jenis kelamin dan usia penderitannya. Bahkan penyakit storke pernah ditemukan pada seorang anak kecil. Sedangkan penyakit jantung, diidentifikasikan pernah menyerang seorang bayi yang baru lahir.

    Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan penyakit jantung dan stroke pada manusia, diantaranya adalah kebiasaan buruk seperti makan-makanan sembarangan, merokok dan minum- minuman keras. Penyakit ini menyerang tiba-tiba, kapanpun dan dimanapun. Untuk itulah mengetahui cara-cara pencegahan penyakit ini merupakan suatu tindakan yang bijaksana untuk menghindari mereka.

    Di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit jantung dan stroke. Yang pertama adalah ketahui apakah Anda beresiko terkena penyakit ini. Dengan mengetahui hal ini, kita bisa lebih berhati-hati lagi dalam menjaga kesehatan tubuh kita. Orang yang sangat beresiko sangat rentan terserang penyakit ini, namun tidak menutup kemungkinan bagi orang- orang yang sehat. Hindari kebiasaan-kebiasan buruk seperti merokok, makanan berkolestrol dan minuman alcohol. Makanan-makanan tersebut akan memacu organ jantung untuk bekerja di luar batas normalnya sehingga akan sangat rentan rusak. Selain itu, makanan berkolestrol yang tinggi dapat menumpuk di pembuluh darah sehingga menyumbat pembuluh darah coroner, yaitu pembuluh darah yang memberikan makanan kepada jantung. Menjaga tekanan darah agar selalu normal.

    Hal ini sangat penting untuk dilakukan terutama bagi orang-orang yang menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi akan menyebabkan pecahnya pembuluh darah yang ada di kepala sehingga menggangu sistem saraf yang akan mengakibatkan stroke. Oleh karena itu, pantaulah selalu tekanan darah, hindari stress berlebih dan istirahat yang cukup.

    Selain memantau tekanan darah, jagalah kadar kolestrol di dalam tubuh. Lemak adalah sumber utama yang menyebabakan serangan jantung. Ada 2 jenis lemak yang ada di dalam tubuh, yaitu: LDL dan HDL. LDL adalah lemak yang jahat di dalam tubuh, sedangkan HDL merupakan lemak yang baik. Untuk mengatur kadar lemak dan menghilangkan HDL di dalam tubuh sebaiknya pilihlah makanan yang tidak mengandung kolesterol. Yang terakhir adalah lakukan olahraga dengan teratur. Olahraga yang teratur bisa membuat tubuh kita sehat dan bugar sehingga akan memberikan kekebalan bagi tubuh dari penyakit- penyakit. Namun harus diimbangi juga dengan kebiasaan dan makanan yang baik.

    Penegasan Ulang
    Pola hidup sehat sangat diperlukan untuk mencegah penyakit jantung dan stroke. Lebih baik mencegah daripada harus mengobati.


    √ 100 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi tentang Politik

    Tesis
    Saat ini politik Indonesia sedang mendominasi wacana di media. Layaknya gula yang sedang dikelilingi semut, media selalu memberitakan kondisi politik di Indonesia dengan gamblang.

    Argumentasi
    Media memberitakan kondisi elite politik Indonesia yang saling memperebutkan kekuasaan. Para pejabat yang memiliki kekuasaan telah melupakan masyarakat. Janji-janji yang dahulu dibuat para pejabat justru dilupakan seiring dengan kursi kekuasaan yang diperoleh. Seseorang tidak menerima dengan kemenangan musuh mereka berusaha mencari kesalahan untuk dapat menggulingkan.

    Penegasan Ulang
    Kondisi politik di Indonesia sangat memprihatinkan. Para pejabat masih saja sibuk mengurusi kursi jabatannya. Mereka melupakan soal rakyat dengan mudah.


    √ 101 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi tentang Pers

    Tesis
    Pers merupakan lembaga yang berdiri sendiri. Akan tetapi, pers bukan bagian dari masyarakat itu dan berada dalam suatu negara. Pers juga bukan bagian dari pemerintahan negara tersebut. Pers dikenal sebagai lembaga kemasyarakatan. Pers merupakan sistem terbuka artinya pers tidak bebas dari pengaruh lingkungan akan tetapi pers bisa mempengaruhi lingkungan.

    Argumentasi
    Sebagai sistem terbuka, pers cenderung mempunyai kualitas penyesuaian. Di mana pun tempatnya pers harus menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan demi kelangsungan hidupnya. Apabila tidak mampu menyesuaikan diri dengan perubahan kondisi dan situasi lingkungan, iaakan mati. Kebebasan pers akan lenyap misalnya seperti dicabut izinnya.

    Penegasan Ulang
    Pers harus hidup sebagai kontrol pemerintah. Hidup matinya pers di suatu negara dipengaruhi oleh sistem politik pemerintahan suatu negara.

    Sekian contoh teks eksposisi dari Synaoo.com. Semoga contoh yang diberikan dapat berguna dan bermanfaat bagi teman-teman.


    √102 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi Tentang Lingkungan Hidup

    Pada jaman milenial seperti sekarang ini, membuang sampah sembarangan (khususnya ke sungai) seolah-olah telah menjadi suatu hal yang lumrah. Ditambah lagi banyak orang di kota-kota yang membuang sampah kemanapun mereka suka. Ini dapat terlihat dari banyaknya jumlah saluran sungai yang terhalang oleh banyak sampah dan setiap saat hal ini dapat mengakibatkan bencana banjir.

    Sebagian pengamat lingkungan membuat kesimpulan bahwa setiap tahunnya jumlah manusia yang membuang sampah di sungai terus bertambah. Manusia juga kurang menyadari bahwa bencana banjir yang menimpa mereka diakibatkan oleh tingkah laku mereka sendiri. Terkadang, bencana banjir juga banyak menelan korban, tidak hanya korban luka-luka tapi juga korban meninggal dunia. Namun hal ini tidak juga membuat mereka sadar untuk membuang sampah pada tempatnya.

    Manusia harus menyadari bahwa bencana banjir yang terjadi akibat ulah mereka sendiri. Dan mereka harus mempunyai kesadaran dan kedisiplinan untuk membuang sampah pada tempatnya serta tidak akan membuang sampah ke sungai agar tidak merugikan lingkungan dan orang lain. Membuang sampah pada tempatnya akan membuat saluran air sungai lancar serta tidak menimbulkan banjir.


    √ 103 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi Tentang Kesehatan

    Sirih merah merupakan jenis tanaman yang dijadikan obat tradisional oleh masyarakat Indonesia. Tanaman sirih merah dibudidayakan sebagai persediaan tanaman obat. Tanaman ini mempunyai banyak peranan dalam dunia kesehatan.

    Terdapat banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa tanaman ini sering dijadikan obat untuk penyakit diabetes, maag, kanker, dan bahkan obat ketombe. Manfaat lainnya yaitu menyembuhkan keputihan di area kewanitaan. Biasanya tanaman ini digunakan dengan memanfaatkan daunnya, lalu diolah lewat perebusan. Tanaman sirih merah memiliki kemampuan untuk menjadi obat karena mengandung senyawa katif, seperti yang terdapat dalam minyak atsiri, polivenl, euganor dan lainnya.

    Oleh karena itu siri merah biasa dipakai untuk menyembuhkan beberapa penyakit dengan cara tradisional.


    √ 104 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi Tentang Lingkungan Sekolah

    Pendidikan karakter merupakan pendidikan yang mengutamakan kemampuan siswa dengan kemampuan personal atau pendidikan yang mencoba untuk memperdalam potensi diri individu. Pendidikan karakter sangat penting untuk memperdalam bakat tersembunyi yang ada di dalam diri siswa karena tidak semua siswa memiliki bakat di bidang yang sama satu dengan lainnya.

    Siswa yang tidak pandai dalam kemampuan akademik belum tentu bodoh, tetapi siswa tersebut mempunyai kemampuan di bidang lain. Melalui pendidikan karakter, seseorang tidak dilihat dari kepintarannya dalam kemampuan akademik. Guru tidak boleh menjustifikasi bahwa seorang siswa dianggap bodoh jika tidak pandai dalam kemampuan akademik.

    Kurikulum 2013 merupakan usaha dari pemerintah dalam mewujudkan pendidikan karakter. Melalui kurikulum ini, pemerintah berusaha memperdalam kemampuan karakter siswa, seperti karakter dalam bertoleransi kepada suku, agama, kebudayaan dan yang lain nya. Indonesia adalah negara yang mempunyai keberagaman budaya, bahasa, kepercayaan, dan agama, sehingga sikap toleransi harus diperkenalkan sejak dini.


    √ 105 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi Tentang Pendidikan

    Beberapa waktu yang lalu, sistem pendidikan di negara Indonesia telah berubah secara signifikan. Perubahan ini berkaitan dengan kurikulum yang dipakai sebagai sistem pendidikan di Indonesia. Kurikulum yang lama, kurikulum 2016, diganti dengan kurikulum 2013 meskipun masih banyak sekolah yang belum memakai kurikulum 2016 ini.

    Kurikulum 2016 diutamakan untuk sekolah yang memiliki akreditasi A atau sekolah dengan standar internasional, seperti yang telah dipaparkan oleh Kementrian pendidikan dan budaya.

    Terdapat beberapa syarat dalam pelaksanaan kurikulum 2013. Salah satu syaratnya adalah harus dapat terjangkau oleh distribusi buku. Kementrian pendidikan dan budaya mengatakan bahwa kurikulum 2013 berfokus kepada pembangunan sikap, karakter, pengetahuan, dan juga keterampilan atas dasar pada pendekatan ilmiah.
    Kurikulum 2013 juga berfokus kepada hubungan pembelajaran dengan rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa lewat pengamatan, percobaan, dan penciptaan sebuah karya.

    Tidak hanya itu, wakil kementrian pendidikan dan budaya, Musliar Kasim beranggapan bahwa kurikulum 2013 lebih berfokus pada praktik dari hafalan, karena selama ini para siswa banya dibebani pada hafalan dan tidak efektif meningkatkan kreativitas mereka.

    Meutia Hatta sebagai anggota dewan pertimbangan presiden mengatakan bahwa kurikulum 2013 memiliki tujuan untuk membentuk karakter generasi yang berkualitas, cinta kepada tanah air dan bangsa.

    Kurikulum 2013 menuntut agar para siswa aktif saat proses pembelajaran, sehingga diharapkan agar dapat membentuk generasi yang berkualitas. Tetapi masih banyak masyarakat yang menolak diterapkannya kurikulum 2013 ini. Mereka berpikir perubahan kurikulum agak mendadak dan sedikit memaksakan.

    Ada juga masyarakat yang anggapan bahwa kurikulum 2013 kurang berfokus pada tujuan pembelajaran karena menggabungkan dua mata pelajaran yang memiliki substansi pokok berbeda.

    Meskipun kurikulum ini membuat mata pelajaran yang akan diajarkan menjadi sederhana, tetapi tingkat pemahaman dan pengetahan yang dimiliki oleh para siswa menjadi berkurang karena materi tidak dipelajari secara lengkap, tetapi dipisah yang dapat membingungkan para siswa.

