Tutorial

  • Android
  • Blogger
  • Pendidikan
  • Printer
  • Komputer
  • MedSos
  • Berkembangnya ilmu pengetahuan dan tekhnologi telah menghasilkan produk-produk industri yang dapat memenuhi kebutuhan manusia sehari-hari. Bahan kimia yang telah diketahui manfaatnya dikembangkan dengan cara membuat produk-produk yang berguna untuk kepentingan manusia dan lingkungannya.

    Zat-zat yang ada di sekitar lingkungan kita hidup sehari-hari kebanyakan tidak dalam keadaan murni, melainkan sudah diolah sedemikian rupa bercampur dengan dua atau lebih zat lainnya agar menghasilkan produk yang sesuai target penggunaan. Diantara bahan-bahan kimia yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia khususnya dalam pemenuhan kebutuhan rumah tangga diantaranya:

    1. Bahan Kimia Pembersih diantaranya sabun dan detergen yang dapat digunakan untuk membersihkan lemak dan minya yang tadinya tidak dapat bercampur dengan air menjadi mudah bercampur dan mudah dibersihkan. 
    2. Pemutih Pakaian yang digunakan untuk menghilangkan kotoran atau noda bewarna yang sukar dihilangkan dengan hanya menggunakan sabun dan detergen. 
    3. Pewangi yang banyak digunakan untuk bahan pewangi pakaian dan parfum yang menimbulkan aroma wangi, sehingga menyegarkan suasana.  
    4. Pestisida yang banyak digunakan untuk obat-obatan pertanian digunakan untuk memberantas hama tanaman sehingga tidak menggu hasil produksi pertanian. 
    5. Zat Pewarna yang umumnya digunakan untuk pewarana makanan agar makanan terlihat lebih segar dan menarik sehingga menimbulkan selera orang yang memakannya. 
    6. Zat Pemanis yang berfungsi untuk menambah rasa manis pada makanan dan minuman. contohnya : sakarin, natrium siklamat, magnesium siglamat dan dulsin. 
    7. Zat Pengawet yang digunakan untuk mengawetkan makanan agar makanan dan minuman tetap layak untuk dimakan atau diminum walaupun sudah lama disimpan. 
    8. Zat Penyedap Rasa yang banyak digunakan untuk menyedapkan masakan dan menambah aroma lezat pada masakan. 

    Penggunaan berbagai mazam zat kimia dalam pemenuhan kebutuhan manusia banyak memberikan dampak positif, namun dibalik itu semua terdapat dampak negatif yang timbul akibat penggunaan zat kimia yang tidak tepat sasaran atau dosis penggunaan yang melampaui batas. Terlalu sering menggunakan zat-zat kimia dalam hal makanan dan minuman sedikit-demi sedikit dapat menyebabkan timbulnya penyakit akibat penumpukan zat kimia dalam jangka panjang.

    Artikel Terkait:
    Bagi Anda yang ingin mendapatkan notifikasi update setiap harinya silahkan bergabung WhatsApp Group Gabung Sekarang
    Comment Sekarang