-->

Tutorial

  • Android
  • Blogger
  • Pendidikan
  • Printer
  • Komputer
  • MedSos
  • Resiko adalah sesuatu yang selalu dihubungkan dengan kemungkinan terjadinya sesuatu yang merugikan yang tidak terduga dan tidak diharapkan. Pendapat lain mengatakan bahwa Resiko adalah kegagalan atau ketidak berhasilan dalam menangkap peluang usaha. Bentuk resiko usaha itu dapat berupa kerugian finansial dan pengalaman buruk. Dari resiko usaha ini seorang wirausahawan dapat memperbaiki diri dengan cara belajar lagi dengan cara-cara baru, gigihm ulet dan kerja keras agar dapat meraih keberhasilan.

    Bagi seorang wirausaha, menghadapi resiko adalah tantangan karena mengambil resiko berkaitan dengan kreativitas dan inovasi serta merupakan bagian penting dalam mengubah ide menjadi karyawan. Jika dalam berwirausaha tidak bersedia mengambil resiko, maka tidak akan pernah dapat mewujudkan bakat kewirausaha dan semangat kewirausahaan.


    Adapun macam-macam risiko yang ada dalam lingkup kewirausahaan yaitu:

    1. Resiko Teknis atau kerugian terjadi akibat kurang mempunyai manajer atau wirausaha dalam mengambil keputusan risiko yang sering terjadi berhubungan dengan biaya produksi yang tinggi, pemakaian sumber daya yang tidak seimbang dan lain-lain. 
    2. Resiko Pasar terjadi akibat produk yang dihasilkan kurang lalu atau tidak lalu di pasaran. Risiko pasar yang lain adalah persaingan, Kegiatan bisnis yang dilakukan oleh suatu perusahaan, selalu diamati oleh perusahaan lain (pesaing). Oleh karena itu para bisnis tidak boleh lengah terhadap kegiatan-kegiatan yang sedang berkembang agar tidak berakibat yang fatal karena tindakan para pesaing. 
    3. Resiko Kredit yaitu risiko yang ditanggung oleh kreditur akibat debitur tidak membayar pinjaman sesuai waktu yang telah disetujui. 

    Sebagaimana telah diuraikan di atas bahwa apabila resiko tidak diperhitungkan dengan teliti dan cermat akan berdampak pada kegagalan dalam bisnis. Oleh karena itu sebelum membuat keputusan untuk mengambil suatu risiko, sebaiknya dilakukan evaluasi yang mendalam atas risiko tersebut dan seberapa besar manfaat yang bisa diperoleh apabila risiko berhasil ditanggulangi.

    Artikel Terkait:
    Bagi Anda yang ingin mendapatkan notifikasi update setiap harinya silahkan bergabung WhatsApp Group Gabung Sekarang
    Comment Sekarang