    Pendidikan karakter juga diharapkan dapat membekali para siswa mengenai masa depan mereka. Siswa harus mempuyai rasa toleransi ke sesama dan mempunyai ketrampilan serta potensi yang dapat dibanggakan untuk menjadi penerus bangsa dalam menghadapi kemajuan jaman.


    √ 106 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi Tentang Politik

    Pada hakikatnya, pertikaian melekat pada suatu organisasi. Telah banyak orang yang pernah mengikuti organisasi dan mengalami pertikaian. Pertikaian bagaikan di dunia perpolitikan.

    Bagi orang yang pernah berorganisasi berpendapat bahwa karena adanya satu anggota yang tidak suka kepada anggota lainnya akan berpengaruh bagi anggota tersebut. Hal ini seharusnya tergantung dari kedewasaan masing-masing pihak sehingga dapat bersikap dan menentukan mana hal yang baik dan yang buruk.

    Mengapa terjadi pertikaian? Hal ini disebabkan oleh adanya salah paham, adu mulut, sehingga mengatakan hal-hal yang tidak seharusnya dikatakan. Tetapi pertikaian dapat dihindari apabila didiskusikan dengan rinci secara baik-baik. Dibutuhkankan suatu kemampuan komunikasi yang baik bagi setiap anggota organisasi sehingga sekecil apapun adanya perbedaan pendapat, maka dapat diselesaikan bersama. Pertikaian dapat terjadi dari suatu hal kecil yang sepele yang kemudian berkembang menjadi suatu hal yang besar dan bahkan terkadang dibesar-besarkan.


    √ 107 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi Singkat Tentang Ekonomi

    Ketika kondisi perekonomian dunia tengah mengalami krisis besar-besaran, pertumbuhan ekonomi di negara Indonesia justru menunjukkan hasil yang sangat baik.

    “Hutang negara Indonesia saat ini sudah mencapai Rp 3.500 triliun dan diperkirakan akan terus meningkat setiap tahunnya. Nantinya, hutang-hutang ini menjadi sumber utama penghasilan komponen pemerintah dan dapat menjadi sebuah pendorong pertumbuhan ekonomi yang ada di Indonesia”, ujar pengamat perekonomian Indonesia, Daeng.

    Oleh karenanya, kita sebagai bangsa Indonesia harus optimis dalam menghadapi krisis yang terjadi pada perekonomian dunia karena justru pertumbuhan ekonomi di negara kita mengalami peningkatan yang didorong oleh adanya kenaikan hutang negara sebagai sumber utama penghasilan komponen pemerintah.


    √ 108 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi Panjang Tentang Ekonomi

    Pendidikan merupakan salah satu senjata yang ampuh dalam mengubah perekonomian dunia, karena pendidikan adalah suatu sarana yang digunakan untuk mempelajari berbagai hal yang bermanfaat. Selain itu, pendidikan juga dapat meningkatkan angka pertumbuhan ekonomi yang akan mengentaskan kemiskinan di suatu negara.

    Indonesia adalah negara yang memiliki tingkat pendidikan yang boleh dikatakan lumayan baik. Pemerintah telah mengeluarkan banyak dana untuk membangun gedung sekolah dan memberikan program sekolah gratis.

    Kini hanya para siswa sendirilah yang harus mulai memiliki keinginan untuk belajar dan berprestasi. OIeh karenanya semangat akan terbentuk dan ingin memberikan yang terbaik bagi negara karena pemerintah telah memfasilitasi program pendidikan secara mudah.

    Ketika fasilitas sudah tersedia dan peran aktif dari para siswa sudah bergabung untuk ikut serta dalam sektor pendidikan dan ekonomi, kemungkinan besar derajat bangsa Indonesia akan lebih diakui di mata dunia. Hal ini akan menarik minat banyak investor asing berdatangan yang sudah pasti meningkatkan perekonomian di dalam negeri. Guru yang berkualitas dan memliki kompetensi yang baik juga akan membantu meningkatkan tingkat pendidikan di indonesia.


    √109 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi Tentang Sosial

    Lingkungan yang bersih adalah lingkungan yang selalu dibersihkan setiap hari. Lingkungan bersih membuat seseorang memiliki tubuh yang sehat, dan mempunyai pikiran yang positif. Tetapi apabila lingkungan kotor maka akan berpengaruh kepada aktivitas seseorang. Dia akan menjadi mudah marah, jenuh dan sebagainya.

    Kebanyakan orang setuju dengan hal ini karena memang dapat dirasakan bila lingkungan bersih maka akan memberikan aura positif dan juga sebaliknya bila lingkungan kotor maka akan meberikan aura negatif.

    Lingkungan bersih membuat hidup menjadi sehat, sedangkan lingkungan kotor akan menimbulkan penyakit. Sebagai contoh bila ada banyak baju kotor maka akan ada banyak nyamuk, sehingga akan menimbulkan penyakit demam berdarah. Dengan demikian jagalah selalu kebersihan.


    √ 110 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi Tentang Berita

    Tanaman obat sambiloto sudah terkenal sejak jaman dahulu. Tanaman ini bermanfaat untuk mengobati luka dan berguna untuk kesehatan badan.

    Banyaknya manfaat yang dimiliki oleh tanaman ini membuatnya menjadi bahan utama produk kesehatan. Tetapi hanya sedikit orang yang tahu mengenai hal. Dari beberapa riset yang dilakukan oleh para peneliti, banyak manfaat yang terdapat pada tanaman ini, seperti untuk obat luka bakar dan cedera, panas, darah tinggi, kanker dan tumor paru.

    Atas dasar riset maka disimpulkan bahwa tanaman obat sambiloto ini tidak hanyak mengobati luka dan penyakit tetapi juga berguna untuk kesehatan manusia.

    Tanaman ini adalah obat alami sehingga tidak memberikan resiko terhadap orang yang mengkonsumsinya.


    √ 111 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi Singkat Tentang Kesehatan

    Mata adalah indra penglihatan yang penting. Mata digunakan untuk berinteraksi dengan orang lain oleh karenanya mata harus selalu dijaga kesehatannya. Banyak orang yang menderita cacat mata, buta, dan rabun. Kebutaan dapat terjadi karena suatu kecelakaan atau bawaan dari lahir, tetapi rabun mata terjadi karena adanya suatu proses perubahan kesehatan mata yang semula normal menjadi rabun.

    Rabun mata terjadi disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah membaca terlalu dekat atau menonton televisi dengan jarak kurang dari 3 meter.

    Penyebab rabun mata yang seperti disebutkan di atas telah terbukti dari pendapat para ahli. Rabun mata akan diderita oleh seseorang yang disebabkan oleh kebiasaan buruk yang dilakukannya. Mata sangat penting. Karena fungsi mata sebagai alat untuk berinteraksi, maka menjaga mata sangat diperlukan agar selalu memiliki mata yang sehat.


    √ 112 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi Panjang Tentang Kesehatan

    Sudah menjadi hal yang biasa ketika ada orang membuang sampah sembarangan. Apakah dia dari kalangan muda atau orang tua. Sebagai contoh, ketika kita sedang berada di lingkungan terbuka, kita dapat melihat masih saja ada sampah yang tertinggal berserakan di suatu tempat setelah diadakan perhelatan sebuah acara. Padahal sudah jelas bahwa akhir-akhir ini ketika musim ujan sering terjadi bencana banjir.

    Ada orang yang menyimpulkan apabila efeknya belum dirasakan maka kebiasaan buruk tentang membuang sampah sembarangan akan terus dilakukan. Sehingga, rasanya tidak perlu mengadakan sosialisasi dampak bahaya membuang sampah sembarangan.

    Sebaliknya apabila efek samping yang mengakibatkan banjir sudah dirasakan, maka barulah tumbuh kesadaran untuk tidak membuang sampah sembarangan. Apalagi untuk membuang sampah di sungai atau saluran air yang dapat menyumbat jalan air.


    √ 113 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi Tentang Narkoba

    Dengan kemajuan jaman dan teknologi, apapun yang diinginkan pasti akan didapat secara mudah. Kini kita hanya mengandalkan alat elektronik yang terhubung dengan internet. Begitu juga dengan narkoba yang dapat dibeli dengan mudah dari beragam merk disertai juga dengan akses yang cepat.

    Banyak informasi bahwa kini banyak anak-anak sekolah dasar yang telah mengkonsumsi narkoba. Miris sekali bahwa generasi muda sebagai generasi penerus bangsa harus mengalami hal yang tidak seharusnya. Dan untuk para orang tua juga seharusnya tidak memberikan fasilitas yang dapat memudahkan putra-putri mereka untuk mengakses narkoba, sebagai contohnya. Hal ini memang menjadi dilemma bagi para orang tua karena pengawasan tidak selalu bisa terjaga, tetapi setidaknya apabila putra-putri mereka masih di bawah umur, sebaiknya jangan diberi fasilitas seperti HP, gadget, dan laptop. Hal ini akan membuat mereka malas untuk beraktivitas.

    Narkoba kini sudah tidak asing bagi banyak orang. Bahkan dapat dilihat bahwa para narapidana yang berada di penjara kebanyakan terjerat kasus narkoba, dan mereka berasal dari berbagai usia, mulai usia muda sampai dengan usia tua. Maka dari itu perlu adanya sosialisasi tentang bahaya narkoba, hal ini sangat berbahaya apabila tersebar di kalangan usia muda yang mempunyai rasa ingin tahu atau coba-coba. Selain itu juga diperlukan adanya tindak lanjut hukum yang tegas agar ada efek jera bagi para pelaku.

    Setelah pemaparan keseluruhan mengenai teks eksposisi, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa sebuah teks informasi dalam bahasa Indonesia biasanya digunakan dalam kalimat berita. Teks eksposisi merupakan paragraf atau karangan yang berisi informasi. Informasi ini bertujuan untuk memberikan pengertian atau penjelasan kepada para pembacanya. Teks ini menggunakan gaya bahasa yang padat, singkat, jelas, dan akurat.

    Penggunaan teks informasi tidak terlepas dari struktur yang membentuknya. Struktur teks eksposisi atau teks informasi dapat dibagi menjadi tiga, yaitu tesis, argumentasi dan penegasan kembali. Ketiga struktur tersebut tentu saja memiliki perbedaan, namun jika ketiganya dijadikan sebuah satu kesatuan maka akan menghasilkan sebuah teks yang informatif dan sangat bermanfaat.

    Terdapat beberapa jenis teks informasi. Diantaranya adalah: 1. Jenis teks definisi, memaparkan definisi atau pengertian dari sebuah topic; 2. Jenis teks proses, memaparkan tahap dari suatu hal secara runtut; 3. Jenis teks ilustrasi, menjelaskan gambaran suatu proses yang memiliki kesamaan antara satu dan lainnya; 4. Jenis teks laporan, menyampaikan pelaporan dari sebuah kejadian; 5. Jenis teks perbandingan, mengutarakan perbandingan antara gagasan utama dengan gagasan lain; 6. Jenis teks pertentangan, mengutarakan pertentangan antara satu hal dan lainnya; 7. Jenis teks analisis, memaparkan suatu proses dalam memisahkan suatu masalah dari suatu gagasan utama menjadi beberapa sub-bagian yang dikembangkan secara berurutan.

