Tutorial

  • Android
  • Blogger
  • Pendidikan
  • Printer
  • Komputer
  • MedSos
  • Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) opini adalah pendapat, pikiran, atau pendirian. Dalam Wikipedia disebutan opini adalah ide atau pikiran untuk menjelaskan kecenderungan atau preferensi tertentu terhadap perspektif dan ideologi akan tetapi bersifat tidak objektif karena belum mendapatkan pemastian atau pengujian, dapat pula merupakan sebuah pernyataan tentang sesuatu yang berlaku pada masa depan dan kebenaran atau kesalahannya serta tidak dapat langsung ditentukan misalnya menurut pembuktian melalui induksi.

    Pendapat seseorang terhadap suatu permasalahan bersifat subjektif karena belum mendapat pengujian. Semua orang memiliki kebebasan untuk berpendapat tentang suatu permasalahan, baik permasalahan pelaksanaan kekuasaan, penyalahgunaan dana, pelanggaran etika, dll. Agar pendapat kita dilihat dan diketahui oleh publik, maka kita dapat menggunakan forum “Opini” yang ada di media massa khususnya media cetak.

    Dalam media massa cetak terdapat forum yang menampung aspirasi masyarakat. Siapa saja bisa menyampaikan tulisannya ke media massa cetak. Namun tetap harus memerhatikan syarat dan ketentuan layak atau tidaknya suatu opini untuk dibaca oleh pulik.

    Melalui media cetak, para penulis dapat menyampaikan buah pikirnya terhadap suatu permasalahan yang nantinya dapat dibaca oleh orang lain. Setiap orang bebas berpendapat, namun tetap harus memerhatikan syarat dan ketentuan layak atau tidaknya suatu opini dikonsumsi publik. Untuk itu kita perlu mengetahui teknik-teknik penulisan opini.

    Download Disini

    Terima kasih telah berkunjung, kami nantikan kunjungannya kembali di lain waktu. Bantu suport blog ini dengan share link postingan atau blog ke teman-teman kalian.

    Artikel Terkait:
    Bagi Anda yang ingin mendapatkan notifikasi update setiap harinya silahkan bergabung WhatsApp Group Gabung Sekarang
    Comment Sekarang