-->

Tutorial

  • Android
  • Blogger
  • Pendidikan
  • Printer
  • Komputer
  • MedSos
  • Akhir-akhir ini Indonesia sedang berduka, sudah beberapa kali terjadi musibah bencana alam mulai dari gempa di Palu, tsunami di Banten dan Lampung serta longsor dan banjir di beberapa wilayah Indonesia. Kesemuanya diakibatkan oleh kurang kepedulian manusia terhadap lingkungan hidup dan banyak terjadi kejahatan yang melanggar hukum agama. Oleh karena itu perlu adanya penanggulangan agar tidak terjadi permasalahan lingkungan seperti tersebut di atas.

    Unsur-unsur lingkungan hidup terdiri atas unsur abiotik, unsur biotik dan unsur sosial budaya. Unsur abiotik adalah unsur yang tak hidup terdiri dari air, udara dan tanah. Sedangkan unsur Biotik adalah segala sesuatu yang terdapat di sekitar lingkungan yang berwujud makhluk hidup (organisme) misalnya hewan dan tumbuhan. Unsur Sosial Budaya berasal dari manusia yang tidak mungkin dapat dipisahkan. Oleh karena itu seperti halnya dengan organisme lainnya, kelangsungan hidup manusia tergantung pada kelestarian ekosistemnya. Pengaruh manusia terhadap lingkungan ada tiga macam yaitu perusakan lingkungan, pelestarian lingkungan dan perbaikan lingkungan.

    Kerusakan lingkungan hidup akibat dari aktivitas manusia diantaranya, pencemaran air dan udara oleh limbah industri, penebangan hutan tanpa memperdulikan ekosistem di dalamnya dan penumpukan sampah organik rumah tangga yang mengakibatkan pencemaran air dan tanah.

    Untuk menanggulangi pencemaran lingkungan hidup dapat dilakukan dengan beberapa cara diantaranya:

    1. Menjaga kelestarian flora dan fauna dengan menjaga ekosistem hutan dan lautan Membuang sampah pada tempatnya 
    2. Melakukan rehabilitasi lahan kritis dengan cara pengelolaan dan pengolahan tanah, sistem irigasi, pola tanam, pemberantasan hama dan guma, dan sebagainya. 
    3.  Melakukan rehabilitasi lahan hutan akibat pola ladang berpindah-pindah dengan cara memberi arahan tentang kerugian ladang berpindah-indah kepada para peladang. 
    4. Melakukan pengawasan terhadap pembuangan limbah ke laut, sistem penangkapan dengan racun dan perlindungan karang laut. 

    Dengan digerakkannya hal-hal tersebut diatas diharapkan kerusakan lingkungan dapat diminimalisir demi kelangsungan hidup flora dan fauna di Indonesia.

    Artikel Terkait:
    Bagi Anda yang ingin mendapatkan notifikasi update setiap harinya silahkan bergabung WhatsApp Group Gabung Sekarang
    Comment Sekarang