    Sebagai penulis teks informasi, Anda harus menyertakan bukti-bukti pendukung dari tulisan Anda tersebut agar berita yang disampaikan tidak terkesan fiktif atau hoax, serta dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya di kemudian hari.


    √ 114 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks eksposisi tentang pendidikan

    Tesis:
    Pendidikan merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Melalui pendidikan seseorang dapat mengenali jati dirinya sendiri. Jati diri tersebut tentu saja terbentuk dari karakter yang dimiliki oleh seseorang itu sendiri. Melalui perubahan kurikulum pemerintah juga ikut berperan dalam membentuk karakter anak didik. Pemerintah mengubah Kurikulum Satuan Pendidikan (KTSP) ke Kurikulum 2013. Perubahan ini mensyaratkan adanya pendidikan karakter dalam sistem pendidikan di Indonesia.

    Argumentasi:
    Pendidikan karakter merupakan pendidikan yang lebih mengutamakan kemampuan siswa secara personal atau pendidikan yang mencoba untuk menggali potensi diri dari seorang individu, dalam hal ini siswa. Pendidikan karakter ini penting akan menggali bakat-bakat tersembunyi yang dimiliki oleh siswa. Setiap siswa tentu saja memiliki bakat, potensi, dan kecerdasan di bidang yang tidak sama antara yang satu dengan yang lainnya.

    Siswa ang tidak pandai dalam pelajaran tentu saja bukan berarti ia bodoh, ia pasti memiliki kemampuan di bidang yang lain. Melalui pendidikan berkarakter, cerdas atau tidaknya seseorang tidak ditentukan berdasarkan pintar atau tidaknya seseorang dalam pelajaran di kelas. Guru juga tidak boleh untuk melabeli seorang siswa bodoh apabila ia tidak pintar dalam mata pelajaran yang diajarkan di kelas.

    Pemerintah juga telah mengupayakan terwujudnya pendidikan karakter ini, yaitu melalui kurikulum pendidikan terbaru, yaitu kurikulum 2013. Melalui kurikulum ini pemerintah berusaha menggali potensi dan menanamkan karakter kepada siswa. Karakter yang toleransi terhadap suku, agama, bahasa, kebudayaan, dan adat istiadat lain. Indonesia merupakan negara yang memiliki beragam kebudayaan, bahasa, kepercayaan, dan adat istiadat. Sehingga penanaman sikap toleransi harus diperkenalkan sejak di bangku sekolah.

    Selain itu, pendidikan karakter juga diharapkan mampu membekali siswa di masa yang akan datang terkait dengan masa depannya. Siswa harus memiliki keahlian dan skill khusus yang harus dimiliki di zaman globalisasi ini.

    Penegasan ulang:
    Pendidikan karakter merupakan bekal awal siswa di masa depan. Siswa harus memiliki sikap toleransi kepada sesamanya dan memiliki skil atau potensi diri yang dapat dibanggakan agar siswa sebagai penerus bangsa ini lebih siap menghadapi kemajuan zaman.


    √ 115 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Diskriminalisasi Terhadap Wanita

    Tesis:
    Wanita sangatlah rentan menjadi sasaran objek kejahatan. Berdasarkan data yang dirilis, Indonesia termasuk negara yang paling tidak aman terhadap kaum wanita. Rata-rata tiap hari hampir sering adanya laporan kejahatan terhadap wanita di Indonesia. Malahan ada beberapa kasus yang cukup langka, yaitu diantaranya pelakunya berasal dari keluarga korban sendiri. Kasus-kasus tersebut mengundang masukan dan pendapat dari pakar sosial terkait kesalahan struktur masyarakat Indonesia.

    Isi:
    Walaupun Negara kita secara tegas menerapkan undang-undang yang menjerat para pelaku tindakan kriminal, akan tetapi penerapan hukuman tersebut dinilai belum membuat para pelaku kapok atau jera. Beberapa pendapat dari pakar sosial memberikan kesimpulan bahwa adanya stereotype yang terjadi di masyarakat yang menimbulkan meningkatnya tindakan kriminal pada wanita. Negara kita Indonesia, pada konstruksi sosialnya menganut patriaki dimana kedudukan lelaki dinilai lebih tinggi dibandingkan wanita.

    Pemerintah sebenarnya sudah menerapkan beberapa upaya dan pencegahan tindakan kriminal seperti sosialisasi pemberdayaan wanita, menyediakan gerbong kereta khusus wanita, mengutamakan kebutuhan wanita di tempat umum dan lainnya. Akan tetapi masih saja ada beberapa oknum yang melanggar peraturan tersebut.

    Kesimpulan:
    Lantaran sistem sosial patriaki sudah turun temurun dan berlangsung lama di Indonesia, mau tidak mau wanita diharuskan mentaati seluruh aturan sosial yang mana condong terjadinya diskriminasi gender. Selain itu sistem tersebut juga mengarahkan wanita supaya selalu patuh dan takut kepada pria. Dengan begitu apabila ada wanita yang melawan, tetap saja masyarakat menganggap perlawanan tersebut tidak seharusnya dilakukan oleh wanita yang sudah dinilai memiliki watak lemah lembut dan taat.


    √ 116 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Pemanasan Global dan hilangnya hutan lindung

    Tesis:
    Pemanasan Global merupakan keadaan dimana suhu bumi semakin panas. Pemanasan global ini mengakibatkan berbagai dampak buruk, seperti menipisnya ozon sehingga sinar ultraviolet dapat langsung masuk ke bumi, naiknya permukaan air laut karena mencairnya es di kutub.

    Pemanasan global terjadi karena banyaknya gas karbondioksida di atmosfer, sehingga akan menyebabkan ozon semakin menipis. Banyaknya gas karbondioksida yang terdapat di bumi tidak seimbang dengan jumlah pohon yang dapat menyerap karbondioksida. Bahkan bukan hanya itu, hutan-hutan sudah mulai di buka untuk lahan pertanian, perkebunan, atau juga dialih fungsikan dari hutan lindung menjadi hutan produksi.

    Argumentasi:
    Beberapa tahun ke belakang ini dunia sedang mengalami kenaikan suhu yang cukup parah.

    Pemanasan global tersebut terjadi karena banyaknya gas karbondioksida di atmosfer bumi. Gas kabondioksida tersebut berasal dari asap pabrik, atau dari kendaraan bermotor. Apabila kita melihat sekitar pasti banyak sekali pabrik-pabrik yang beroperasi yang menimbulkan gas karbondioksida.

    Ini masih di negara kita, coba banyak yang apa yang terjadi di negara industri? Negara industri pasti memiliki pabrik yang lebih banyak. Coba bayangkan, sebanyak apa kira-kira gas karbondioksida yang berasal dari kegiatan tersebut. Negara-negara industri tersebut seharusnya mengatasi karbondioksida yang dikeluarkan akibat aktivitas dari pabrik-pabrik.

    Parahnya lagi, hutan-hutan di dunia yang seharusnya dapat sedikit membantu mengurangi gas karbondioksida yang akan di bumi tidak dapat menjalankan perannya dengan baik. Hal tersebut karena banyak pohon di hutan yang ditebang. Selain penebangan pohon di hutan, beberapa kasus yang terjadi di Indonesia, yaitu pengalihan fungsi hutan, dari hutan yang berfungsi sebagai hutan lindung dialih fungsikan menjadi hutan konservasi. Hal tersebut tentu saja dapat memperburuk keadaan bumi.

    Penegasan ulang:
    Pemanasan global yang sedang melanda bumi beberapa tahun ke belakang semakin parah. Hal ini disebabkan karena banyaknya pabrik yang beroperasi sehingga menimbulkan asap an juga karena asap dari kendaraan bermotor. Keadaan ini diperparah dengan keadaan hutan yang seharusnya dapat berperan dalam mengurangi emisi gas malah banyak hutan yang ditebang. Selain penebangan hutan, alihfungsi hutan juga dapat menyebabkan hutan tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Alihfungsi hutan dari hutan lindung menjadi hutan konservasi sudah mulai banyak terjadi terutama di negara Indonesia.


    √ 117 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Jangan Pilih Kepala Daerah yang Tidak Ramah Terhadap Alam

    Tesis:
    Alam telah rusak, eksploitasi yang dilakukan terhadap alam di Indonesia sudah mencapai taraf yang menghawatirkan. Tambang menjadi menyebab yang paling banyak menyebabkan kerusakan pada alam. Pertambangan tentu saja berkaitan dengan perusahan tambang dan izin tambang yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah. Dalam hal ini pemerintah daerah menentukan boleh atau tidak suatu lokasi ditambang.

    Argumentasi:
    Alam merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan kita. Makan, minum, bernafas, dan yang menyangkut hidup kita berasal dari alam. Namun, di Indonesia telah banyak terjadi kerusakan lingkungan. Aktivitas pertambangan merupakan salah satu hal yang dapat menyebabkan kerusakan lingkungan.

    Aktivitas pertambangan dapat dilakukan dengan adanya perusahaan tambang dan izin dari pemerintah daerah. Kebanyakan dari kasus izin pertambangan dilakukan dengan kongkalikong antara perusahaan tambang dengan kepala daerah. Kongkalikong terjadi biasanya pada saat pencalonan kepala daerah. Pencalonan kepala daerah tentu saja akan membutuhkan biaya yang besar tentunya. Biasanya perusahaan tambang akan menawarkan bantuan dana untuk kampanye, namun dengan syarat apabila kepala daerah tersebut jadi, perusahaan tersebut harus diizinkan melakukan pertambangan di daerah yang sudah diincar sebelumnya. Hal ini tentu sudah bukan rahasia lagi.

    Jadi jangan lebih baik memilih kepala daerah yang ramah terhadap alam. Karena selain karena alam kita akan tetap lestari, calon kepala daerah tersebut juga kira-kira tidak menerima suap dari perusahaan tambang tertentu.

    Penegasan ulang:
    Kepala daerah memiliki kontrol terhadap kelestarian lingkungan. Karena izin eksploitasi alam, misalkan pertambangan juga dari kepala daerah. Jadi sebaiknya jangan memilih kepala daerah yang tidak paham dengan alam dan hanya bisa memikirkan bagaimana cara mengeksploitasinya saja.


    √ 119 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Pertumbuhan ekonomi masyarakat dengan pembangunan fasilitas umum di lahan masyarakat

    Tesis:
    Pemerintah berniat menumbuhkan perokonomian masyarakat. Salah satu hal yang dilakukan pemerintah adalah melakukan beberapa pembangunan fasilitas umum yang diprediksi akan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Misalkan saja yang pembangunan pemerintah yang sangat kontroversial baru-baru ini, yaitu pembangunan bandara di Kulon Progo, Yogyakarta. Pembangunan tersebut tentu saja sangat paradoks, apabila memang bandara tersebut di bangun dengan tujuan mensejahterakan masyarakat, tentu saja pemerintah tidak akan membiarkan Bandara dibangun di atas lahan milik warga sekitar.

    Argumentasi:
    Pembangunan merupakan hal yang direncanakan oleh pemerintah dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakatnya. Banyak sekali cara yang coba dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Salah satu cara yang dilaksanakan oleh pemerintah yaitu melakukan pembangunan untuk melancarkan distribusi atau yang lainnya. Namun pembangunan yang dilakukan masyarakat seharusnya tetap memperhatian banyak hal, karena terkadang pembangunan tersebut dilaksanakan tanpa mempertimbangkan hal-hal yang sifatnya lebih urgent.

