-->

Tutorial

  • Android
  • Blogger
  • Pendidikan
  • Printer
  • Komputer
  • MedSos
  • Bangsa Indonesia merupakan bangsa majemuk yang "Gemah Ripah Loh Jinawi". Selain kekayaan alam yang melimpah juga terdiri dari berbagai bahasa, pulau, suku, dan keyakinan (agama). Tercatat, bangsa ini memiliki 6 agama yang diakui, 1211 bahasa (BPS 2010), 1340 suku (BPS 2010), dan 16.056 pulau yang terverifikasi.

    Heterogenitas struktural bangsa ini harus tetap dilestarikan untuk menuju negara berdaulat dan bermartabat. Keterlibatan Indonesia menjadi tuan rumah dalam acara United Nations Alliance of Civilizations (UNAOC) di Bali 2014 lalu menjadi salah satu bukti bangsa ini sangat menjunjung tinggi nilai-nilai keramahan dalam kebhinnekaan. Dunia internasional pun mengakui kedewasaan Indonesia dalam mengatasi perbedaan-perbedaan. Pertanyaannya, apa faktor yang yang menyebabkan negara yang sangat heterogen ini dapat menjaga keramahan dan toleransinya?

    Jika diamati, semua bermuara dari peran keluarga. Formulanya sederhana, jika sejak lahir setiap anak dalam keluarga dididik untuk saling menghormati dan menyayangi sesama, maka sikap baik tersebut dapat diaplikasikan dalam kehidupan masyarakat. Dan masyarakat yang baik otomatis akan menjadikan negara yang kokoh dan berkharisma. Maka tak salah jika keluarga merupakan salah satu benteng utama pertahanan negara.

    Keluarga merupakan cikal bakal dan tolok ukur pembentukan karakter manusia. Maka, pendidikan yang dikonsumsi oleh keluarga harus berada dalam koridor kebenaran. Setiap anak akan melihat segala tindakan yang dilakukan oleh anggota keluarga. Anak akan tumbuh menjadi pribadi luhur jika sikap positif lebih mendominasi dari pada sikap negatif. Begitu pun sebaliknya.

    Download Disini

    Terima kasih telah berkunjung, kami nantikan kunjungannya kembali di lain waktu. Bantu suport blog ini dengan share link postingan atau blog ke teman-teman kalian.

    Artikel Terkait:
    Bagi Anda yang ingin mendapatkan notifikasi update setiap harinya silahkan bergabung WhatsApp Group Gabung Sekarang
    Comment Sekarang