-->

Tutorial

  • Android
  • Blogger
  • Pendidikan
  • Printer
  • Komputer
  • MedSos
  • In-Wepo kembali berbagi tugas pembuatan makalah mata pelajaran Sejarah Kelas XI Sekolah Menengah Atas. Makalah ini akan membahas sejarah terjadinya Sistem tanam paksa yang terjadi pada masa kolonial belanda merupakan bagian dari Politik Etis yang dicetuskan oleh Gubernur Jendral van den Bosch memberlakukan system ini dengan mengambil pelajaran dari system pajak tanah yang gagal pada era sebelumnya oleh Raffles dan juga merupakan upaya perbaikan keuangan pemerintah penjajah yang sedang kritis akibat perang grilya penduduk pribumi Indonesia, dari system pajak tanah yang tidak mampu membuat para penduduk pribumi meningkatkan tanaman ekspor maka Gubernur Jendral van den Bosch mecoba untuk meningkatkan hasil tanaman ekspor dengan mengadakan kerjasama dengan para Bupati dan pejabat daerah yang dekat dengan rakyat. Artinya system feodal di pedesaan harus dimanfaatkan agar para petani mampu menghasilkan tanaman ekspor yang banyak, untuk itulah Gubernur Jendral van den Bosch mencoba untuk mengadakan kerjasama dengan para pegawai pemerintahan yang dekat dengan petani.

    System tanam paksa ini bisa dikatakan sebagai bentuk pembaharuan dari system pajak tanah yang pernah dilakukan oleh VOC selama dua abad, mengapa seperti itu? Hal ini dikarenakan para penduduk pribumi juga dikenakan pajak oleh Gubernur Jendral van den Bosch, yang mana pajak yang dikenakan bukan berupa uang melainkan berupa tanaman ekspor yang telah mereka tanam.

    Untuk lebih jelasnya kalian bisa dapatkan file Ms. Word dari makalah ini diakhir kolom preview makalah. Kalian tinggal download kemudian sedikit melakukan pengeditan seperti ganti nama kelompok dan nama sekolah kalian masing-masing, mudah sekali bukan kalian tidak perlu ribet edit seperti jika kalian mengcopas teks dari halaman blog.

    Download Disini

    Jika postingan ini dirasa bermafaat dan membantu tugas sekolah kalian, silahkan bagikan share via media sosial karena dengan suport dari kalian adalah motivasi buat Admin blog untuk terus berbabagi aneka Tugas Makalah secara gratis.

    Artikel Terkait:
    Bagi Anda yang ingin mendapatkan notifikasi update setiap harinya silahkan bergabung WhatsApp Group Gabung Sekarang
    Comment Sekarang