    Baru-baru ini kasus yang sempat menjadi trending adalah pembangunan Bandara di Kulon Progo, Yogyakarta. Pemerintah berniat membangun bandara baru di Kulon Progo yang berada tepat di atas lahan miliki masyarakat. Hal tersebut seketika menimbulkan reaksi penolakan dari masyarakat. Karena lahan tersebut merupakan lahan yang yang digunakan masyarakat untuk menyambung hidupnya.

    Jika kita lihat sekilas tidak ada yang salah dari sebuah pembangunan, namun bagaimana apabila pembangunan tersebut dilaksanakan tepat di atas tempat hidup masyarakat atau misalkan saja di atas sawah milik masyarakat. Sawah tersebut merupakan lahan yang digunakan untuk masyarakat sebagai mata pencarian. Bandara tersebut akan dibangun di atas lahan yang digunakan sebagai lahan hidup masyarakat.

    Hal tersebut tentu saja paradoks, apabila memang bandara dibangun untuk kepentingan kesejahteraan masyarakat atau untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar, mereka tidak akan membangun bandara tersebut di atas lahan yang menjadi penghidupan masyarakat selama bertahun-tahun. Hal tersebut tentu saja tidak akan menumbuhkan perekonomian di masyarakat, namun akan mencerabut mata pencarian masyarakat di sekitar.

    Terkadang pemerintah mengabaikan hal-hal tersebut. Bukankah tujuan awalnya untuk mensejahterakan masyarakat? Atau memang sebanarnya tujuannya bukan itu. Demi kesejahteraan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi masyarakat hanya digunakan sebagi dalih untuk mensukeskan proyek di belakang yang tidak diketahui banyak orang.

    Bahkan hal ini tidak terjadi sekali atau dua kali, namun berulang kali. Di banyak tempat di Indonesia, seperti reklamasi pantai untuk pembangunan jalan tol di Teluk Benoa (Bali), reklamasi pantai di pulau Seribu, pembangunan pabrik semen di pegunungan Kendeng, perusakan hutan adat di Merauke, dan masih banyak lagi. Hal tersebut merupakan beberapa contoh janji dari pemerintah terkait menumbuhkan ekonomi justru malam meminggirkan masyarakat sekitar.

    Penegasan ulang:
    Pemerintah melaksanakan berbagai macam pembangunan di masyarakat yang katanya bertujuan demi kesejahteraan masyarakat. Namun pembangunan tersebut seringkali dilakukan tanpa mempertimbangkan banyak hal. Bahkan masyarakatnya sendiri yang kadang diabaikan. Pembangunan yang katanya untuk menumbuhkan ekonomi masyarakat tersebut, seringkali bahkan menyingkirkan masyarakat dari tempat tinggalnya sendiri.


    √ 120 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Olahraga untuk kesehatan tubuh

    Tesis:
    Olahraga memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh kita. Tubuh akan segar dan bugar kembali apabila seseorang sering melakukan olahraga. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh seseorang apabila melakukan olahraga, apakah jantungnya dapat mampu dia ajak berolahraga dalam waktu lama atau tidak. Karena, kondisi setiap orang itu berbeda-beda ada yang jantungnya kurang kuat ada pula yang kuat karena sudah terlatih dalam hal berolahraga.

    Argumentasi:
    Olahraga merupakan kegiatan menyenangkan yang dapat dilakukan oleh setiap orang. Macam-macam olahraga, yaitu renang, lari, push up, shit up, dan masih banyak lagi. Selain menyenangkan, olahraga tentu saja merupakan kegiatan yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Tubuh akan segar dan bugar kembali setelah melakukan olahraga. Olahraga juga dapat menyebabkan suasana hati menjadi senang, hal tersebut karena olahraga dapat melepaskan segala beban pikiran yang dirasakan oleh seseorang.

    Olahraga dapat meningkatkan metabolisme tubuh, peningkatan metabolisme di dalam tubuh berguna untuk menjaga tubuh agar terhindar dari penyakit kognitif, seperti penurunan sistem kerja otak dan juga kepikunan. Olahraga juga sangat disarankan untuk penderita tekanan darah tinggi, tekanan darah tinggi tersebut dapat menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi tidak lancar. Apabila penderita tekanan darah tinggi melakukan olahraga yang teratur, hal tersebut akan membantu memperlancar aliran darah di dalam tubuhnya.

    Kesehatan jantung juga akan terjaga apabila seseorang sering melakukan olahraga, namun perhatikan terlebih dahulu apakah jantung Anda kuat untuk diajak melakukan olahraga atau tidak, misalkan seseorang yang memiliki penyakit jantung kemungkinan tidak akan kuat melaksanakan aktivitas lari, renang atau aktivitas olahraga lainnya.

    Bahkan kasus seperti ini banyak terjadi, seseorang melakukan aktivitas olahraga tanpa melihat terlebih dahulu kekuatan dari jantungnya. Sehingga bukan malah mendapatkan tubuh yang sehat, ia justru akan menambah buruk keadaan jantungnya.

    Sering juga kita temui, orang yang sedang berolah raga tiba-tiba pingsan, dan harus dilarikan ke rumah sakit. Hal tersebut karena sebelumnya pasti ia memiliki riwayat penyakit jantung. Ia akan terkena serangan jantung mendadak apabila tubuhnya tidak kuat untuk melakukan aktivitas yang sedikit menguras tenaga. Sehingga ia akan jatuh pingsan.

    Apabila tubuh normal, berolahraga tentu saja akan memiliki banyak sekali manfaat. Bahkan olahraga juga harus dikerjakan oleh setiap orang minimal satu kali dalam seminggu. Hal tersebut akan membuat tubuh kita sehat dan menghindarkan kita dari berbagai macam penyakit. Karena olahraga dapat meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga orang yang sering olahraga tubuhnya akan tetap terjaga dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Namun, pastikan terlebih dahulu kondisi sebelum melaksanakan aktivitas menyehatkan ini.

    Apabila tubuh tidak dalam keadaan yang kuat untuk melakukan olahraga, bukan malah mendapatkan kesehatan, tetapi hanya akan menambahkan penyakit pada tubuh.

    Penegasan ulang:
    Olahraga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh seseorang. Mulai dari akan membuat mood seseorang menjadi baik, menghindarkan dari berbagai penyakit, meningkatkan metabolisme, melancarkan peredaran darah, dan masih banyak lagi. Meskipun memiliki banyak manfaat tak jarang kita jumpai orang yang berolahraga malah berakhir di ranjang rumah sakit. Hal tersebut karena mereka tidak memahami kondisi tubuhnya sendiri.

    Orang yang memiliki penyakit jantung misalnya, ia tidak akan kuat melakukan hal-hal tertentu yang memacu kerja dari jantungnya. Maka dari itu, sebelum olahraga pastikan kondisi Anda normal dan mampu untuk berolahraga yang menguras tenaga.

    Demikianlah pembahasan terkait contoh teks eksposisi. Kami sudah memberikan pembahasan lengkap, mulai dari arti hingga contoh teks eksposisi. Anda dapat menjadikan beberapa contoh yang kami tunjukkan tersebut sebagai referensi apabila Anda ingin membuat teks eksposisi. Membuat teks eksposisi sebenarnya tidak sulit, hal tersebut terlihat sulit hanya karena Anda belum pernah membuat teks tersebut. sekian pembahasan kami kali ini, semoga apa yang kami sampaikan kali ini dapat membantu kesulitan Anda terkait contoh teks eksposisi.


    √ 121 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Bias Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia

    Tesis:
    Di saat kondisi perekonomian global yang tengah krisis, torehan pertumbuhan ekonomi Indonesia menunjukkan hasil yang positif.

    Jika dibandingkan, pada triwulan kedua tahun ini dengan periode yang sama tahun lalu, ekonomi Indonesia meningkat kurang lebih 6,4 persen.

    Pertumbuhan ini tetap masih terpusat di Pulau Jawa dengan peningkatan sebesar 57,5%. Apabila di akumulasikan, pertumbuhan ekonomi Indonesia semester I tahun 2012 lebih baik dibandingkan dengan semester I tahun 2011 yang tumbuh sekitar 6,3%.

    Argumentasi:
    Akan tetapi, pertumbuhan ekonomi Indonesia dinilai mengalami bias atau anomali. Hal ini dikatakan oleh Salamuddin Daeng, pengamat ekonomi Indonesia for Global Justice. Ia berpendapat, pertumbuhan ekonomi ini tidak diikuti dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

    Tidak hanya itu, Daeng juga memaparkan, sekurang-kurangnya ada empat faktor yang membuat ekonomi Indonesia mengalami bias.

    Pertama, perekonomian Indonesia lebih banyak ditengarai oleh utang asing yang nilainya terus meningkat.

    “Utang Indonesia mencapai Rp. 2.865 triliun. Utang asing pemerintah meningkat setiap tahunnya. Utang ini menjadi sumber penghasilan utama pemerintah dan menjadi pendorong tumbuhnya ekonomi Indonesia,” ujar Daeng.

    Kedua, peningkatan konsumsi masyarakat dinilai ikut mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. Konsumsi masyarakat yang meningkat bersumber dari harga sandang pangan yang mengalami kenaikan, serta disokong oleh pertumbuhan kredit terutama kredit konsumsi.

    Ketiga, ekonomi Indonesia pertumbuhannya didorong oleh ekspor bahan mentah, contohnya hasil perkebunan, hutan, migas dan bahan tambang, sehingga kurang menciptakan nilai tambah dan lapangan pekerjaan.
    Faktor terakhir, pertumbuhan ekonomi Indonesia didorong oleh penanaman asing yang menjadikan sumber daya alam Indonesia makin dikuasai asing.

    Di lain pihak, A Tony Prasetiantono, Pengamat Ekonomi dari Universitas Gadjah Mada, menyatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia ditopang oleh sektor domestik.

    Menurutnya, dampak krisis global melalui defisit neraca perdagangan dan penurunan ekspor baru akan terasa pada kuartal ketiga dan keempat tahun ini. Ia menilai kontribusi ekspor terhadap PDB tidak besar.

    Selaras dengan itu, ekonom Mirza Adityaswara berpendapat bahwa sejumlah sektor ekonomi dalam negeri tumbuh karena didorong oleh suku bunga rendah. Hal ini tampak dari peningkatan kredit yang mencapai 26-28% sekaligus didukung oleh harga BBM yang rendah sebab masih disubsidi oleh pemerintah.

    Lebih lanjut Mirza meyampaikan, sektor yang berorientasi dalam negeri mengalami pertumbuhan tinggi, misalnya otomotif, manufaktur, transportasi, komunikasi, dan perdagangan.

    Dampaknya pertumbuhan sektor yang berorientasi dalam negeri memiliki kecenderungan defisit neraca perdagangan yang semakin besar.

    Penegasan Ulang:
    Menurut A Tony Prasetiantono, belanja pemerintah yang lebih cepat dan besar juga sangat membantu pertumbuhan. Seiring dengan hal itu, tingkat inflasi yang berada di bawah 5 % cukup membantu, walaupun hal tersebut ada dampaknya, yakni nilai subsidi energi yang terus membengkak yang sebetulnya tidak sehat.


