-->

Tutorial

  • Android
  • Blogger
  • Pendidikan
  • Printer
  • Komputer
  • MedSos
  • Setiap makluk hidup yang ada di bumi pasti tumbuh dan perkembang, karena hal tersebut merupakan ciri-ciri makhluk hidup, lalu apa yang dimaksud pertumbuhan dan perkembangan?

    Pertumbuhan merupakan proses bertambahnya ukuran makhluk hidup yang sifatnya tida kdapat kembali lagi ke awal mula. Seperti seseorang yang sudah dewasa tidak mungkin akan kembali menjadi bayi. Sedangkan Perkembangan merupakan proses perubahan makhluk hidup dengan pembentukan organ-organ yang mengarah kepada kedewasaan, contohnya matangnya organ-organ reproduksi.

    Perkembangan pada manusia terjadi melalui proses pembuahan yaitu pertemuan antara sel telur yang berasal dari perempuan (ibu) dengan sel sperma yang berasal dari laki-laki (Ayah). Inti seperma akan melebur dengan inti sel telur dan terbentuk sebuah sel baru yang disebut zigot. Zigot ini akan membelah diri menjadi 2 sel, 4 sel, 8, sel dan seterusnya. Zigot yang telah membelah menjadi banyak sel akan berkembang menjadi embrio, kemudian menjadi janin dalam rahim ibu. Lamanya waktu janin tumbuh dan berkembang di dalam rahim ibu dari mulai proses pembuahan hingga kelahiran adalah kurang lebih 9 bulan.

    Perkembangan jani selama di dalam rahim dibagi menjadi dalam tiga tahapan dan lamanya waktu pada setiap tahapan adalah tiga bulan.

    Tri Semester Pertama

    Tiga bulan pertama embrio berkembang menjadi janin yang panjangnya kurang lebih 5.5 cm. Janin sudah berbentuk seperti manusia walaupun ukuran kepalanya sangat besar. Diakhir tiga bulan pertama ini janin juga mulai dapat menggerakan tangan dan kakinya.

    Tri Semester Kedua

    Pada tiga bulan kedua, janin sudah semakin berkembang dan panjangnya sudah mencapai kurang lebih 19 cm. Tangan dan kakinya telah berkembang, muka tumbuh memanjang. Pada tiga bulan kedua ini detak jantung janin juga sudah mulai bisa dideteksi, gerakan janin juga mulai aktif.

    Tri Semester Ketiga

    Di tiga bulan ketiga terjadi pertumbuhan ukuran janin sangat cepat. Ukuran tubuh mulai proposional seperti bayi. Karena ukuran tubuhnya semakin besar, janin tidak terlalu leluasa bergerak di dalam rahim. Menjelang kelahiran bayi pada umumnya sudah mencapai panjang 50 cm. Berikutnya janin akan lahir ke dunia dan disebutlah dengan sebutan bayi.

    Seiring dengan bertambahnya usia, organ-organ pada bayi juga akan berkembang. pada usia 1 atau 2 tahun, bayi akan mulai belajar berjalan dan mengendalikan fungsi anggota tubuh lainnya seperti tangan, kepala, dan mulut. Organ-organ tersebut akan semakin matang pada saat usia anak-anak. Pada saat usia masuk sekolah (sekitar usia 5 tahun) perkembangan organ anak biasanya sudah cukup matang kecuali organ reproduksi.

    Organ-organ reproduksi mencapai kematangannya pada usia remaja atau masa pubertas. masa purbertas biasanya dimulai saat usia 8 hingga 10 tahun dan berakhir lebih kurang di usia 15 hingga 16 tahun.

    Artikel Terkait:
    Bagi Anda yang ingin mendapatkan notifikasi update setiap harinya silahkan bergabung WhatsApp Group Gabung Sekarang
    Comment Sekarang