-->

Tutorial

  • Android
  • Blogger
  • Pendidikan
  • Printer
  • Komputer
  • MedSos
  • Salah satu ciri dari makhluk hidup adalah bernapas, Fungsi dari bernapas adalah memasukkan oksigen dari udara yang akan digunakan untuk mengoksidasi makanan serta mengeluarkan sisa hasil oksidasi, yaitu karbon dioksida. Proses pernapasan disebut juga proses respirasi. Bernapas merupakan proses yang sangat penting bagi makluk hidup terutama manusia. Pada proses ini terjadi pertukaran oksigen dan karbon dioksida antar tubuh dan lingkungan. Adapun organ-organ pernapasan adalah sebagai berikut:

    Hidung merupakan organ pernapasan yang letaknya paling luar. Manusia menghirup udara melalui hidung. Udara yang masuk ke dalam hidung mengalami penyaringan oleh bulu-bulu hidung dan penyesuaian suhu dan kelembapan udara sehingga udara yang masuk ke paru-paru tidak terlalu kering ataupun terlalu lembab. Selain sebagai organ pernapasan, hidung merupakan indra pembau yang sangat sensitif.

    Tenggorokan merupakan bagian dari organ pernapasan berupa suatu pipa yang dimulai dari pangkal tenggorokan (laring), batang tenggorokan (rakea), dan cabang batang tenggorokan (bronkus).

    Paru-Paru merupakan cabang-cabang suatu saluran yang ujungnya bergelembung. Gelembung-gelembung paru-paru disebut alveoli tempat terjadinya pertukaran gas oksigen dan karbon dioksida. Paru-paru kanan terdiri atas tiga belahan sedangkan paru-paru kiri hanya dua belahan.

    PROSES PERNAPASAN

    Proses pernapasan meliputi dua proses, yaitu menarik napas atau inspirasi serta mengeluarkan napas atau ekspirasi. Berdasarkan organ yang terlibat dalam peristiwa inspirasi dan ekspirasi, orang sering menyebut pernapasan dada dan pernapasan perut.

    GANGGUAN SISTEM PERNAPASAN

    Sistem pernapasan yang terdiri atas beberapa organ dapat mengalami gangguan. Gangguan ini biasanya berupa kelainan atau penyakit. Berikut ini adalah beberapa contoh gangguan sistem pernapasan pada manusia.

    Emfisema merupakan penyakit pada paru-paru yang mengalami pembengkakan karena pembuluh darah kemasukan udara.

    Asma merupakan kelainan penyumbatan saluran pernapasan yang disebabkan oleh alergi, seperti debu, bulu ataupun rambut.

    Kanker Paru-paru merupakan salah satu yang paling berbahaya sel-sel kanker pada paru-paru terus tumbuh tidak terkendali.

    Tumberkulosis merupakan penyakit paru-paru yang disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis. Bakteri tersebut menimbulkan bintil-bintil pada dinding alveolus yang menyebabkan sel-sel paru-paru dapat mati dan paru-paru akan kuncup atau mengecil.

    Bronkhitis merupakan gangguan pada cabang batang tenggorokan akibat infeksi. Gejalanya adalah penderita mengalami demam dan menghasilkan lending yang menyumbat batang tenggorokan.

    Influenza merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus influenza. Penyakit ini timbul dengan gejala bersin-bersin, demam dan pilek.

    Artikel Terkait:
    Bagi Anda yang ingin mendapatkan notifikasi update setiap harinya silahkan bergabung WhatsApp Group Gabung Sekarang
    Comment Sekarang