    √ 122 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Fakta Hukum di Indonesia

    Tesis:
    Semestinya hukum di Indonesia sebagaimana yang telah diatur pada Undang-undang sudah secara tegas mengatur hukuman untuk para pelaku tindak kejahatan.

    Akan tetapi, faktanya kerapkali terjadi ketidakadilan hukum yang dapat merugikan banyak orang. Hukum bisa saja tegas, namun menjadi mendadak tumpul ketika dihadapkan dengan koruptor, itulah terjadi saat ini.

    Argumentasi:
    Bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa para koruptor di Indonesia menerima hukuman yang tingkatannya masih terbilang ringan, bahkan ada koruptor yang mendapatkan tunjangan fasilitas mewah padahal sudah dianggap merugikan negara.

    Seringkali kita melihat berita bahwa seorang maling, pencopet dan penjambret dihajar masa hingga tewas. Namun, belum pernah kita mengetahui koruptor di Indonesia dikeroyok masa sampai tewas.

    Penegasan Ulang:
    Hukum di Indonesia itu bisa dibilang hanya tegas dihadapan rakyat kecil. Contohnya kasus yang pernah menimpa Nenek Asyani.

    Kasusnya hanya karena diduga mencuri kayu, ia terancam dengan hukuman selama lima tahun penjara. Sungguh ironis dan tidak adil memang, apabila dibandingkan dengan hukuman yang akan diterima oleh koruptor.

    √123 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Perubahan Kurikulum Pendidikan di Indonesia

    Tesis:
    Sistem pendidikan Indonesia saat ini mengalami suatu perubahan yang sangat signifikan. Perubahan tersebut berhubungan dengan kurikulum yang digunakan dalam dunia pendidikan Indonesia.

    Yang mana, kurikulum 2006 yang sudah lama digunakan dirubah dengan kurikulum 2013. Meskipun tidak semua sekolah menggunakan kurikulum tersebut.

    Argumentasi:
    Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam beberapa kesempatan memaparkan bahwa, kurikulum 2013 diutamakan pada sekolah-sekolah yang memiliki akreditasi A atau sekolah bertaraf Internasional.

    Terjangkaunya distribusi buku juga menjadi syarat terhadap sekolah yang melaksanakan kurikulum 2013. Kemendikbud juga menjelaskan bahwa kurikulum 2013 ini fokus pada pembangunan sikap, pengetahuan, keterampilan, karakter yang dilandasi pendekatan ilmiah.

    Tidak hanya itu, kurikulum 2013 juga menitikberatkan kepada hubungan antara proses belajar dengan rasa syukur pada pemberian Tuhan Yang Maha Kuasa kepada manusia yang diberi berkat untuk mengelola alam ini.

    Khususnya mengacu pada proses belajar mengajar yang dimulai dengan mengamati, menanya, menalar, dan mencoba atau mencipta.

    Musliar Kasim selaku wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan berpendapat, bahwa Kurikulum 2013 lebih menitikberatkan praktik daripada hafalan.

    Karena selama ini, siswa banyak dibebani hafalan yang justru dinilai kurang menumbuhkan kreativitas.

    Melalui Kurikulum 2013 ini, pemerintah ingin mencetak anak bangsa Indonesia yang produktif, kreatif, inovatif dan afektif. Dalam kurikulum 2013 setiap siswa dididik agar memiliki pengetahuan, keterampilan, sikap dan karakter.

    Anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Meutia Hatta mengatakan bahwa kurikulum 2013 ini mempunyai tujuan untuk mencetak karakter generasi berkualitas, cinta tanah air dan bangsanya.

    Tidak hanya itu, kurikulum 2013 juga menonjolkan peran aktif siswa dalam proses pembelajaran, sehingga generasi masa depan tetap mempunyai jati diri sebagai bangsa Indonesia dan berkualitas.

    Penegasan Ulang:
    Akan tetapi, banyak juga dari masyarakat yang menolak penerapan kurikulum 2013 ini. Perubahan kurikulum ini dinilai sangat mendadak dan cenderung dipaksakan.

    Bahkan, ada yang berpendapat kurikulum ini kurang fokus sebab menggabungkan dua mata pelajaran yang memiliki substansi pokok yang berbeda.

    Walaupun mata pelajaran yang akan diajarkan dibuat lebih sederhana, namun tingkat pemahaman dan pengetahuan yang dimiliki siswa akan semakin menurun karena mata pelajaran tersebut tidak dibahas secara utuh dan dibuat secara terpisah-pisah.


    √ 124 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Hindari Caleg Pelaku Korupsi

    Tesis:
    Partai politik yang akan mengikuti pemilihan umum, mestinya mempunyai standar dalam merekrut calon anggota legislatif yang tegas dan ketat.

    Kriteria calon wakil rakyat itu harus jelas dan bisa menjadi filter dalam mencegah calon wakil rakyat dengan riwayat hidup kurang baik masuk.

    Contohnya, caleg yang mempunyai track record masalah korupsi atau pelanggaran HAM, tidak diterima sebagai bakal caleg. Hal ini penting untuk memastikan calon anggota dewan itu benar-benar orang baik yang mempunyai kredibilitas, kapabilitas dan intregritas.

    Tentu saja partai politik memiliki mekanisme khusus dalam hal fit and proper test. Kriterianya bisa saja tidak sama bagi semua partai politik. Tetapi paling tidak, ada prinsip umum yang harus digunakan semua partai politik dalam menyeleksi anggotanya.

    Argumentasi:
    Hal ini penting karena banyak bukti dari hasil survey, bahwasanya parlemen baik tingkat pusat maupun regional dinilai lembaga terkorup.

    Hal ini dipaparkan oleh Wakil Sekretaris Jenderal Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP), Jojo Rohi, berhubungan dengan kriteria dalam menyeleksi calon wakil rakyat oleh setiap partai politik yang akan mendapatkan suara rakyat dalam setiap pemilu.

    Penegasan Ulang :
    Penetapan standar caleg kriteria yang tegas dan jelas oleh partai politik sangat dibutuhkan sebab terkait dengan siapa saja orang yang pantas untuk diusung menjadi calon wakil rakyat.

    Antikorupsi menjadi hal primer yang harus dicantumkan dalam kriteria menjaring caleg. Konsekuensinya, caleg yang mempunyai rekam jejak kasus korupsi tidak boleh dijadikan sebagai caleg.

    Selain antikorupsi yang patut juga dipertimbangkan adalah pelanggar HAM, hal ini merupakan suatu bagian dari warisan reformasi yang hingga kini belum terselesaikan.

    Caleg yang memiliki rekam jejak pelanggar HAM dalam bentuk apa pun seharusnya tidak dicalonkan sebagai bakal caleg sebab fungsi wakil rakyat salah satunya yaitu melakukan advokasi terhadap pelanggaran-pelanggaran HAM melalui legislasi.


    √ 125 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Manfaat Lidah Buaya

    Tesis:
    Sejak zaman dahulu, nenek moyang kita telah mengenal tanaman lidah buaya lengkap dengan manfaatnya. Manfaat tumbuhan yang bernama latin Aloe Vera ini tidak hanya sebagai penyubur rambut, namun juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

    Lidah buaya memiliki ciri-ciri : daun berbentuk panjang, tebal, dan berwarna hijau. Daunnya mengandung serat bening sebagai daging.

    Argumentasi:
    Walaupun sejak dahulu dikenal memiliki banyak manfaat, namun belum banyak orang yang mengetahui bahwa tanaman ini bisa menjadi komoditas yang menguntungkan.

    Para peneliti mengungkapkan banyak manfaat dari tanaman serbaguna ini. Di bawah ini akan dijelaskan mengenai manfaat tersebut.

    Bagian tertentu dari tanaman lidah buaya dapat menjadi obat yang sangat baik untuk mempercepat proses penyembuhan. Lidah buaya dinilai sangat baik untuk mengobati bekas luka, luka bakar dan luka karena cedera.

    Lidah buaya juga dikenal karena sifat anti-inflamasinya. Dengan kata lain, tanaman ini mempunyai kemampuan untuk memperlambat peradangan karena adanya asam lemak. Mengoleskan gel lidah buaya dapat mencegah atau menghentikan peradangan yang disebabkan oleh cedera, disfungsi kekebalan tubuh, dan lain sebagainya.

    Meningkatkan pencernaan dan membantu detoksifikasi tubuh. Tidak hanya itu, lidah buaya merupakan pencahar yang baik dan sangat membantu dalam berurusan dengan sembelit.
    Lidah buaya mempunyai efek anti-bakteri dan anti-jamur, sifat ini membuat lidah buaya menjadi salah satu produk alami yang sehat, antioksidan yang kuat, menangkal radikal bebas dan melindungi tubuh.

    Gel atau jus dari tanaman lidah buaya secara tradisional digunakan sebagai obat untuk diabetes karena sifatnya yang dapat menurunkan kadar gula dalam darah
    Penegasan Ulang:

    Sudah jelas, lidah buaya tidak hanya bermanfaat sebagai ramuan penyubur rambut, tetapi justru sebagai makanan alami yang menyehatkan. Ternyata alam sangat lengkap menyediakannya untuk kita.


    √126 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi Tentang Pendidikan

    Tesis
    Pendidikan adalah salah satu faktor yang sangat penting dan dibutuhkan di dalam kehidupan ini. Dengan adanya pendidikan, seseorang tentu saja bisa menemukan hati diri mereka. Adapun jati diri itu sendiri sesungguhnya bisa terbentuk karena adanya karakter seseorang.

    Nah, menanggapi hal tersebut, pemerintah mencoba untuk ikut membentuk karakter tersebut dengan beberapa cara. Salah satunya adalah dengan mengubah Kurikulum Satuan Pendidikan (KTSP) menjadi kurikulum 13. Perubahan ini ternyata memberikan syarat adanya suatu bentuk pendidikan karakter di dalam sistem pendidikan di Indonesia.

    Argumentasi
    Pendidikan karakter adalah sebuah pendidikan yang lebih menekankan kepada sisi kemampuan dari siswa secara individu. Bisa dikatakan bahwa pendidikan karakter itu sendiri merupakan suatu bentuk pendidikan yang berupaya untuk menggali potensi dalam diri seseorang individu. Jika di bangku sekolah, maka individu tersebut adalah siswa atau peserta didik.

    Pendidikan karakter tersebut amatlah penting supaya nantinya bisa menggali bakat-bakat tersembunyi yang dimiliki oleh tiap-tiap siswa. Dan yang penting untuk digarisbawahi adalah bahwa masing-masing siswa tentu saja mempunyai potensi, bakat, dan juga kecerdasan yang berbeda antara satu dengan yang lain. Selain itu, bidang yang mereka minati dan kuasai juga pastinya berbeda.

    Seorang siswa yang tidak pintar di dalam satu pelajaran belum tentu ia adalah siswa yang notabene bodoh. Di bidang yang lain ia pastilah memiliki kemampuan dan juga keunggulan tersendiri. Dan dengan adanya pendidikan karakter, maka cerdas atau tidaknya seorang peserta didik.

    Di mana hal ini tidak lagi melulu ditentukan oleh pintar atau tidaknya dia di dalam kelas. Guru juga tidak diperkenankan memberikan label bodoh kepada siswa jika kebetulan ia tidak pandai di dalam hal mata pelajaran kelas.

