Tutorial

  • Android
  • Blogger
  • Pendidikan
  • Printer
  • Komputer
  • MedSos
  • Manusia dalam kehidupannya selalu membutuhkan kelengkapan sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia memanfaatkan sumber daya yang cukup banyak. Sedangkan daya yang dibutuhkan sangat terbatas.

    Kebutuhan manusia akan barang dan jasa sangat beraneka ragam hal ini karena jika suatu kebutuhan telah terpenuhi maka akan muncul kebutuhan baru lainnya. Ada beberapa faktor pendorong bertambahnya kebutuhan manusia, diantaranya:

    -Kemajuan Ilmu pengetahuan dan teknologi -Pertambahan penduduk -Dinamika kebudayaan dan -Peningkatan iman dan takwa

    Kebutuhan manusia dapat dibedakan menjadi empat kategori besar yaitu;

    Kebutuhan menurut tingkat kepetingannya (Intensitas) Primer, Sekunder dan Tersier. Kebutuhan Primer maksudnya adalah kebutuhan yang harus dipenuhi agar kelangsungan hidup manusia tidak terganggung contohnya :sandang, pangan, dan papan. Adapun yang dimaksud Kebutuhan Sekunder yaitu kebutuhan yang pemenuhannya dilaksanakan setelah kebutuhan primer terpenuhi. Kebutuhan ini tergolong sebagai pelengkap aktivitas manusia contohnya: Sepeda Motor, Handpho sebagai sarana komukasi, Televisi sebagai sarana Informasi dan Hiburan. Kebutuhan Tersier adalah kebutuhan yang pemenuhannya dilakukan setelah pemenuhan kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi. Kebutuhan ini tergolong dalam pemenuhan kepuasan dan kesenangan hidup contohnya kebutuhan akan barang-barang mewah seperti perhiasan dan mobil pribadi.

    Kebutuhan menurut waktunya, berdasarkan waktu pemenuhannya kebutuhan ini dapat dibedakan menjadi kebutuhan sekarang dan kebutuhan yang akan datang. Kebutuhan sekarang merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi sekarang, contohnya ketika seseorang sakit, maka obat sangat dibutuhkan pada kondisi tersebut. Kebutuhan yang akan datang yaitu kebutuhan yang pemenuhannya dilakukan pada waktu yang akan datang, contohnya; kebutuhan naik haji, kebutuhan rumah sendiri bagi anak-anak yang belum dewasa.

    Kebutuhan menurut Sifatnya, dibedakan mejadi kebutuhan jasmani dan rohani. Kebutuhan jasmani yaitu kebutuhan yang sifatnya fisik atau material seperti; makan, minum, pakaian, dan rumah. Kebutuhan Rohani adalah kebutuhan yang sifatnya berupa kepuasan perasaan dan tidak berwujud materi. Contoh kebutuhan belajar ilmu dunia dan agama dan kebutuhan seksualitas.

    Kebutuhan menurut subjeknya, dibedakan menjadi kebutuhan individu dan kebutuhan sosial atau publik. Kebutuhan Individu atau perorangan hanya diperlukan individu (perorangan) itu sendiri. Contoh; kebutuhan cangkul bagi petani, teleskop bagi seorang dokter. Kebutuhan sosial atau publik yaitu kebutuhan yang bertujuan memenuhi kebutuhan khalak orang banyak. contohnya kebutuhan akan infrastruktur jalan, pasar, sekolah dan tempat ibadah.

    Artikel Terkait:
    Bagi Anda yang ingin mendapatkan notifikasi update setiap harinya silahkan bergabung WhatsApp Group Gabung Sekarang
    Comment Sekarang