    Pendidikan karakter ini ternyata juga telah diupayakan oleh pemerintah. Yakni dengan memberikan kurikulum terbaru dalam dunia pendidikan yang dikenal dengan Kurikulum 13. Dengan adanya kurikulum ini, maka pemerintah berupaya melakukan penggalian potensi di masing-masing siswa dan juga mencoba menanamkan karakter dari siswa itu sendiri.

    Di antara karakter yang diajarkan adalah karakter yang memiliki rasa toleransi tinggi atas duku, bahasa, agama, budaya dan adat istiadat. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa Indonesia sendiri merupakan sebuah bangsa dengan berbagai bahasa, kepercayaan, karakter, adat istiadat dan sebagainya. Sehingga, sejak bangku sekolah harus ditanamkan nilai-nilai toleransi tersebut.

    Di samping itu, pendidikan karakter juga bertujuan untuk membekali siswa di masa depan terkait masa depannya nanti. Siswa perlu memiliki suatu keahlian dan juga skill tertentu yang mesti dikuasai di era milenial seperti sekarang ini.

    Penegasan Ulang
    Pendidikan karakter adalah bekal sejak dini untuk siswa di masa yang akan datang. Siswa perlu memiliki sikap toleran sejak saat ini dengan sesamanya. Mereka juga harus memiliki potensi atau skill yang bisa dibanggakan supaya bangsa ini beberapa tahun ke depan benar-benar mampu menjawab dan menghadapi kemajuan zaman yang semakin pesat ini.


    √ 127 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi Singkat tentang Hukum
    Diskriminalisasi Terhadap Perempuan

    Tesis
    Perempuan adalah makhluk yang amat rentan untuk dijadikan sasaran dari objek kejahatan. Berdasarkan pada sebuah data, Indonesia masuk ke dalam kategori Negara yang paling tidak aman untuk para perempuan. Bahkan, tiap harinya sellau ada laporan kejahatan di Indonesia yang dialami oleh perempuan. Bahkan, ada beberapa kasus yang bisa dibilang langka.

    Misalnya saja pelaku kejahatan yang merupakan keluarga dari korban sendiri. Kasus-kasus semacam ini mengundang berbagai kritik dan masukan dari berbagai pakar sosial mengenai adanya kesalahan dalam struktur masyarakat di Indonesia.

    Isi
    Meskipun Negara kita dengan tegas menerapkan undang-undang mengenai pelaku tindakan kriminal, namun penerapan atas hukum tersebut dianggap masih belum membuat jera para pelaku kejahatannya. Sebagian dari pakar sosial memberikan suatu kesimpulan bahwa itu menunjukkan adanya stereotype yang ada di tengah masyarakat.

    Sehingga menyebabkan tindakan criminal kepada wanita semakin meningkat. Hal itu tidaklah mengherankan karena Indonesia secara konstruksi sosial menganut patriarkhi yang mendorong kedudukan laki-laki lebih tinggi dan lebih kuat dibandingkan dengan kedudukan perempuan itu sendiri.

    Pemerintah sendiri sesungguhnya telah menerapkan beberapa usaha untuk mencegah terjadinya berbagai tindak kriminal seperti dengan kegiatan sosialisasi pemberdayaan perempuan, menyediakan gerbong kereta khusus bagi perempuan, mengutamakan berbagai kebutuhan perempuan di tempat umum dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun, sekalipun demikian tidak sedikit oknum yang melanggar aturan-aturan tersebut.

    Kesimpulan
    Karena sistampatriarkhi telah dibangun secara turun temurun dan berlangsung dalam waktu yang sangat lama di Indonesia, maka mau tidak mau perempuan dituntut untuk mengikuti semua aturan yang rentan terhadap diskriminasi gender tersebut.

    Di samping itu, sistem itu juga mendorong perempuan agar takut dan patuh kepada para kaum pria. Dengan demikian, jika kebetulan ada perempuan yang melakukan perlawanan, maka masyarakat akan menganggap hal itu tidak wajar dan menyalahi kodrat. Karena perempuan sejak dahulu dibentuk untuk menjadi sosok dan watak yang lemah lembut dan taat.


    √ 128 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi Tentang Lingkungan
    Pemanasan Global dan Hilangnya Hutan Lindung

    Tesis
    Pemanasan global adalah suatu kondisi dimana suhu di bumi ini kian hari kian panas. Adanya pemanasan global tersebut menyebabkan berbagai dampak negatif seperti lapisan ozon yang semakin tipis sehingga sinar ultraviolet bisa masuk ke bumi secara langsung tanpa ada penghalang. Selain itu, pemanasan global juga menyebabkan naiknya permukaan air laut karena es di kutub yang mencair.

    Adanya pemanasan global sendiri terjadi karena banyak gas karbondioksida yang terdapat di atmosfer bumi dan itu menjadikan lapisan ozonnya semakin menipis. Kadar gas karbondioksia yang ada di bumi tersebut tidak sebanding jumlahnya dengan keseluruhan pohon yang ada di bumi. Padahal, adanya pohon-pohon tersebut bisa menyerap karbondioksida.

    Tidak hanya itu, hutan-hutan telah banyak yang dibuka untuk lahan pertanian, industri, perkebunan atau dialihfungsi sebagai hutan produksi.

    Argumentasi
    Dalam beberapa tahun terakhir, kenaikan suhu di dunia ini memang terbilang parah. Pemanasan global ini terjadi lantaran banyaknya jumlah gas karbondioksida yang terdapat pada atmosfer bumi. Gas karbondioksida tersebut asalnya adalah dari asap pabrik atau bisa juga kendaraan bermotor. Jika melihat di sekeliling, tentu saja banyak pabrik yang beroperasi sehingga kadar dari karbondioksida semakin naik.

    Ini sebatas yang ada di Negara Indonesia, belum yang ada di Negara industri. Negara industri tentu saja mempunyai pabrik yang jumlahnya banyak. Bayangkan saja, seberapa banyak jasa karbondioksida yang asalnya dari aktifitas tersebut. Negara industri tersebut sudah selayaknya mengatasi karbondioksida yang keluar akibat aktifitas pabriknya.

    Yang lebih parah lagi, hutan di dunia ini yang semestinya bisa mengurangi gas karbondioksida tersebut tidak bisa menjalankan fungsi mereka dengan baik. Hal itu disebabkan karena banyaknya pohon yang ditebang. Di samping banyaknya penebangan pohon di hutan.

    Ada beberapa kasus juga di Indonesia sendiri seperti pangalihan fungsi dari hutan yang awalnya sebagai hutan lindung menjadi hutan konservasi. Adanya kegiatan-kegiatan tersebut tentu saja semakin menjadikan kondisi bumi buruk.

    Penegasan Ulang
    Pemanasan global yang tengah terjadi di bumi beberapa tahun terakhir memang semakin parah karena semakin hari semakin banyak pabrik nyang beroperasi sehingga menyebabkan asap dari kendaraan bermotor. Keadaan tersebut semakin parah lagi lantaran adanya hutan yang semestinya mengurangi pemanasan global dengan mengurangi emisi gas justru malah banyak ditebang.

    Di samping penebangan hutan, alih fungsi hutan juga dapat menjadikan hutan tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Alihfungsi hutan lindung menjadi jenis hutan konservasi pun sudah banyak dilakukan di Negara ini.


    √ 129 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi tentang Politik
    Jangan Memilih Kepala Daerah yang Tidak Ramah Terhadap Alam

    Tesis
    Alam yang ada di dunia ini telah mengalami kerusakan. Terlebih di Indonesia. Eksploitasi atas alam banyak dilakukan bahkan sudah pada posisi yang sangat mengkhawatirkan. Di antara yang paling banyak menyebabkan kerusakan alam adalah tambang.

    Berbicara tentang tambang, aktifitas pertambangan tentunya sangat berhubungan dengan perusahaan tambang dan juga izin tambang yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah yang bersangkutan. Dengan demikian, kepala daerah memiliki wewenang yang menentukan boleh tidaknya lokasi tersebut dilakukan aktifitas pertambangan.

    Argumentasi
    Alam menjadi bagian yang seakan tidak terpisahkan di dalam kehidupan ini. Minum, makan, bernafas dan berbagai aktifitas lain berasal dari alam dan itu sangat berkaitan. Akan tetapi di Indonesia kerusakan lingkungan dan alam sangat banyak terjadi. Di antara faktor yang menyebabkan kerusakan lingkungan adalah aktifitas pertambangan.

    Pertambangan sendiri bisa dilakukan dengan adanya suatu perusahaan tambang yang sudah mendapatkan izin dari pemerintah daerah. Banyak dari kasus izin tambang yang dilakukan lantaran adanya kongkalikong antara kepala daerah dengan perusahaan tambang yang bersangkutan. kongkalikong tersebut umumnya terjadi ketika pencalonan kepala daerah.

    Tidak bisa dipungkiri bahwa pencalonan kepala daerah pastinya membutuhkan dana yang tidak sedikit. Dalam beberapa kasus, beberapa perusahaan tambangan menawarkan bantuan dana baik itu untuk kampanye dan berbagai keperluan pencalonan yang lain. Akan tetapi, itu mensyaratkan jika dia sukses menjadi kepala daerah, maka perusahaan tersebut harus mendapatkan izin melakukan aktifitas pertambangan di daerah yang bersangkutan. Fenomena semacam ini memang sudah bukan rahasia lagi.

    Oleh karena itu, sebaiknya masyarakat memilih kepala daerah yang ramah akan alam dan lingkungan. Hal tersebut bertujuan agar alam yang ada di Negara ini senantiasa lestari karena calon kepala daerah tersebut tentu tidak akan menerima suap dari sebuah perusahaan tambang.

    Penegasan UIang
    Kepala daerah sejatinya mempunyai control atas kelestarian alam dan lingkungan. Hal itu dikarenakan izin untuk eksploitasi alam seperti kegiatan pertambangan adalah dari kepala daerah itu sendiri. Sehingga, sebaiknya pilihlah kepala daerah yang benar-benar ramah terhadap alam dan jangan sampai memilih kepala daerah yang hanya memikirkan bagaimana cara mendapatkan keuntungan dari eksploitasi alam.


    √ 130 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi Tentang Ekonomi
    Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat dengan Pembangunan Fasilitas Umum Di Masyarakat

    Tesis
    Pemerintah memiliki fokus untuk membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat. Di antara hal yang dilakukan oleh pemerintah tersebut adalah dengan melakukan pembangunan berbagai fasilitas umum yang dimungkinkinkan bisa meningkatkan taraf perekonomian masyarakat.

    Misalnya saja adanya program pembangunan baru-baru ini yang cukup kontroversial dan menarik perhatian, yaitu pembangunan bandara di daerah Kulon Progo Yogyakarta. Program pembangunan tersebut nampak sangat paradox, apabila bandara tersebut dibangun untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

    Tentunya pemerintah tidak membiarkan bandara dibangun di atas tanah milik warga. Namun faktanya tidak demikian, tanah milik warna terpaksa harus digusur untuk pembangunan bandara tersebut.

    Argumentasi
    Pembangunan menjadi hal yang sudah direncanakan pemerintah untuk tujuan membantu meningkatkan taraf ekonomi masyarakat. Sebenarnya ada banyak cara yang dilakukan oleh pemerintah guna meningkatkan ekonomi masyarakat tersebut.

    Di antaranya adalah dengan membuat program pembangunan dimana program tersebut diharapkan nantinya bisa melancarkan mobilitas atau distribusi. Akan tetapi, seharus pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah tersebut tidak serta merta dilakukan, melainkan dengan mempertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu.

    Karena jika tidak, hal itu bisa mengabaikan hal-hal yang sifatnya sangat mendesak dan penting. Belum lama ini, ada sebuah kasus yang sedang booming diangkat, yakni program pembangunan bandara di Kulon Progo Yogyakarta. Pemerintah memiliki program membantun bandara baru di kawasan Kulon Progo yang lokasinya ada di atas lahan masyarakat setempat.

    Program ini spontan mendapatkan reaksi penolakan dari masyarakat karena lahan itu dipakai oleh penduduk setempat untuk mempertahankan hidup mereka. Apabila disaksikan secara sekilas, sebenarnya tidak ada hal yang salah dari program pembangunan.

    Namun, bagaimana jika pembangunan itu dilakukan di atas lahan yang menjadi tempat hidup masyarakat atau sebut saja misalnya sawah milik masyarakat. Tentu saja, dengan sawah tersebut masyarakat mencari uang dan penghasilan.

    Sementara di atas lahan yang menjadi tempat menyambung hidup mereka harus dibangun bandara di atasnya sebagai program pemerintah. Hal di atas pastinya menimbulkan paradoks tersendiri. Apabila tujuan dari pembangunan bandara tersebut adalah untuk kesejahteraan dan kepentingan masyarakat.

    Mereka tentu saja tidak akan membangun bandara di atas lahan tempat masyarakat bertahan hidup selama puluhan tahun. Tentu saja hal tersebut tidak akan membantu menumbuhkan ekonomi masyarakat, namun akan mencerabut dan merenggut mata pencaharian mereka.

    Kadang pemerintah memang abai akan hal-hal tersebut. Bukankah tujuan utamanya adalah untuk mensejahterakan masyarakat? Atau memang sebenarnya bukan itu tujuannya. Demi kesehagteraan dan juga pertumbuhan ekonomi masyarakat adalah sebatas dalih untuk mensukseskan proyek di belakang yang mungkin saja tidak diketahui oleh orang.

    Bahkan, hal semacam ini tidak hanya terjadi sekali dua kali, melainkan sudah berulang kali. Ada banyak tempat di Negara ini, di samping reklamasi pantai untuk membangun jalan tol Teluk Benoa (Bali), reklamasi di kawasan Pulau Seribu, pembangunan pabrik semen di kawasan pegunungan Kendeng.

    Perusakan hutan adat di kawasan Merauke dan masih banyak lagi kasus serupa yang nyata merugikan rakyat setempat. Hal itu adalah contoh mengenai janji pemerintah mengenai pertumbuhan ekonomi yang justru memojokkan masyarakat sekitarnya.

    Penegasan Ulang
    Pemerintah melakukan berbagai program pembangunan di masyarakat yang katanya untuk kesejahteraan masyarakat, namun justru seringkali dilakukan tanpa mempertimbangkan hal-hal yang semestinya dipertimbangkan.

    Bahkan, masyarakat yang semestinya diutamakan justru kerap diabaikan. Pembangunan yang katanya bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat ternyata justru kerap meminggirkan masyarakat dari tempat tinggal mereka sendiri.


    √131 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi Tentang Kesehatan
    Olahraga untuk Kesehatan Tubuh

    Tesis
    Olah raga mempunyai manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan tubuh manusia. Dengan sering melakukan olah raga, maka tubuh akan lebih segar dan juga bugar kembali. Berbeda dengan seseorang yang tidak pernah melakukan olah raga. Namun, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan seseorang ketika berolah raga.

    Misalnya saja memperhatikan apakah jantungnya bisa diajak berolah raga atau tidak. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa seseorang yang memiliki riwayat penyakit jantung, maka ia akan rentan jika melakukan aktifitas olah raga, khususnya jenis olah raga yang berat.

    Maka dari itu, sebenarnya penting bagi setiap individu untuk memperhatikan hal ini secara lebih agar kegiatan olah raga yang awalnya ingin menyehatkan tubuh justru membahayakan tubuhnya.

    Argumentasi
    Olah raga adalah kegiatan yang cukup menyenangkan untuk dilakukan. Ada banyak jenis dan macam olah raga yang bisa dijadikan sebagai pilihan. Misalnya saja lari, renang, push up, shit up dan masih banyak lagi jenis olah raga yang lainnya.

    Di samping sebagai aktifitas yang menyenangkan, ternyata olah raga juga memberikan manfaat yang sangat kaya untuk kesehatan tubuh. Dengan melakukan olah raga, maka tubuh akan menjadi segar dan bugar kembali. Selain itu, dengan berolah raga suasana hati seseorang juga akan menjadi lebihs senang karena dengan olah raga beban pikiran seseorang akan menjadi lepas.

    Selain itu, olah raga ternyata juga ampuh untuk membantu meningkatkan metabolisme tubuh. meningkatnya metabolisme tubuh bisa menghindarkan seseorang dari yang namanya penyakit kognitif seperti penurunan sistem kerja otak dan pikun. Olah raga juga amat dianjurkan untuk Anda yang kebetulan memiliki penyakit tekanan darah tinggi.

    Tekanan darah tinggi bisa menyebabkan terjadinya penyempitan pembuluh darah sehingga itu menyebabkan aliran darah seseorang menjadi tidak lancar. Jika penderita tekanan darah tingi ini melakukan aktifitas olah raga secara teratur. Maka itu akan dapat membantu melancarkan aliran darah di dalam tubuh seseorang. Alhasil ia menjadi lebih sehat dan bugar.

    Kesehatan jantung pun juga akan semakin terjaga jika seseorang gemar melakukan olah raga. Namun, ada hal yang harus digarisbawahi dalam hal ini. Yaitu Anda harus memperhatikan terlebih dahulu apakah jantung Anda kuat untuk melakukan aktifitas olah raga ataukah tidak.

    Karena seseorang yang kebetulan mempunyai penyakit jantung kemungkinan ia tidak akan bisa kuat untuk melakukan aktifitas lari, renang dan beberapa aktifitas berat yang lain. Bahkan, kerap terjadi kasus dimana seseorang yang tengah berolah raga kemudian tiba-tiba pingsan dan harus dirawat di rumah sakit.

    Hal itu kemungkinan orang tersebut sebelumnya sudah memiliki riwayat penyakit jantung. Jika tubuhnya tidak kuat melakukan aktifitas berat atau jenis aktifitas yang menguras tenaga, maka ia akan terkena serangan jantung mendadak sehingga menyebabkan seseorang pingsan, bahkan bisa berujung kepada kematian.

    Namun jika tubuh dalam keadaan normal, tentu saja berolah raga bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh khususnya. Bahkan, aktifitas olah raga ini perlu dilakukan setidaknya sekali dalam seminggu supaya tubuh seseorang menjadi lebih seimbang.

    Dengan demikian, seseorang bisa terhindar dari berbagai jenis penyakit karena olah raga sendiri memang mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Dan dengan kekebalan tubuh yang tinggi, maka seseorang akan terhindar dari berbagai penyakit. Namun, sebelum melakukan olah raga, sebaiknya pastikan terlebih dahulu kondisi tubuh apakah ia mampu atau tidak supaya benar-benar aman dan tidak membahayakan.

    Jika tubuh ternyata tidak cukup kuat untuk melakukan kegiatan olah raga, maka jika seseorang tetap memaksa untuk berolah raga, maka tentu saja yang didapat bukan kesehatan, melainkan bertambahnya penyakit yang terdapat di dalam tubuh seseorang.

    Penegasan Ulang
    Olah raga memang memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan tubuh. Mulai dari menjadikan mood seseorang semakin meningkat, menghindarkan seseorang dari beragam penyakit yang menyerang, hingga membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh manusia.

    Tidak hanya itu, olah raga ternyata juga membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh seseorang dan masih banyak lagi yang lain. Sekalipun memiliki cukup banyak manfaat untuk tubuh seseorang, namun tidak jarang dijumpai seseorang yang berolah raga akan tetapi berakhir di ranjang rumah sakit karena ia tidak bisa memahami kondisi tubuhnya sendiri.

    Seseorang yang memiliki penyakit jantung, ia tentu saja tidak akan kuat melakukan hal-hal yang bisa memacu kerja dari jantungnya. Sehingga, orang dengan penyakit ini sebaiknya menghindari berbagai aktifitas berat yang bisa membuat jantung mereka semakin parah.

    Oleh karenanya, sebelum melakukan olah raga, sebaiknya pastikan kondisi tubuh normal dan sehat sehingga mampu melakukan berbagai olah raga yang menguras tenaga. Demikianlah ulasan mengenai teks eksposisi dan berbagai contohnya yang bisa dijadkan sebagai bahan pembelajaran Anda.


    √ 132 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi Singkat Tentang Kesehatan
    Manfaat Lidah Buaya

    Tesis

    Sejak zaman dulu, nenek moyang kita telah mengenal manfaat tanaman lidah buaya. Manfaat tanaman ini tidak hanya berguna untuk menyuburkan rambut, akan tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

    Argumentasi

    Walaupun sejak dulu dikenal mempunyai banyak manfaat, namun tidak banyak orang yang mengetahui bahwa tanaman ini dapat dijadikan sebagai komoditas yang sangat menguntungkan.

    Para peneliti mengungkapkan banyak sekali manfaat yang terdapat dalam tanaman lidah buaya. Dibawah ini akan dijelaskan mengenai manfaat tanaman tersebut :

    1. Bagian tertentu dari tanaman ini bisa dijadikan sebagai obat yang sangat baik untuk mempercepat proses penyembuhan. Lidah buaya dinilai sangat ampuh untuk mengobati bekas luka, luka karena cedera ataupun luka karena terbakar.

    2. Lidah buaya juga dikenal bersifat anti-inflamasinya. Dengan kata lain, tanaman ini memiliki kemampuan untuk memperlambat peradangan karena adanya asam lemak. Mengoleskan gel lidah buaya bisa mencegah atau menghentikan perdagangan yang disebabkan oleh cedera, dan lain sebagainya.

    3. Lidah buaya dapat meningkatkan pencernaan dan membantu detoksifikasi tubuh. Lidah buaya juga sangat baik untuk mengatasi sembelit.

    Penegasan Ulang

    Sudah sangat jelas, lidah buaya tidak hanya bermanfaat sebagai ramuan untuk menyuburkan rambut, akan tetapi bisa dijadikan sebagai makanan alami yang sangat menyehatkan. Ternyata alam sangat lengkap menyediakannya untuk kita.


    √ 133 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi Singkat Tentang Ekonomi
    Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia

    Tesis
    Disaat kondisi perekonomian global tengah krisis, torehan pertumbuhan ekonomi di Indonesia menunjukkan hasil yang sangat positif.

    Jika dibandingkan pada triwulan kedua tahun ini dengan periode yang sama dengan tahun lalu, ekonomi di Indonesia meningkat kurang lebih sekitar 6,4%.

    Pertumbuhan ini masih tetap terpusat di Pulau Jawa dengan peningkatan sebesar 57,5%. Apabila kita akumulasikan, pertumbuhan ekonomi di Indonesia semester I tahun 2012 jauh lebih baik dibandingkan dengan semester I tahun 2011 yang hanya tumbuh sekitar 6,3%.

    Argumentasi
    Akan tetapi pertumbuhan ekonomi di Indonesia dinilai mengalami anomali. Hal ini dikatakan oleh Salamuddin Daeng, seorang pengamat ekonomi di Indonesia for Global Justice. Ia berpendapat bahwa pertumbuhan ekonomi di Indonesia tidak di ikuti dengan pengningkatan kesejahteraan rakyatnya.

    Tidak hanya itu saja, Daeng juga menjelaskan, sekurang-kurangnya ada 4 faktor yang membuat ekonomi di Indonesia ini mengalami anomali.

    Pertama, perekonomian di Indonesia jauh lebih banyak di tengarai oleh hutang asing yang nilainya semakin meningkat.

    Kedua, pengingkatan daya konsumsu masyarakat juga dinilai mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

    Ketiga, ekonomi di Indonesia pertumbuhannya juga di dorong oleh ekspor bahan mentah, contohnya hasil perkebunan, bahan tambang, dan yang lainnya.

    Keempat, pertumbuhan ekonomi di Indonesia di dorong oleh penanaman pihak oleh pihak asing yang menjadikan sumber daya alam di Indonesia semakin dikuasai asing.

    Di lain pihak, A Tony Prasetiantono, seorang Pengamat Ekonomi dari Universitas Gadjah Mada, menyatakan pertumbuhan ekonomi di Indonesia di topang oleh sektor domestik.

    Menurutnya, dampak krisis global melalui defisit neraca perdagangan dan penurun ekspor akan terasa pada kuartal ketiga dan keempat pada tahun ini. Ia menilai konstribusi ekspor terhadap PDB tidak begitu besar.

    Penegasan Ulang
    Menurut A Tony Prasetianto, belanja pemerintah yang lebih cepat dan begitu besar sangat membantu pertumbuhan ekonomi Indonesia. Seiring dengan hal tersebut, tingkat inflasi yang berada di bawah 5 % sangat membantu, walaupun hal tersebut mempunyai dampak, yaitu nilai subsidi energi akan terus membengkak yang sebenarnya tidak sehat.


    √ 134 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi Singkat Tentang Hukum
    Fakta Hukum di Indonesia

    Tesis
    Semestinya hukum di negera Indonesia sebagaimana yang telah diatur dalam undang-undang dasar 1945 sudah secara tegas mengatur hukuman untuk para pelaku tindak kejahatan.

    Akan tetapi pada faktanya kerapkali terjadi ke tidak adilan terhadap hukum yang bisa merugikan banyak orang. Hukum bisa saja tegas, akan tetapi menjadi mendadak tumpul ketika dihadapkan dengan uang. Itulah yang terjadi pada saat ini.

    Argumentasi
    Bukan menjadi rahasia umum lagi jika para koruptor di Indonesia menerima hukuman yang tingkatannya terbilang sangat ringan, bahkan ada pula koruptor yang mendapatkan tunjangan berupa fasilitas yang sangat mewah padahal sudah dianggap merugikan masyarakat dan negara.

    Penegasan Ulang
    Hukum di Indonesia dapat dibilang hanya tegas dihadapan rakyat kecil. Contohnya kasus yang pernah menimpa Nenek Asyani. Kasusnya hanya karena diduga mencuri beberapa kayu. Ia terancam dengan hukuman selama kurang lebih 5 tahun penjara. Sungguh sangat ironis dan tidak adil. Apabila dibandingkan dengan hukuman para koruptor yang tidak sebanding dengan apa yang telah diperbuatnya terhadap negara.


    √ 135 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi Beserta Strukturnya
    Realita Hukum Di Indonesia

    Tesis :
    Dalam hal ini sebenarnya hukum yang ada di Indonesia sebagaimana yang telah diatur pada undang-undang telah secara tegas mengatur hukuman berbagai pelaku tindak kejahatan. Namun, realitanya seringkali terjadi ketidakadilan hukum yang merugikan banyak orang. Hukum boleh saja tegas, namun menjadi tumpul di hadapan koruptor.

    Argumentasi:
    Bukan rahasia umum lagi bahwa para koruptor di Indonesia mendapatkan hukuman yang tingkatannya masih tergolong ringan, bahkan ada koruptor yang menerima fasilitas mewah padahal sudah merugiakan bangsa. Seringkali kita menonton berita bahwa seorang maling dihajar masa hingga tewas. Namun belum pernah ada koruptor di Indonesia dikeroyok masa sampai tewas.

    Penegasan Ulang:
    Hukum di Indonesia itu bisa dikatakan hanya tegas di hadapan rakyat kecil. Sebut saja kasus yang pernah menimpa nenek asyani, kasusnya hanya karena diduga mencuri kayu, beliau terancam hukuman selam lima tahun penjara. Sungguh tidak adil memang jika dibandingkan dengan hukuman yang akan diterima koruptor.


    √ 136 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi Tentang Berita
    Kemacetan dan Masa Depan Kota

    Tesis :
    Transportasi didefinisikan oleh para ahli sebagai kebutuhan turunan dari berbagai kegiatan ekonomi maupun sosial (lihat misalnya Morlock, 1985). Tipe kegiatan sosial ekonomi yang berbeda akan memiliki dampak kegiatan transportasi yang berbeda pula.

    Argumentasi :
    Kegiatan transportasi harian relatif menimbulkan pergerakan yang bersifat berulang, misalnya yang terjadi pada para pekerja dan mereka yang menempuh pendidikan di sekolah. Di Yogyakarta, kota kita tercinta ini, kemacetan terjadi setiap hari pada titik-titik yang menjadi jalur pergerakan para pekerja dan siswa dari tempat tinggal menuju lokasi kerja dan sekolah.

    Kemacetan yang berulang pada jangka lebih panjang cenderung terjadi pada musim liburan maupun lebaran. Pada tahap kedatangan dan kepulangan, kemacetan parah akan terjadi pada jalan-jalan arah luar kota (misalnya Jalan Magelang, Jalan Solo, Jalan Palagan dan Jalan Wates). Pada rentang di antara masa tersebut, kemacetan dapat dirasakan di pusat kota sebagai lokasi menginap dan tujuan wisata (seperti Malioboro, Prawirotaman), serta jalan-jalan menuju objek wisata, seperti Jalan Parangtritis.

    Pengegasan Ulang :
    Kemacetan harian yang dominan ditimbulkan oleh aktivitas masyarakat dalam lingkup internal. Kemacetan yang berulang setiap hari merupakan ekses dari pola tempat tinggal, bekerja dan bersekolah. Upaya mendekatkan lokasi tempat tinggal dengan lokasi kegiatan merupakan salah satu solusi yang dapat dilakukan. Bentuknya dapat berupa pemberian insentif tempat tinggal berupa rumah susun sewa maupun milik yang cukup nyaman untuk beraktivitas. Selama ini sepertinya belum ada upaya pengaturan pola berkegiatan yang sistematis.


    √137 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi Tentang Pendidikan

    Tesis :
    Peran dan Manfaat WTO Globalisasi memberikan dampak berupa perubahan pada pasar internasional, salah satunya adalah liberalisasi perdagangan, yang dipandang sebagai suatu upaya untuk meningkatkan daya saing ekonomi.

    Argumentasi :
    Indonesia yang menganut perekonomian terbuka sangat sulit untuk mengelak dari dinamika ekonomi internasional yang semakin mengglobal ini. Konsekuensinya, pasar domestik Indonesia tidak terlepas dari gejolak pasar dunia yang semakin liberal, karena kebijakan unilateral dan ratifikasi kerjasama perdagangan internasional (regional dan global) yang harus dilakukan Indonesia. World Trade Organization (WTO) atau Organisasi Perdagangan Dunia merupakan satu-satunya badan internasional yang secara khusus mengatur masalah perdagangan antar negara.

    Pengegasan Ulang :
    Sistem perdagangan multilateral WTO diatur melalui suatu persetujuan yang berisi aturan-aturan dasar perdagangan internasional sebagai hasil perundingan yang telah ditandatangani oleh negara-negara anggota.



    √ 138 CONTOH TEKS EKSPOSISI

    Teks Eksposisi Tentang Ekonomi Indonesia

    Tesis :
    Ekonomi rakyat adalah “kegiatan ekonomi rakyat banyak” . Jika dikaitkan dengan kegiatan pertanian, maka yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi rakyat adalah kegiatan ekonomi petani atau peternak atau nelayan kecil, petani gurem, petani tanpa tanah, nelayan tanpa perahu, dan sejenisnya; dan bukan perkebunan atau peternak besar atau MNC pertanian, dan sejenisnya.

    Argumentasi
    Perspektif lain dari ekonomi rakyat dapat pula dilihat dengan menggunakan perspektif jargon: “ekonomi dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat”

    “Dari rakyat”, berarti kegiatan ekonomi itu berkaitan dengan penguasaan rakyat dan aksesibilitas rakyat terhadap sumberdaya ekonomi. Rakyat menguasai dan memiliki hak atas sumberdaya untuk mendukung kegiatan produktif dan konsumtifnya.

    “Oleh rakyat”, berarti proses produksi dan konsumsi dilakukan dan diputuskan oleh rakyat. Rakyat memiliki hak atas pengelolaan proses produktif dan konsumtif tersebut. Berkaitan dengan sumberdaya (produktif dan konsumtif), rakyat memiliki alternatif untuk memilih dan menentukan sistem pemanfaatan, seperti berapa banyak jumlah yang harus dimanfaatkan, siapa yang memanfaatkan, bagaimana proses pemanfaatannya, bagaimana menjaga kelestarian bagi proses pemanfaatan berikutnya, dan sebagainya.

    “Untuk rakyat”, berarti rakyat banyak merupakan ‘beneficiaries utama dari setiap kegiatan produksi dan konsumsi. Rakyat menerima manfaat, dan indikator kemantaatan paling utama adalah kepentingan rakyat.

    Penegasan Ulang :
    Dalam hal ini perlu pula dikemukakan bahwa ekonomi rakyat dapat berkaitan “dengan siapa saja”, dalam arti kegiatan transaksi dapat dilakukan juga dengan “non-ekonomi-rakyat”. Juga tidak ada pembatasan mengenai besaran, jenis produk, sifat usaha, permodalan, dan sebagainya. Ekonomi rakyat tidak eksklusif tetapi inklusif dan terbuka. Walaupun demikian, sifat fundamental diatas telah pula menciptakan suatu sistem ekonomi yang terdiri dari pelaku ekonomi, mekanisme transaksi, norma dan kesepakatan (“rule of the game”) yang khas, yang umumnya telah memfasilitasi ekonomi rakyat untuk survive dan berkembang sejalan dengan perkembangan sosial ekonomi masyarakatnya.

    Artikel Terkait:
    Bagi Anda yang ingin mendapatkan notifikasi update setiap harinya silahkan bergabung WhatsApp Group Gabung Sekarang
    Comment Sekarang